Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Ada Apa dengan Sidik Jari?

Ada Apa dengan Sidik Jari?

skalanews.com
skalanews.com

Mungkin masih ingat, dulu saat lulus SD atau SLTP atau SLTA kita mendapatkan ijazah.
Yang diijazah tersebut tertera nama, nilai, tanda tangan dan lain sebagainya. Tapi ada yang unik (menurut saya), yaitu cap tiga jari. Yaa, cap tiga jari terletak persis diatas foto kita (foto yg masih unyu2). Pernahkah terpikirkan gak, mengapa diijazah harus ada cap tiga jari ? mengapa cap tiga jarinya harus menggunakan tangan yang kiri ?? (gak tangan yang kanan saja) dan mungkin masih banyak lagi pertanyaannya..

yuk mari kita bahas bersama…

Cap tiga jari adalah mengambil bekas sidik jari pada ujung jari, biasanya menggunakan tinta yg kemudian dicapkan diatas kertas atau media yang lainnya. Sidik jari ini berbentuk lengkungan-lengkungan garis halus yang menonjol keluar yang satu sama lainnya dipisahkan oleh celah atau alur yang membentuk struktur tertentu. Struktur sidik jari manusia yang satu dengan yang lain berbeda, sekalipun manusia tersebut kembar.

Didalam dunia forensik sidik jari biasanya digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Mengapa? karena sidik jari memiliki struktur yang tetap atau permanen. Artinya dari bayi sampai dewasa strukturnya tidak berubah. Nah artinya sidik jari adalah salah satu identitas terpenting seseorang.

Masyarakat indonesia didalam menjalankan aktivitasnya lebih dominan menggunakan tangan kanan. Karena memang tangan kanannya lebih kuat dari pada tangan kirinya. contohnya manampar, memukul, mengambil sesuatu dan kegiatan lainnya. Nah mengapa tangan kanan tidak digunakan untuk cap tiga ?
karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tangan kanan (coba bandingkan dengan aktivitas tangan kiri… stop ! jangan terlalu lama ), dikhawatirkan atau dimungkinkan struktur sidik jari akan cedera atau rusak.Sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk mengidentifikasi seseorang.

Dijaman teknologi sekarang ini dengan komputerisasi dan algoritma tertentu para peneliti bisa mengetahui bakat & minat seseorang melalui sidik jari. Karena karakateristik dimiliki sidik jari yang unik dan spesifik serta mudah untuk diklarifikasikan dan diukur. (Saya kurang tahu juga dengan kevalidan mengenai bakat yang bisa diketahui melalui media sidik jari.Karena belum pernah nyoba)

Terlepas dari itu semua. Apapun yang diciptakan Allah SWT memanglah istimewa & sempurna. Tidak terkecuali dengan sidik jari. Sebagian orang mungkin menganggapnya biasa saja . Namun padahal sidik jari merupakan salah satu identitas terpenting manusia.

Mengenai sidik jari, didalam alquran Allah SWT mengabarkan dalam surat Al-Qiyamah ayat 3-4 :
“Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang-belulangnya?
Ya, bahkan Kami mampu menyusun (kembali) ujung jari-jarinya dengan sempurna.”

Dito ~ Condongcatur, 02-03-2015

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *