Breaking News
Home / Kabar Terbaru / Bahaya Microbeads

Bahaya Microbeads

Microbeads adalah partikel plastik yang ukurannya <5 mm. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan pada produk perawatan kulit, seperti skrub badan dan pembersih gigi. Fungsinya bisa untuk melembutkan kulit dan membersihkan gigi.

Microbeads atau mikroplastik yang biasanya ada dan banyak terdapat di dalam produk skincare ada 5 jenis, yaitu:
Polyethylene (PE), Polypropylene (PP), Polyethylene Terepthalate (PET), Polymethyl Methacrylate (PMMA), dan Nylon.

Sebagai bahan pelengkap produk skincare, mikroplastik ini diklaim tidak berbahaya dan aman untuk digunakan.
Lalu, bahayanya dimana?
Bahaya microbeads akan muncul jika partikel tersebut terbuang ke lingkungan perairan.

Jadi, microbeads ini partikel plastik yang non biodegradable. Artinya si plastik ini tidak bisa diuraikan oleh mikroba di alam.

Saat microbeads terbuang ke perairan sungai, maka partikel ini akan masuk ke dalam lingkungan perairan dan melayang di air. Ikan dan hewan laut lainnya akan mengira si mikroplastik ini adalah zooplankton alias makanan mereka. Sehingga microbeads secara tak sadar masuk menjadi bagian dari rantai makanan, dan manusia sebagai rantai makanan teratas.
Singkatnya :
Microbeads dimakan hewan laut, lalu hewan laut dimakan manusia.

Nah sebenarnya si mikroplastik yang terakumulasi di lingkungan perairan tidak hanya berasal dari produk _skincare_ saja.

Prof. Richard Thompson dari Universitas Plymouth menjelaskan bahwa distribusi polusi plastik yang ada di lingkungan perairan berasal dari plastik fiber yang masuk ke perairan, lalu pecah akibat radiasi UV dan gulungan ombak. Namun, microbeads pada produk skincare juga turut andil penyebab meningkatnya jumlah mikroplastik di perairan. Mikroplastik ini banyak terdapat di aliran pembuangan rumah tangga. Karena ukuran partikelnya yang sangat kecil, mikroplastik ini tidak bisa tersaring pada filter pengolah limbah.

Apa saja jenis produk skincare yang mengandung microbeads?
Monggo cek di link

—-> www.beatthemicrobead.org/product-lists/

Ket warna :
*Merah* : produk yang mengandung kelima jenis mikroplastik (yang udah dibahas di atas)
*Jingga* : produk yang masih mengandung 1 atau lebih dari kelima jenis mikroplastik tadi. Dan perusahaan kosmetiknya sedang berupaya untuk tidak menggunakan mikroplastik lagi.
*Hijau* : produk yang tidak mengandung kelima jenis mikroplastik. Namun bisa jadi masih mengandung jenis mikroplastik lainnya selain dari kelima jenis tadi.
*Zero* : produk nya bebas dari jenis mikroplastik apapun. Sayangnya di Indonesia belum ada.

Di beberapa negara sudah melarang penggunaan microbeads pada kosmetiknya. Walaupun Indonesia belum ada larangan, tapi kita juga musti turut andil untuk menjaga lingkungan ya, demi kebaikan bersama dan anak cucu kita. Karna si microbeads ini sudah jadi isu global, sampai ada situs web khusus untuk kampanye larangan penggunaan microbeads.

Dan sekarang sudah ada lebih dari 60 jenis mikroplastik penyusun kosmetik, yang bukan hanya ada di dalam body scrub saja, tapi juga ada di lipstik, glitter eyeliner, sunscreen dan produk lainnya. Mereka bisa menjadi polutan laut tanpa kita sadari.

Mari beralih ke produk green list. Atau bisa juga menggunakan bahan alami sebagai skrub, seperti garam dapur dan oatmeal.

Catur Wulandari

Selasa, 29 Januari 2019
Pontianak Bumi Khatulistiwa

About Admin

Check Also

Tekanan Darah Rendah

TEKANAN DARAH RENDAH Darah rendah adalah kondisi tekanan darah yang dihasilkan saat jantung memompa darah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *