Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Bagaimana Orang Tua Melaksanakan Fungsi Keluarga

Bagaimana Orang Tua Melaksanakan Fungsi Keluarga

Ahmad Bahrudin

Keluarga berkualitas yang kita ciptakan juga akan dapatbterwujud apabila masing-masing keluarga memiliki ketahanan keluarga yang tinggi dan ketahanan keluarga hanya dapat tercipta apabila masing-masing keluarga dapat melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara serasi, selaras dan seimbang.

Contoh:
Dalam sebuah keluarga yang tercukupi secara materi berarti fungsi ekonomi keluarga dapat dilaksanakan secara optimal, namun tidak akan berarti apa-apa bila dalam keluarga tersebut tidak ada rasa kasih saying dan perlindungan, karena dalam keluarga yang demikian akan terasa gersang dan anak-anak tidak merasa nyaman tinggal di rumah.

Temen temen sudah tahu kan ada berapa poin fungsi keluarga? Kalo yang biasa lewat kantor desa atau kelurahan pasti tahu ya.. yaa ada beberapa fungsi keluarga.. saya akan jelaskan satu-satu Bagaimana Orang Tua Melaksanakan Fungsi Keluarga

1. Fungsi Keagamaan
Orangtua manjadi contoh panutan bagi anak-anaknya dalam beribadah termasuk sikap dan perilaku sehari-hari sesuai dengan norma agama.

2. Fungsi Sosial Budaya
Orangtua menjadi contoh perilaku social budaya dengan cara bertutur kata, bersikap dan bertindak sesuai dengan budaya timur agar anak-anak bias melestarikan dan mengembangkan budaya dengan rasa bangga.

3. Fungsi Cinta Kasih
Orangtua mempunyai kewajiban memberikan cinta kasih, orangtua mempunyai kewajiban memberikan cinta kasih kepada anak-anak, anggota keluarga lain sehingga keluarga menjadi wadah utama berseminya kehidupan yang penuh cinta kasih.

4. Fungsi Perlindungan
Orangtua selalu berusaha menumbuhkan rasa aman, nyaman dan kehangatan bagi seluruh anggota keluarganya sehingga anak-anak merasa nyaman berada di rumah.

5. Fungsi Reproduksi.
Orangtua sepakat untuk mengatur jumlah anak serta jarak kelahiran dan menjaga anak-anaknya terutama yang sudah remaja menjaga kesehatan reproduksinya secara sehat, menghindari kehamilan sebelum menikah.

6. Fungsi Sosial dan Pendidikan
Orangtua mampu mendorong anak-anaknya untuk bersosialisasi dengan lingkungannya serta mengenyam pendidikan untuk masa depannya.

7. Fungsi Ekonomi
Orangtua bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

8. Fungsi Lingkungan
Orangtua selalu mengajarkan kepada anak-anak untuk menjaga dan memelihara lingkungan, keharmonisan keluarga dan lingkungan sekitar.

Demikian Bagaimana Orang Tua Melaksanakan Fungsi Keluarga.

Demikian pula Kulsap saya pagi ini semoga bermanfaat dan dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

About Admin

Check Also

Serba Serbi Donor ASI

Fia Luthfiatul HA. ODOJ MITI MJR-SJS 1 ASSALAMUALAIKUMWRWB. Semenjak mengASIhi, tentu bacaan mengenai ASI selalu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *