Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Fisik Rasulullah & Para Sahabat

Fisik Rasulullah & Para Sahabat

BINCANG-BINCANG MALAM
Tema : Fisik Rasulullah & Para Sahabat
Narasumber : DF
Moderator : NH
3 September 2016, Pukul : 20.00 wib

NH:
Assalamu’alaikum ww. Good night everybody. Semoga masih semangat menyambut idul adha ini. Barakallahu fii kum. Malam ini masih bersama saya NH di channel MJR 1 Selalu Bahagia FM. Kayaknya sudah pada tak sabar #menunggu ya. Ok. Baiklah. Kita sambut narasumber kita kali ini, Mbak Faiza. Yang akan menceritakan mengenai Fisik Rasulullah & Para Sahabat. Menarik ya..ini dijabarkan satu-satukah, mbak? Para sahabat?.Buanyaknya. Ok. Mbak DF, time is yours

DF:
Assalamualaikum wr wb. In shaa Allah sesuai dengan request pj, saya akan membahas sedikit tentang fisik Rasulullah dan para sahabat. Dalam hal ini gaya hidup beliau beliau yang keren keren sekaligus membahas terkait perut buncit yang beberapa waktu sempat menjadi trending topic di MJR 1. Nanti mungkin lebih banyak diskusi saja yaa, biar lebih asyik karena nampaknya MJR 1 orang-orangnya aware banget masalah hidup sehat, hehehe.

Seperti yang kita tahu, penyakit degeneratif menjadi penyebab kematian utama di dunia selain kanker. Penyakit jantung koroner, aterosklerosis (adanya plak lemak di pembuluh darah), diabetes, obesitas adalah hal yang jadi problem masyarakat sekarang. You are what you eat, mungkin ada benernya juga. Siapa yang tidak suka makanan instan, entah karena tuntutan waktu atau hal lain. Yang jelas makanan instan secara rasa lebih enak. Belum lagi makin beragam makanan yang ada membuat kita sering konsumsi makanan diluar jam jam makan. Belum lapar, tiba tiba diajak nongcan sama temen di warung. Juga, orang Indonesia yang cenderung kalau tidak makan nasi namanya tidak makan. Padahal kalau hitungan kalori juga sama saja.
Hal – hal semacam ini sebenernya diantisipasi oleh islam dengan adanya puasa. Selain melawan hawa nafsu (salah satunya nafsu makan), ternyata puasa juga memicu growth hormone yang muncul pada kadar tertentu saat lapar. Hal ini yang menjadi dasar dari diet OCD. Juga, growth hormone ini salah satu efeknya adalah fat burn. Terutama visceral fat atau lemak tepi, Lemak tepi ini bisa ada dimana mana. Bisa di jantung, pembuluh darah.
Karena setiap orang memiliki kecenderungan untuk menumpuk lemak pada daerah tubuh tertentu. Makanya ada yang lari ke perut, jadi buncit. Ada yang lari ke lengan, paha, dan kawan-kawan. Nah, kalau sudah tidak bisa di store di tempat itu, dia cari tempat lain, misal ke jantung. Makanya, orang dengan perut buncit risiko terkena penyakit degeneratif lebih tinggi.

Kalau di kedokteran, ada istilah bentuk tubuh pir, atau menyerupai apel. Nah, hubungannya dengan fisik sahabat nabi apa? Zaman nabi kemakmuran belum kentara, masih banyak yang menahan lapar, termasuk beliau, jadi proporsi ya minim perut buncit, penyimpanan lemak berlebih merupakan teguran ke pola makan. Belum lagi kebiasaan gemar berpuasa yang dilakukan oleh para sahabat nabi. Menghilangkan lemak tepi yang utama merubah pola makan, meningkatkan ativitas fisik/ olahraga, menghindari stress. Aktvitas fisik / olahraga bisa melalui jalan kaki, lari kecil selama 20-30 menit minimal 5 hari dalam sepekan. Salah satu olahraga yang menjadi sunnah untuk diajarkan pada anak-anak kita adalah berlari. Selain hikmah lain, salah satu hikmahnya pun dari sisi kesehatan seperti yang saya jelaskan di atas. Kemajuan teknologi tidak bisa kita pungkiri, kalau dulu kemana mana jalan, tetapi sekarang kita kemana mana tinggal cus aja. Tentu, berolahraga jadi pilihan. Pagi – pagi jalan, sambil menyapa tetangga.

Untuk stress, shalat malam bisa menjadi pilihan kita pula. Saat-saat dini hari, sekitar pukul 2-3 malam, hormon stress kita cenderung turun. Pikiran lebih fresh untuk mengawali rutinitas.
Oh iya, lemak tepi penyebab perut buncit itu ternyata tidak hanya di orang dengan perawakan gemuk. Bahkan orang kurus pun tidak menjamin tidak ada lemak tepi ini. Karena store tadi tergantung genes dan kawam-kawan juga. Mungkin itu sekilas mengenai perut buncit, hubungannya dengan gaya hidup sahabat nabi. Kalau ada yang kurang jelas bisa diskusi bersama. In shaa Allah saya berusaha mencarikan jawabannya. Saya kembalikan ke momod

Cah:
Baik mba. Jazakillah atas materinya. Owh iya, afwan sebelumnya saya diamanahkan mba Nina untuk menggantikan beliau karena sedang ada keperluan diluar

DF:
Oke, mas.

Cah:
Untuk teman-teman yang mau bertanya, silahkan. Mba mau bertanya yang di atas, maksudnya bagaimana, ya?
Apakah perut buncit hanya dipengaruhi pola makan? Dan pola makan yang bagaimana yang dicontohkan Rasulullah? Karena tadi yang disampaikan hanya puasa, ya. Sepertinya tidak ada yang bertanya lagi, ya? Baiklah kalo ada yang mau didiskusikan tafaddhol diskusi bebas saja tanpa momod. Atas nama pengganti mba Nina. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilafan. Semoga materi mlm ini menambah khazanah ilmu kita. Jazakillah mba DF atas ilmunya, semoga barakah, dan dimudahkan dalam setiap aktifitasnya, aamiiin. Wassalamu’alaykumusalam warahmatullah wabarakatuh

SW:
Saya sudah makan empat kali pun tidak signifikan naiknya. Ikut gym instructure dan konsultanya laki laki, jadi speechless sendiri. Malu kalau ditungguin, kalau ramai tidak jadi latihan. Malah ikut senam saja. Mbak DF, bagaimana agar BB bisa bertambah, ya?

DF:
Olahraga juga bisa nambah BB, mbak, hehehe.

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *