Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Agar Hidupmu Semakin Hidup

Agar Hidupmu Semakin Hidup

hidup bermanfaat
via health.liputan6.com

Di dunia ini begitu banyak orang yang hidup, namun sesungguhnya tidak sedikit dari mereka yang tidak dapat memberi arti bagi kehidupannya. Padahal Allah menciptakan kehidupan untuk manusia agar memberikan kebermanfaatan bagi orang lain, dan menjadikan manusia bernilai dan bermakna untuk hidupnya. Dalam sebuah hadits dijelaskan pula bahwa “Sebaik-baik maunisa adalah manusia yang bisa memberi manfaat bagi manusia lainnya.” (HR. At-Thabarani)

Apakah kita selama hidup ini sudah memberi manfaat untuk orang lain?

Seringkali kita ketahui bahwa makna hidup ini bagi sebagian besar orang adalah bagaimana ia bisa mencapai sebuah kebahagiaan. Bahagia karena telah mendapatkan uang untuk dirinya tanpa memberikan lagi uang itu kepada fakir miskin, atau anak yatim atau orang lain yang sedang membutuhkan. Padahal kalau kita tahu arti sesungguhnya bahagia adalah bisa berbagi terhadap sesama. Lalu tidak sedikit juga bagi mereka yang hobby mengumpulkan harta kekayaan tetapi tidak dimanfaatkan. Bukankah harta kekayaan itu tidak dapat kita bawa sampai mati? yang akan kita bawa itu apabila harta kekayaan kita mampu memberikan suatu hal yang bermanfaat dan bernilai pahala disisiNya..

Dan bagi yang saat ini sedang menempuh sekolah tinggi apakah gelar yang didapat hanya untuk pamer saja? tanpa bisa mengamalkan ilmu yang telah diraihnya. Sungguh bukankah itu semua pertanda ego yang begitu besar sampai-sampai ia tidak menginginkan keberadaannya dapat bermanfaat bagi manusia lainnya. Sekali lagi saya perjelas bahwa Allah menyuruh hambaNya untuk beribadah sepanjang hidupnya dan senantiasa mengisi kehidupan ini dengan kebaikan.

Lalu apakah bisa disebut kebaikan jika harta yang kita miliki tak pernah disedekahkan.. dan bahagiakah kita jika ilmu yang kita miliki setinggi langit dengan gelar sepanjang sungai, namun tak pernah dibagi dengan orang lain? seharusnya kita mampu menjadikan detik hidup yang kita miliki ini begitu bernilai dan bermakna bagi sesama.

Bukan gelar dan jabatan yang membuat seseorang menjadi mulia, tetapi sejauh mana ia bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingnya. ya, itulah derajat kemuliaan seseorang dapat dilihat dari seberapa besar dirinya memiliki nilai manfaat bagi orang lain. Memberi, memberi, dan terus memberi. maka kau akan menyadari bahwa dengan memberi kau akan menemukan kebahagian sejati. kau akan menemukan arti hidup yang akan membuat hidupmu semakin hidup.

Contohnya adalah guru. ketika seorang guru mengajarkan satu hal kepada muridnya, maka satu kebaikan akan ia dapat. lalu sang murid yang kian pintar ini mengajarkan ilmu yang sudah ia tahu dari gurunya tersebut kepada teman dan anaknya, bagi murid tersebut pahala dua kebaikan. tetapi guru menerima pahala tiga kebaikan. dan begitu seterusnya jika ilmu sang guru terus dibagi, maka pahala berlipat ganda untuk sang guru. bahkan hingga jasad sang guru itu sudah termakan oleh tanah, ia masih memberikan manfaat melalui satu ilmu yang prnah ia ajarkan pada muridnya. dari contoh guru tesebut, saya teringat Ali ibn Abu Thalib r.a. mengatakan bahwa “harta akan berkurang jika dibelanjakan, tetapi ilmu akan tumbuh subur jika diajarkan kepada orang lain.”

Contoh lain yaitu dari seekor lebah. Seekor hewan mungil namun begitu besar manfaatnya. Lebah hinggap di tempat yang bersih dan menghasilkan yang bersih. Lebah sangat produktif dengan kebaikan. Lebah menghasilkan madu yang berguna bagi kesehatan. Lebah terus mengisi hidupnya dengan penuh makna. Dari seekor lebah mungil itu dapat menyentil diri kita. Jika makhluk sekecil lebah saja dapat bermanfaat bagi banyak makhluk termasuk manusia, lalu bagaimana dengan kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah dengan begitu sempurna dan memiliki banyak kelebihan?

Semoga kita sebagai manusia mampu memberikan arti kebermanfaatan bagi manusia dan makhluk lainnya. Kita telah mendapatkan banyak energi maka kita harus bisa melejitkan segala potensi, hingga membuahkan prestasi dan tak lelah untuk terus berbagi.

Sekian dan terima kasih..

Serang, 19 Desember 2015
Nisnis

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Sepanjang Jalan Dakwah: Tifatul Sembiring

IDENTITAS BUKU Judul : SEPANJANG JALAN DAKWAH: Tifatul Sembiring Penulis : Usamah Hisyam Tahun Terbit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *