Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Diskusi Pakar / Pengalaman dan Perjalanan 21 Hari Misi Kemanusiaan di Suriah #1

Pengalaman dan Perjalanan 21 Hari Misi Kemanusiaan di Suriah #1

with Theme : Pengalaman dan Perjalanan 21 Hari Misi Kemanusiaan di Suriah

Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa)

Moderator : Ogi

Day/Date : Saturday,February 18th 2017

Time : 20.00 WIB

 

 

Ogi :

Assalamu’alaikum.Sehat semuanya?Smoga semuanya diberi kesehatan, aamiin

Langsung saja ya tak berpanjang lebar lagi . Kita buka BBM kita kali ini dengan basmallah dan tilawah surat al fatihah. Bismillahirrahmaanirrahiim.Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alamShalawat serta salam, tercurah limpah kpd baginda muhammad saw.Kpd keluarganya, sahabatnya, dan semoga sampaikan kpd kita selaku ummatnya hingga akhir zamana

 

Aul :

Tasqif bukan BBM wkwk

 

Ogi:

Oh iya maaf2 tatsqif.Baik tatsqif kita kali ini akan membahas pengalaman dan perjalanan 21 hari Misi Kemanusiaan di suriah. Pasti semua sudah tau ya, apa itu suriah, dimana kota suriah, sejarah kota suriah dan bagimana kondisi suriah sekarang. Pemateri kita kali ini namanya Pak ARH

 

IH:

Ahlan wa sahlan pak ARH ..

 

Ogi:

Aktivitas: dompet dhuafa

 

Iin:

Selamat datang pak Arif

 

Ogi:

Edukasi: Unpad, ilmu pemerintahan

 

ARH :

Haloooo….

 

Ogi:

Selamat datang pak arief hehe

Histori Tim kemanusiaan: kampung akuarium Jakut, bratasena Lampung, Bangladesh, Suriah

Nah beliau ini petualang kawan2. Ada ‘oleh2’ nih temen2 buat temen2 sekalian. Baik langsung saja kita sambut pemateri kita hari ini dengan takbir…Allahu akbar

 

ARH :

Salam kenal temen2 semua….

Sorry klo misal di sharing kita saya banyak becanda…. coz aslinya saya emang saya orangnya serius….

okeh… dari mana yah ceritanya…. hehehe

 

Ogi:

Dari awal perjalanan pak. Mengapa sampai bisa melakuka perjalanan ke suriah dlm 21 hari itu. Bagi temen2 yg bertanya, persiapkan ya, jika sudah dipersilahkan, mangga langsung di sampaikan disini dan akan langsung di jawab oleh pak arif hehe..

Cerita dulu sampai habis kemudian pertanyaan

 

ARH :

Isu suriah buat dompet dhuafa bukan barang baru. Sejak 2012 kami sudah bekerja mengirimkan tim kemanusiaan langsung dari indonesia…. skema programnya beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan, misal kebutuhan kamp manajemen, food item, water sanitation, health, dll

setahun lalu – klo temen2 ingat heboh kasus Madaya dan Aleppo, bisa dibilang proses awal keberangkatan saya ke suriah… selama itu? ya gitu deh…. hehehe

diskusi internal DD utk suriah 2016 adalah kami akan kirimkan ambulance yg dirakit di abu dhabi. proses ini memakan waktu cukup lama mulai dari assembly, shipping sampai ke administrasinya. beruntung kami dibantu oleh KBRI damaskus utk segala keperluan teknis

lalu hebohlah kembali kasus aleppo kedua. di mana berita yg kami terima saat itu kota terbesar kedua suriah itu dalam kondisi lock-down akiba perang

misi ke suriah saya pun bertambah menjadi 3 point:

  1. mengawal ambulance
  2. deliver bantuan ke aleppo
  3. jaringan internasional

setelah proses ijin yg cukup lama…. yes, lagi2 saya tekanin ijin masuk ke suriah ga sederhana…. di kondisi skrg, paspor indonesia masuk ke suriah hanya punya 2 kemungkinan: TKW atau ikut ISIS 😇

seenggaknya saya butuh 3 pekan proses administrasi masuk ke suriah…. visa sih cepat, cuma 4 hari keluar. tapi ini lebih baik dibanding teman kerja saya lain yg rencana akan bareng jalan ke suriah yg visanya ga kluar selama 8 bulan…. hehehe

setelah koordinasi keberangkatan dengan KBRI damaskus, alhamdulillah saya brkt ke suriah per tanggal 23 januari 2017… alhamdulillah…. segala sesuatu dipermudah….

misal saya berangkat tanpa tiket pulang… ini ga wajar sebenarnya…. tapi entah kenapa saya tinggal jelaskan maksud keberangkatan dan alasan itu bisa diterima oleh maskapai yg saya pakai

ada pertanyaan dlu sebelum saya lanjut cerita pas d dalam?

 

Iin:

Boleh tauk maskapainya…??

Biar bisa buat alesan

 

Inay:

Blm nangkep.. Jd pake izin apa?

 

ARH :

saya naik emirattes…. hehehe

 

Inay:

Ooohh paham paham

 

ARH :

ijin itu misal surat undangan dari kemlu suriah, KBRI damaskus (sebagi penjamin)…. KB suriah di jakarta ga akan keluarkan visa tanpa ada undangan dari dalam suriah….

 

? :

Apakah DD kerjasama dgn pihak KBRI Suriah selama di sana, pak?

 

ARH :

untuk pemberangkatan pun, KBRI damaskus berkoordinasi dengan kemlu suriah agar saya tidak dipersulit ktk di imigrasi…. lagi2, paspor indonesia dipersepsikan sebagai TKW atau ISIS… ini yang kami mau hindari ya, kami kerjasama dengan KBRI suriah…. krn jika tidak, saya ga akan bisa ke mana2…. selama di sana saya tidak bisa jalan sendirian krn check point militer ada di hampir setiap sudut kota…. modal pasport saja ga akan berguna klo ga ada pendampingnya…. hehehe

saya lanjut ya cerita selama di dalam….

nyampe di damaskus sekitar jam 10an malam…. alhamdulillah saya dijemput oleh staf konsuler KBRI damaskus sehingga di imigrasi saya ga ada halangan apa2….suhu saat itu sekitar minus 5 derajat… dan saya saltum, cuma pake jaket tipis…. hehehe.kondisi umum suriah saat saya nyampe itu sedang musim dingin, keliatannya ada ‘gencatan senjata’ sementara antara pemerintah dan pemberontak. tapi saya masih sayup2 denger suara bom en rudal jatuh di kejauhankota damaskus sendiri relatif aman… tapi ya itu, di mana2 ada check point militer…. ga bawa surat2, ya udah dibawa buat interograsi (ini cerita pengalaman teman PPI suriah)kepada dubes RI untuk suriah saya sampaikan misi saya selain untuk mengawal ambulance DD adalah juga untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke aleppo. ini amanah dari masy indonesia…. demikian saya sampaikan ke pak djoko harjanto , sayangnya, saya harus gigit jari….

pertama ambulance DD terlambat shipping dari dubai ke port latakiya, suriah krn ada kendala ijin dari kemlu suriah…. sehingga perkiraan ambulance akan tiba akhir januari, mundur ke bulan april , kedua, aleppo tidak bisa diakses…. krn akses menuju ke sana dikuasai oleh pemberontak. dan tidak ada orang suriah yg berani antar saya ke sanarencana alternatif adalah saya ‘diam-diam’ jalan sendiri (tanpa bantuan KBRI) ke aleppo…. ini pun harus gigit jari lagi… tidak ada satu pun jaringan lokal yg kami punya bersedia antar saya ke aleppo….

damaskus-aleppo jika jalan darat itu sekitar 6-7 jam perjalanan… itu klo dengan jalan normal… dengan kondisi di mana aleppo dikuasai oleh pemberontak, maka harus ambil jalan memutar… ini pun ga sederhana coz setelah saya cari data di dalam, jalan ke aleppo masih terjadi kontak senjatajalan udara? bandara aleppo sebenarnya sudah dibuka, tapi flight belum normal…. jadi jalur udara juga tidak mmungkinkan ..nnahhhh… selama 7 hari pertama praktis saya mengalami banyak tantangan…. jalan apapun, via taktik bagaimanapun seperti ketemu tembok besar….

KBRI damaskus pun menawarkan ke saya alternatif penyaluran ke kamp pengungsi yg dekat dari damaskus yg menampung penduduk suriah dari pelbagai kotasetelah proses interview, pengiriman CV ke badan intelijen suriah, dll… akhirnya approval dari kemlu utk penyaluran ke kamp dikeluarkan….saya menyalurkan bantuan ke kamp harjalleh…. letaknya sekitar 40 km selatan kota damaskus…. saya berangkat dengan dubes RI, 3 orang staf, 1 driver… kami dikawal 5 tentara suriah bersenjatakan lengkap sepanjang jalan saya banyak melihat gedung2 publik, sekolah, pabrik yang ditinggalkan krn perang…. lubang peluru ada di mana2…. gundukan tanah sebagai barikade tentara ada di sepanjang sisi jalan….

bahkan saya melihat satu masjid yg hitam seperti habis terbakar habis….

sayang saya ga bisa ambil foto2 dokumentasi krn 2 alasan: 1 mobil melaju sangat kencang, dan mengambil foto2 di luar damaskus itu dilarang…. ketahuan polisi/militer, langsung diangkut…. hehehe.perjalanan ke kamp harjalleh memakan waktu sekira 40an menit…. di sana saya disambut oleh direktur kamp yg namanya saya lupa…. hehehe….

kamp itu menampung tak kurang dari 2,000 jiwa di mana 90 persen diantaranya adalah perempuan dan anak2.di sana berkumpul warga dari pelbagai kota, ada yg dari aleppo, hama, homs, idlib, palmyra, dan ghota sharkiye . satu warga dari aleppo sempat menceritakan detik2 di mana rumahnya malam2 suntuk diserbu orang2 bersenjata dan mengusir beliau-istri-dan 6 orang anaknya. Alhamdulillah, mereka bisa mengungsi ke kamp itu dengan selamat. Direktur kamp juga cerita ada janda dari tentara pemberontak yg mengungsi ke kamp itu…. sayang saya ga bisa wawancara beliau. semua janda korban perang suriah yg saya coba waawncara menolak bercerita keadaannya…. entah alasannya apa….

saya selama di dalam suriah banyak mengkonfirmasi info2 yg saya dapat soal suriah selama di indonesia . misal, perang suriah itu bukan perang sektarian sunni vs syiah….

ini mulai serius ceritanya…. ehehehe

syiah di suriah itu minoritas….

tentara assad itu sunni…. yg dilawan, orang sunni juga…. hehehe

situs2 makam sahabat, khulafaur rasyidin, dan imam2 sunni semua terjaga dengan baik

saya sempat berziarah ke makan bilal bin rabbah, ummu kultsum, ummu habibah, nabi yahya as., dll…. semua terjaga dengan baik

klo skrg saya ditanya, jadi perang suriah itu perang apa? saya akan jawab, perang suriah itu perang politik-ekonomi…. perang untuk menjungkirkan assad dari kursi presiden… tapi bukan krn assad syiah… tapi krn memang pemberontak ingin menguasai suriah

asad itu alawit… alawit itu semacam suku dengan aliran kepercayaan sendiri… klo di indonesia, padanan yg paling mendekati untuk menggambarkan alawit adalah semacam islam kejawen… atau sunda wiwitan klo di jawa barat

saya selama di damaskus shalat di mana2 dengan aman dan semua masjid itu sunni semuanya….

 

Iin:

Spoiler kemarin ada juga makam salahuddin al-ayyubi

 

ARH :

wah, iyah…. lupa nyampein… saya ke makam shalahuddin dan ramadhan el bouthi…. hehehe

letak makam shalahuddin itu di masjid umawi… klo temen2 sempat ke damaskus, saya rekomend banget mengunjungi masjid ini…. saya 3x ke sana tetep aja ga bosen….

krn masjid umawi itu ada di dalam benteng salahudin, dan menjadi bagian dari old damaskus…. jadi klo mau liat bagaimana arsitek kota jaman dlu, datanglah ke situ…. hehehe

saya selingin sama foto2 yah…. biar ga bosen…. hihihi

bangunan belakang itu makam Nabi Yahya as. letaknya ada di dalam masjid umawi

bangunan di depan itu makam shalahudin dan ramadhan al bouthi

tahukah teman2 duta besar Rasulullah yg pertama siapa? namanya Dihyah al-kalbi. ini makamnya

replika tulisan tangan rasulullah untuk kaisar romawi via Dihyah al-kalbi

ada cerita kenapa dihya al-kalbi yg dikirim oleh rasulullah ke raja romawi saat itu…. saya lupa, klo ga salah kaisar herakles yah? hehehe

jadi dihyah al-kalbi itu konon salah satu sahabat yang paling ganteng dan paling cakap dalam bertutur-kata…. ktk diputuskan utk mengiirimkan surat diplomasi ke daerah syam, yg orang2nya juga berparas ganteng dan cantik2, maka dihyah al-kalbi lah kandidat utamanya…. hehehe

agar kaisar romawi dan penduduk syam bisa menerima surat diplomasi dari rasulullah, maka dihyah yg berparas ganteng lah yg dikirim…. hehehe

sekeren itu dlu pemikiran rasulullah dan para sahabat….

satu sudut di kota tua damaskus….

kota tua damaskus (2)

benteng salahudin….

benteng salahudin (2)

benteng salahudin (3)

semua foto2 di atas ada di kompelk masjid umawi…. jadi kalian bisa ngerti yah kenapa saya 3x ke sana ga pernah bosen menjelajahi tiap sudutnya…hehehe

ARH :

di masjid umawi juga ada masjid abu darda… salah satu dari 5 sahabat nabi paling sholeh….

 

Mailina:

Kalo asad it org sunni, kog bisa ya info yg menyebar mengatakan asaf syiah? Ngeri..

Trus kalo kata org sana, alasan pengen menggulingkan asad apa?

 

ARH :

jangan sampe deh…. hehehe….

masjid umawi letaknya ada di sentral kota damaskus

ini Darul Hadist…. seluruh imam 4 mazhab, dan imam2 besar lainnya termasuk salahudin pernah mengaji di sini…. sayang, 2x ngelewatin, 2x ditutup…. hehehe

 

Sitta:

Knp ditutup pak?

 

ARH :

klo orang suriah biasa ditanya apa assad harus turun, mereka akan bingung gmn jawabnya….

assad itu menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan scara murah – klo ga dibilang gratis…. klo diganti, mereka takut akan ‘kehilangan’ fasilitas2 ini

ya ga pas ajah waktunya…. pertama saya dateng di hari jumat, yg kedua udah jelang maghrib

 

Sitta:

Kl Kekuranganny assad yg bikin rakyat bingung, ap?

 

? :

Masih penasaran pak..alasan sebenernya harus menggulingkan assad…

 

ARH :

wah, saya mau ngasih foto (yang diduga) makam bilal ada di hape saya…. bentar….

 

Sitta:

Jd, kl yg berita jokowi ketemu assad itu, bukan berarti pro syiah? Atw gmn?

 

ARH :

dua alasan paling rasional yg bisa saya temukan kenapa assad ingin digulingkan adalah kesenjangan ekonomi dan assad itu otoriter….

temen2 pernah ngalamin jaman orba kayak apa ndak yah? hehehe…. yg ada DOM aceh, petrus, dll…. ya kira2 assad kayak itu lah

 

FWN:

Kalau faksi jihad di suriah yang lurus yg mana pak?

 

ARH :

assad itu otoriter…. dia sangat bisa menyulik orang2 suriah dengan alasan keamanan dan ga akan balik…. sama persis kayak soeharto…. *nyengir

 

Mailina:

Kebebasan beribadahnya terjamin kan tapi?

 

ARH :

hmmm…. ini pertanyaan yg saya berusaha hindari utk jawab sebenarnya….

tapi saya coba jawab yah….

buat saya, faksi oposan ga ada yg lurus…. *nyengir lebar

 

Mailina:

Atau gg boleh berjilbab kaya zaman pak harto?

 

ARH :

jokowi ktm assad itu harus dipandang sbg petemuan dua pemimpin berdaulat…. ga lantas jadi pro syiah….

sama kayak jokowi ktm putin, ga lantas dibilang pro komunis…. atau ktm raja arab lalu dibilang pro wahabi…. hehehe

 

terjamin….

orang suriah itu ada yg dari bercadar…. berjilbab lebar…. berjilbab kayak ular belit2 leher…. sampe ga berjilbab juga ada….

ini yg bikin temen2 KBRI dan PPI Suriah bingung setengah mati….. hehehe isunya kelewat liar dan salah kaprah 95 persen

satu hal yah soal politik suriah…

dengan segala hal yg saya sebut di atas, saya ga lantas akan simpulkan assad itu baik…. atau jihadis itu jahat….

saya cuma mau bilang, dalam perang yang jadi korban warga sipil…. jadi baik assad atau jihadis pemberontak sama2 salah buat saya

 

? :

Apakah DD dan KBRI juga terlibat penyelamatan orang2 Indo yg terjebak jd TKI di sana, pak?

 

FWN :

Dlu ramai diberitakan kalau kita nyumbang ke suriah via NGO dianggap mendanai pemberontak, itu apa bner pak?

 

ARH :

temen2 coba bayangin, di damaskus (yg adalah ibu kota negara) listriknya itu pola 2:4, 2 jam nyala, 4 jam mati…. malah sering 6 jam mati… saya pernah tidur semalam suntuk tanpa pemanas… suhu di luar minus 20an derajat

kenapa listrik susah? krn sumber energi ke damaskus dikuasain pemberontak…. begitupun air… damaskus sempet kesusahan air….

siapa yg susah? orang sipil….

TKI dan pelajar2 pada umumny sudah dievakuasi…. yg masih bertahan krn belum sls saja studinya…. klo TKW, wah serba salah…. saya aja pas dateng ke suriah barengan 2 orang TKW…

 

? :

Suriah sebagai negara kedua yg mengakui kemerdekaan Indonesia, sy ketahui terakhir ada kerjasama beasiswa antar dua negara ini.

Adakah DD juga ikut terlibat dan bagaimana info terakhir yg bapak tahu? Mohon info, pak?

 

Mailina:

Padahal sesama sunni.. Knp gg ada yg mau ngalah? Smp bikin rakyat sipil menderita gitu.. 😭

 

Anggun:

Pernah baca alasan assad ingin digulingkan karena assad memerintah rakyat nya utk bersujud/menyembah dia. Selama bbrp thun rakyat suriah mengikuti perintah assad tp lama kelamaan mereka ga tahan akhrnya trjd lah pemberontakan oleh rakyat.

Lagi-lagi berarti berita tsb pak ? Cc pak arh

 

ARH :

jika via NGO di suriah, insyaAllah akan disalurkan langsung ke korban perang…. yg persoalan klo disalurkan via jalur turki, libanon atau jordan…. ini yg rentan ‘dipajakin’ sama pemberontak

saya akan mengusulkan agar DD terlibat mendalam dalam pendanaan pendidikan bagi yatim-piatu korban perang…. insyaAllah sudah ada lembaga lokal yg sangat baik dalam pengelolaannya

wallahualam…. hehehe

ini saya baru denger…. saya coba tanya2 dlu yah….

 

Mailina:

Ditunggu jawabannya pak

 

ARH :

yg pasti, dengan adanya perang suriah yg paling diuntungkan adalah Israel….

cek deh… adem anyem khan tuh negara? ehehe….

 

? :

Klo tak salah ini ya kristen yg solid bgt membela Suriah. Para wanitanya berkerudung ya, pak? Dan banyak “syuhada” versi mereka dgn nama2 Islam seperti Musa dsb?

 

ARH :

maksunya perempuan kristen suriah berkerudung?

hmm… sepanjang yg saya temui perempuan kristen suriah ga berkerudung

 

Mailina:

Jadi semacam pengalihan isu Palestina ya pak? Biar smua org fokus Suriah dn fokus ke Palestina jd berkurang ?

 

? :

Pemerintah dsna jg berita yg sy tahu komitmen bikin fasilitas negara utk anak semisal ruang bermain. Hanya saja mangkrak. Apakah benar? Dan adakah hal2 lain yg baik utk ditiru Indonesia dari Suriah?

 

ARH :

yupsss…..

suriah itu termasuk negara yg dituakan dalam percaturan kabilah arab… bareng mesir…. mesir udah digrecokin, skrg suriah deh diobok-obok

 

? :

Saya mendapatkan kabar ada di sana, pak. Meski di sana ada yg nggak juga

 

ARH :

di damaskus sebelum krisis perang rencana akan dibangun gedung sangat besar buat pusat aktivitas penyandang disabilitas…. sayang pembangunan mangkrak skrg

pemerintah suriah dari dlu sangat concern dengan pendidikan dan kesehatan…. kesehatan suangaaattt murah di sana…. ini diakuin sama anak2 PPI. mereka klo sakit praktis kayak ga keluar uang klo berobat

 

FWN:

mengenai yg pro dgn assad,mereka beranggapan yang baik itu rusia krna di blkg suriah, sedangkan yang jahat adalah USA, saudi dan turki, kalau ini gmn pak ?

 

ARH :

wallahualam…. hehehe….

front desk KBRI damaskus itu kristen. namanya hiba. dia ga berkerudung….

tapi klo disapa assalamualaykum, dijawab juga waalaykumsalam…. krn itu khan bahasa arab…. hehehe

lagi2 saya bilang, dalam konteks perang buat saya baik assad atau pemberontak ada di posisi salah….

terlalu naif buat saya jika hanya karena seorang erdogan ada di posisi diametral dengan assad maka assad diposisikan antagonis…. hehehe

rusia juga punya kepentingan dengan suriah…. krn suriah adalah pembeli alutsista rusia….

oh yah, saya punya satu analisa kenapa assad disangka syiah…. krn suriah dengan iran dan hezbollah punya kedekatan yg sangat erat… iran selama krisis perang ini menjadi penyuplai BBM paling besar buat suriah

saya sempet nemu satu hiasan kunci yg menyandingkan 3 orang: assad di tengah, putin di kiri, dan pemimpin hezbollah di kanannya

dan tahukah teman2 siapa yg mmerintahkan ramadhan al bouthi dimakamkan di sisi salahudin? namanya Bassar Assad

 

Riko:

Bagaimna karakteristik Negara suriah dalam bidang Politik dan Pemerintah?

Bahwa d suriah 90 % intel

 

? :

Putranya ternyata

http://m.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/15/12/07/nyz1st320-ini-pengakuan-putra-ramadhan-albuthi-tentang-konflik-suriah

 

ARH :

90% orang suriah adalah intel saya dapet dari temen2 PPI… untuk menggambarkan betapa di suriah ngobrol politik itu ga bebas… bahkan di sosmed sekalipun…

anak2 PPI pas masa2 awal krisis perang pecah itu klo mau ngobrol soal kondisi suriah harus pake bahasa sandi atau bahasa daerah…. krn intel suriah banyak yg bisa bahasa indonesia…. hehehe

 

contoh bahasa sandi,assad diganti dengan pak kumis…

intel diganti dengan kebo atau sapi

hehehe

 

Riko:

Bagaimna perbedaan dg intel dg Indonesia era @Suharto?

 

ARH :

kayaknya lebih rapih soeharto deh dalam orkestrasi intelijen dibanding suriah…. ehehehe

udah jam 10…. masih mau lanjut?

 

IH:

Apa ada usaha mereka mengcounter berita yang kelewat liar itu pak?

Saya jadi shock, berita viral ttg wanita2 yang memilih bunuh diri agar tdk diperkosa itu, apakah sprti itu kbnrannya apa gmn ya?😨

 

ARH :

nah ini ada di luar damaskus… naluri investigasi saya akan bilang harus konfirm langsung ke lokasi…. ga bisa sumber di damaskus untuk simpulkan kondisi di luar sana…. terlalu prematur

tetapi bisa saja terjadi…. dalam kondisi perang seperti ini, apa yg tidak mungkin terjadi?

 

IH:

Jadinya kalau baca berita trkait suriah di media jadi bingung bersikap gimana, percaya atau tdk. Kalau engga percaya, eh bener ga. Duh jd gegana.wkqkwk

 

ARH :

klopun saya ga bisa keluar, saya harus bertanya langsung dengan korban…. klo ga bisa, infonya jadi terlalu sumir untuk dijadikan kebenaran

satu hal yg pasti, jangan percaya dengan BC soal suriah mulai sekarang…. aseli, saya aja sampe tercengang dengan fakta2 yg ada, hampir semua info BC di wa itu salah kabeh

klo dengan media massa, hmm…. saran saya juga harus hati2 dngan media asing semacam CNN atau BBC…. distorsi berita sangat mmungkinan terjadi

 

IH:

Jadi jadi jadi, dari PPI ataupun KBRI ada usaha utk mgcounter berita liar itu pak?

 

ARH :

merah: dikuasai pemerintah. hitam dikuasai ISIS/daesh. hijau dikuasai gabungan oposan. kuning masuk wilayah suku kurdi

ini peta perang sipil suriah…. per januari 2017

 

IH:

Woohhh… sudah 22.07..

Sepertinya bakalan ada tatsqif lanjutan ini ya…

Materinya benar2 mencengangkan.. berasa tertipu (eh mmg ding😅, )

 

ARH :

saya monggo ajah….

hehehe….

 

PPI suriah 2016 sudah bikin rilis…. KBRI damaskus udah juga berupaya mengkounter isu2 yg ga bener…. tapi bisa apa mereka dengan serbuan hoax di sosmed…. ehehehe

teman, yang saya sampaikan bukanlah kebenaran….

yang saya sampaikan adalah persepsi menurut saya, yg bisa benar, bisa juga salah….

saya cuma mau ngajak temen2 selalu mengunyah info yg nyampe ke telinga temen2…. info bisa diambil dari manapun….

 

IH:

Baiklah, sudah pukul 22.12, sudah molor 12 menit

 

ARH :

PR besar buat kami di DD, saat ini kami diminta oleh dinsos setempat untuk bantu rehab 70an orang indonesia yg ketangkap akan ke turki utk nyebrang ke suriah sebagai jihadis….

believe it or not, suriah bener2 udah dianggap jadi ladang jihad… padahal yg dilawan sesama muslim…. ini ngerik

 

IH:

Kita cukupkan saja yah..

Pak arif, sebelum ditutup, boleh minta closing statement utk materi malam ini?

 

ARH :

closing statemen…. hmmm….

jangan putus doanya buat saudara2 kita di suriah…. di palestina…. di afghanistan yg skrng kena badai dingin ekstrem…. dan pelosok dunia lainnya

posisikan setiap info dan berita – teruma kasus suriah dengan dewasa. jangan malas cari info pembanding…. hehehe

seneng bisa diskusi sama temen2….

mudah2an bisa lanjut di tema diskusi lainnya….

selamat menjadi rahib di waktu malam, dan singa di siang hari….

mohon maaf klo ada salah2 kata dan kkurangan…

wassalamualaykum…

ciao!!

 

*kemudian nunggu di kick admin

 

IH:

Jazakallah khairul jazaa, pak arif…

Terima kasiihh, sudah meluangkan waktunya utk duduk ngopi bareng kami d sini.. #anggap saja begitu🙊

Baikkk baikk.. kita tutup dg bacaan hamdalah..

Dan doa kafaratul majelis..

Alhamdulillahirabbil ‘alamin..

Kafaratul majelis msg2..

‘Afwanminkum, assalamu’alaikum wr.wb.

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Kenapa Kamu Harus Travelling?

Melakukan perjalanan atau traveling bagi sebagian orang bisa menyegarkan pikiran dari penatnya kerjaan, tugas, atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *