Home / Dakwah / Angels in Your Presence : A series by Imam Omar Suleiman

Angels in Your Presence : A series by Imam Omar Suleiman

 

image Angels in Your Presence A series by Imam Omar Suleiman
https://www.yuksinau.id/pengertian-sifat-hikmah-beriman-kepada-malaikat/

Muslim meyakini enam pilar keimanan, yaitu: iman pada Allah SWT, iman pada malaikat, iman pada kitab-kitab Allah, iman pada Rasul-Rasul Allah, iman pada hari akhir, dan iman pada keputusan dan takdir Allah (Qada dan Qadar). Dari keenam rukun iman tersebut kita sangat mudah untuk berpikir tentang: Bagaimana mengimani Allah SWT, setiap hari kita berinteraksi dengan Allah melalui sholat 5 waktu, dzikir, dalam doa. Kita merasakan kehadiran Allah SWT lewat alam sekitar, lewat ciptaan-Nya. Juga sangat mudah kita berpikir tentang mengimani Rasul Allah, misalkan Rasulullah SAW, dengan mengikuti atau menauladani sunnah dan perilaku Rasulullah SAW.

Kita juga mengimani hari akhir, yakin dan sadar akan adanya hari akhir, dengan berhati-hati dalam bersikap, menjadikan penilaian di hari akhir sebagai standar atau ambang batas dalam semua kegiatan kita di dunia. Kita mengimani keputusan dan takdir Allah, dengan kesabaran dalam menghadapi cobaan, mengetahui bahwa tidak ada yang bisa memberikan mudharat maupun manfaat kepada diri kita tanpa izin Allah SWT. Begitu juga dengan kitab-kitab Allah SWT, Alquran, kita setiap hari setiap waktu dapat membaca, menghafal, dan mentadabburi firman Allah SWT. Banyak hikmah yang kita peroleh setiap kali membaca Alqur’an.

Lalu bagaimana dengan iman atau percaya pada Malaikat?

Kita tidak bisa meniru malaikat seperti kita meniru teladan-teladan dari Rasulullah. Malaikat tidak bisa kita ibadahi seperti kita beribadah pada Allah SWT. Dan tentu, hanya Allah SWT lah satu-satunya yang berhak kita sembah. Malaikat tidak bisa berbicara langsung pada diri kita, baik dua arah maupun satu arah sehingga kita bisa memahami mereka. Sungguh, karena malaikat selalu di belakang layar, sehingga kita cenderung mengabaikan mereka, tidak sadar akan kehadiran mereka. Jika kita belajar bagaimana malaikat melakukan perannya, tentu kita akan lebih sadar akan kehadiran malaikat di hadapan kita. Series Angels in Your Presence oleh Imam Omar Suleiman ini terdiri dari 30 episode yang tersedia di channel YouTube Yaqeen Institute. Pada series ini dijelaskan bagaimana kehadiran malaikat di tiap waktu kita, baik di hari-hari biasa maupun hari-hari khusus, baik dalam keadaan biasa-biasa saja maupun dalam keadaan tertentu.

Pada kulsap kali ini saya hanya membahas episode 1 yang berjudul They’ve Got Your Back.

Kita pernah menyaksikan bahkan mungkin pernah mengalaminya sendiri, saat suatu marabahaya datang, misalkan suatu mobil yang melaju kencang ke arah kita, lalu entah tangan apa yg membuat mobil tersebut berbelok ke arah lain, hingga kita terhindar dari marabahaya, ditabrak mobil. Kejadiannya sangat cepat, mobil tersebut hanya berjarak sejengkal hingga dapat mencelakakan kita.

Atau suatu kejadian yang tidak disangka-sangka menimpa seseorang. Ia berjalan di tepi pantai, olahraga misalnya, lalu tiba-tiba sebuah pesawat jatuh tepat dijalur dia berolahraga hingga ajal menjemput orang tersebut. Atau seseorang sedang menonton televisi dengan nyaman di dalam rumahnya, tiba-tiba diterjang oleh banjir bandang, hingga merenggut nyawanya.

Semua kejadian yang kita saksikan dalam kehidupan kita merupakan suatu hal yang menunjukkan Kuasa Allah SWT, Kebesaran Allah SWT. Tapi perlu kita sadari, bahwa dalam kejadian-kejadian tersebut ada malaikat yang terlibat, ada kehadiran malaikat disana.

Seperti firman Allah SWT dalam Alqur’an surah Ar Ra’du ayat 11, yang artinya: Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah SWT

Dalam ayat tersebut kita membutuhkan banyak refleksi, terutama akan Kasih Sayang Allah SWT. Selama ini kita terlalu terfokus pada keberadaan setan, kehadiran iblis, jin di sekitar kita. Padahal setiap manusia hanya punya satu setan/iblis yang mendampinginya, menyertainya. Namun, Allah SWT berikan empat malaikat pada tiap manusia.

Dua malaikat melindungimu

Dua malaikat mencatat amalan amalan mu

Tapi hanya satu setan yang membisikimu

Namun, tentu lingkungan dan amalan-amalan yang kita lakukan akan mengundang lebih banyak lagi malaikat atau mengundang lebih banyak lagi setan. Semuanya tergantung pada amalan baik atau amalan buruk yang dilakukan. Kemudian, apa peran malaikat penjaga ini?

Mereka, malaikat-malaikat itu selalu bersamamu

Mereka bersamamu sepanjang hari

Mereka bersamamu saat engkau tidur di malam hari

Mereka bersamamu pada takdir Allah yang signifikan maupun tidak siginifikan.

Sebagaimana Ibnu Katsir meriwayatkan tafsir dari tabiin, yang artinya:

Mujahid mengatakan, setiap hamba disertai malaikat yang diutus. Dia menjaga hamba ini ketika tidur dan ketika sadar. Dari setiap gangguan jin dan binatang berbahaya. Setiap kali ada gangguan yang datang kepadanya, maka malaikat ini mengingatkan, “Awas, hati-hati”. Kecuali musibah yang telah Allah takdirkan. (Tafsir Ibnu Katsir, 4/438)

Sekian kulsap dari saya, jika ada kesalahan mohon diluruskan dan dimaafkan. Sangat direkomendasikan untuk menonton dan menyimak episode-episode selanjutnya dari seri tersebut, sehingga kita dapat merasakan kehadiran malaikat pada kehidupan kita.

Dian Mutia

About Admin

Check Also

Via diandandunia.net

Misi Hidup

Alkisah, ada seorang raja yang menugaskan seorang menterinya untuk pergi ke sebuah kota dalam situasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *