Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News

Antre

antri mjr-sjs
antri via http://1.bp.blogspot.com

Berapa kali dalam sepekan kamu harus antre? Kecuali kamu tinggal di daerah yang sangat lengang, mungkin kamu tiap hari harus antre minimal setiap mendapati lampu merah. Saat antre, seberapa sering kamu menjumpai ada orang yang menyerobot? Atau kamu sendiri termasuk penyerobot?

Soal antre dan soal serobot-menyerobot ini banyak dibahas di berbagai jejaring sosial. Sebagian lalu menghubungkan dengan sistem pendidikan. Konon pendidikan di negara maju mengedepankan karakter seperti tertib antre daripada matematika misalnya. Semoga yang semangat membahas itu memang tertib dalam mengantre dan bukan dimotivasi rasa benci pada matematika.

Tanpa mencaci pendidikan di negeri sendiri sebenarnya kita bisa memulai membudayakan antre. Tentu dimulai dari memastikan diri kita sendiri selalu tertib mengantre. Setelah itu, usahakan bersikap tepat terhadap orang yang menyerobot antrean.

Sikap apa saja yang bisa kita lakukan bila melihat penyerobot antrean? Saya akan berikan beberapa contohnya.

1. Diam saja.
Dulu, selama bertahun-tahun, saya hanya diam bila antrean saya diserobot. Mungkin karena saya orang yang sangat santai, atau terlalu malas mengeluarkan energi untuk menegur orang. Walau dengan begini saya jadi tampak sabar, sikap ini tidak akan mengubah apa-apa. Sikap ini hanya sesuai untuk situasi di mana penyerobot sulit ditegur, misal penyerobot lampu merah yang kalau ingin menegur kita harus menyerobot lampu merah juga.

2. Tatap penyerobot sampai si penyerobot menampakkan tanda merasa bersalah.
Saya kadang-kadang melakukan ini bila saya malas menegur dengan kata-kata. Saya akan menatap tajam pelaku penyerobot, terus, terus, dan baru berhenti saat orangnya salah tingkah.
Cara ini hanya mungkin dilakukan oleh orang yang tidak terlalu pemalu. Dan bisa tidak berguna kalau si pelaku sudah bebal. Satu catatan, pastikan tatapanmu adalah tatapan tajam, dukung dengan ekspresi ingin membunuh (walau dalam hati ingin tertawa). Kalau salah ekspresi bisa-bisa kamu dikira naksir si pelaku.

3. Tegur.
Ini adalah cara paling efektif. Dan sekali kamu melakukannya, kamu akan menginspirasi orang lain bahwa menegur penyerobot itu bisa dilakukan.
Saya dulu tidak pernah menegur penyerobot. Sampai pada suatu hari Sabtu, saya berada pada antrean panjang suatu bank (pada hari Sabtu bank yang buka hanya kantor cabang utama). Banyak ibu-ibu yang turut mengantre, di antaranya seorang ibu kurus dan ibu agen yoghurt. Saat saya dan kedua ibu itu makin dekat teller, si ibu kurus mencoba menyerobot antrean dengan bergerak menyamping sehingga urutan jadi kurang jelas. Bagi saya itu tidak berpengaruh karena saya ada di belakang mereka. Tapi si ibu yoghurt menegur keras bahkan menarik bahu si ibu kurus kembali ke tempat semula. Si ibu kurus tampak malu tapi tidak berkomentar. Saya hanya tersenyum melihat itu dan bertekad akan bersikap seasertif si ibu yoghurt saat melihat penyerobot antrean.

Selamat malam. Selamat menjadi pengantre yang budiman.

Malang, 17 Maret 2015 20:53
@hidayahsunar

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

gurindam picture

Bedah Gurindam Dua Belas Pasal

BINCANG-BINCANG MALAM Tema : Bedah Gurindam Dua Belas Pasal Narasumber : Siti Maryam Purwoningrum pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *