Breaking News
Home / Bedah Buku / Be Hero : Lakukan Mapping

Be Hero : Lakukan Mapping

::Kulsap 16-01-2019::

Be Hero Lakukan Mapping

Apa Gunanya Mapping?

Mungkin banyak yang mengolok-ngolok, kalau mencoret-coret buku atau kertas hanya buang waktu. Namun kita bagi kita yang berpikir positif. Tulisan atau coretan yang terdokumentasi tentu akan bermanfaat pada saat yang tepat.

Nah, lalu apa kegunaan mapping ini dalam meningkatkan potensi.

Menjadi modal dasar sebelum melangkah. Yakni sebagai starting point yang menentukan langkah-langkah selanjutnya. “Koreksi dirimu sendiri, sebelum dihisab di hari kiamat nanti”.

Memiki kejelasan apa yang harus dilakukan seperti Abu Hurairah. Ketika menyadari ketertinggalannya dalam berIslam, maka ia proaktif “menyertai” seluruh kehidupan Nabi SAW. Ia tidak menyia-nyiakan waktu umurnya yang sudah tua dan tidak menyesali kemiskinannya untuk senantiasa nempel lekat dengan Nabi SAW sehingga ia dijuluki Abu Hurairah, bapaknya kucing, karena perilakunya yang selalu dekat dengan Nabi SAW kemanapun beliau pergi, bahkan membawakan sendal Nabi SAW.

Mapping adalah analisis kegagalan yang dituliskan. Ini akan mendidik kita lebih realistis dalam merencanakan sasaran dan merealisasikan tujuan. Setiap kita bisa belajar untuk membedah potensi seperti yang dilakukan Khalid. Masuk Islam terlambat bukan suatu kegagalan, karenanya ia berdayakan potensi untuk memberikan yang terbaik ia miliki untuk menebus dosa yang dilakukan sebelumnya. Khalid bin Walid yang memiliki keahlian dan strategi berperang yang ulung, setelah masuk Islampun banyak menyumbangkan keahliannya itu dalam jihad.

Agar memiliki skala prioritas dalam melangkah setelah memetakan diri, ditemukan skala prioritas amal yang bisa dilakukan. Kita kan punya keunggulan dan kekurangan, nah bila sudah kita ketahui kelebihan untuk menutupi kekurangan, ubah hambatan dan ancaman menjadi peluang, ubah cara pandang berbeda untuk untuk melakukan langkah tepat. Misalnya, Bilal bin Rabah, ia menyadari keterbatasan dirinya. Maka ia tentukan suatu amal yang menjadi wirid atau amalan rutinnya, yaitu selalu menjaga wudhu dan shalat sunnah dua rakaat setelahnya. Ibunda Imam Syafi’i menggunakan seluruh hartanya untuk mendidik Imam Syafi’i kecil untuk menjadi Ulama besar, beliau relakan diri untuk selalu menemani Imam Syafi’i dengan tinggal si Mekkah.

Agar selalu mendayagunakan potensinya tersebut untuk berprestasi sebanyak-banyaknya. DR. Aidh Al Qarni mengatakan, “Orang mukmin tidak terlepas dari akal yang senantiasa berpikir, pandangan yang memberi pelajaran, lisan yang berdzikir, hati yang bersyukur dan bersungguh-sungguh dalam bekerja”.

Mapping sangat penting untuk mendahsyatkan diri. Ini merupakan kerja besar. Karenanya perlu direndahkan dengan baik. Sayyidina Ali berpesan, “Barangsiapa yang mengenali dirinya, maka dia akan mengenal Rabbnya, kenalilah kebenaran, maka engkau akan mengenal ahlinya, orang yang komitmen untuk melakukannya”. Itulah mengapa mapping menjadi penting.

Mapping akan berguna untuk mengoreksi kesalahan diri. Apabila semua tahapan sudah dijalani, bisa dicari dimana terjadi trouble dan kesalahan, sehingga mudah untuk melakukan perbaikan. Dalam bidang kedokteran ada scan dan rontgen untuk mengetahui letak dan bentuk penyakit lalu memberikan perlakuan yang tepat.

Kini, saya persilahkan anda untuk melakukan mapping terhadap cita-cita besar anda. Mulailah dari yang terakhir yang terbesar yang ingin dicapai. Kemudian bagilah tahapan jangka panjang, jangka menengah, jangka pendek. Ada kata-kata kunci untuk melakukan mapping ini :

Begin with end of mind, mulailah dari tujuan akhir kita.

Think globally act locally, think big start small, berpikir global, kerjakan yang lokal, berpikir besar, mulailah dari yang kecil.

Act now, start from yourself, bekerjalah sekrang, dan mulailah dari diri sendiri.

Think first do fast, terdepan dalam berpikir dan tercepat dalam berbuat. Belajar cepat dan bekerja lama.

Tulislah apa yang akan Anda kerjakan, lalu kerjakan apa yang ada tuliskan, lalu dokumentasikan apa yang telah anda kerjaan.

Open your mind, open your hand, open your heart, open yourself, bukalah pikiran Anda, buka tangan Anda, buka hatimu, buka dirimu.

Sumber: “From Zero to Hero”

ditulis di Subang,16-01-2019

Carkiman

About Admin

Check Also

SI-Nyelekit

Si Nyelekit Debby Zalina Setiap orang pasti punya sekelompok teman dekat, termasuk aku. Aku memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *