Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Bedah Buku / Bedah Buku 1453 Karya Roger Crowley

Bedah Buku 1453 Karya Roger Crowley

WhatsApp Image 2018-09-14 at 17.40.32

IDENTITAS BUKU

Judul : 1453 Detik-detik Jatuhnya Konstantinopel ke Tangan Muslim

Penulis : Roger Crowley

Penerbit : PT Pustaka Alvabet; Cetakan 3, 2016

Tebal : 408 hlm

ISBN : 978-602-9193-70-1

 

Buku 1453 terdiri atas prolog, 16 sub bab, dan epilog. Sebelumnya, kenalan dulu dengan bintang 1453, ya.

Sultan Muhammad Al-Fatih (831-887H); merupakan Sultan Utsmani ke-7 dalam silsilah keluarga Utsman. Digelari Al Fatih dan Abu Al-Khairat. Saat memangku kesultanan Utsmani usianya baru menjelang 22th.
Prolog:

Sebutir apel merah mengundang lemparan batu (pepatah Turki).

Pada th 1453, bentuk kota Konstantinopel secara garis besar tidak jauh berbeda dengan masa sekarang. Dengan bentuk segitiga yang agak menengadah ke Timur seperti acungan cula seekor badah dan kedua sisinya dilindungi lautan. Di sisi ini terdapat tiga lapis tembok dengan jejeran menara pengawas, dan diapit parit-parit penghalang dari Golden Horn (sebelah utara) hingga Marmara (sebelah selatan diapit Laut Marmara yang membentang dari barat sampai Laut Mediterania).

Apel merah dalam kepercayaan orang Usmani berarti kekuasaan atas dunia. Sebuah rencana penaklukkan atas sebuah kota sejak 800 tahun sebelumnya. Selama 1.123th samai musim semi 1453, kta ini mengalami 23 kali pengepungan. Dan, 1 kali direbut pada Perang Salib IV.

Konstantinopel adalah garis depan perseteruan panjang Islam dan Kristen demi keimanan yang hakiki. Dia adalah tempat dimana berbagai versi kebenaran saling bertubrukan dalam peperangan dan gencatan senjata selama kurang lebih 800th. 1453 menjadi kisah baru dalam sebuah momen sejarah yang begitu dahsyat.

1: SAMUDRA BERAPI 629-717M

10th sebelum 629M, Rasulullah SAW., berhasil menyatukan suku-suku semenanjung Arabia yang saling bermusuhan. Pada 629M, Heraclius Penguasa Romawi menerima surat dari Muhammad SAW., yang berisi ajakan untuk Lailaaha ilallah. Heraclius tidak mengenal siapa penulis surat tersebut, tetapi konon dia menyelidiki dan tak menganggap enteng surat tersebut. Tanggapan sebaliknya diberikan oleh Raja Diraja Persia. Surat tersebut dirobek.

Kemudian pada 630M, pasukan Muslim hadir di perbatasan Byzantium. Mengepung banyak kota dan mempelajari bagaimana menguasainya. Damaskus jatuh lalu Yerusalem; Mesir menyerah pada 641, Armenia pada 653, dan 20th kemudian Kerajaan Persia runtuh dan beralih masuk Islam.

40th setelah Rasulullah SAW., wafat, yakni 669M Khalifah Muawiyah melepaskan banyak pasukan untuk melancarkan pukulan ke Konstantinopel. Pada tahun ini juga, untuk pertama kali Pasukan Muslim mendarat di Eropa melalui selat-selat kecil di barat kota. Pasukan Muslim mulai menguasai pelabuhan yang kemudian menjadi basis pengepungan dan merencanakan sebuah serangan mendadak ke kota yang berada di ketinggian.

5th berikutnya, antara 674-678M pasukan arab menyerang dengan pola serupa. Pertempuran habis-habisan dengan tentara Byzantium. Setahun kemudian, Muawiyah terpaksa menyepakati Gencatan senjata tanpa syarat selama 40th dan untuk pertama kalinya kaum muslim menerima kekalahan terbesar.

Namun, bagi orang Byzantium; pengepungan yang dilakukan orang Arab tetaplah pengalaman yang memiliki arti tersendiri. Selain meninggalkan bekas luka mendalam, penduduk Byzantium mengenali adanya kekuatan yang tak tertandingi dalam Islam. Sesuatu yang beda dari musuh lainnya, yang menunjukkan nasib buruk mereka di masa depan.

Pada episode ini, dikembangkan sebuah teknologi baru, yakni pengembangan bom api Yunani (hlm 14).

2: MEMIMPIKAN ISTANBUL 1071-1422M

Di bawah pengaruh Turki, Islam memperoleh kembali semangat penaklukkan yang dulunya dimiliki orang Arab dan mengobarkan lagi perang suci melawan musuh Kristen dengan skala yang jauh lebih besar.

Pada Bab ini, sedikit dibahas Perang Salib. Setelah Konstantinopel berhasil ditaklukkan pada April 1205, Kekaisaran Byzantium terlupakan dan berubah jadi serpihan kecil dari Negara Prancis dan Koloni Italia. Orang Byzantium lalu mendirikan sebuah kerajaan di pelarian dekat wilayah Anatolia. Anatolia kemudian dikalahkan bangsa Mongol. Mereka terpecah belah.

Di saat itu, ada satu kerajaan tidak begitu berpengaruh, suku usman. Suku yag masih bersentuhan dengan tanah orang kafir Byzantium di Anatolia barat laut. Tak ada yang tahu pasti asal usul suku ini. Sekarang kita mengenalnya bangsa Usmani. Muncul tiba-tiba sekitar tahun 1280 dari sebuah kasta prajurit buta huruf.

Wilayah kekuasaan Usman di barat laut Anatolia berhadapan langsung dengan tanah orang kafir yang belum takluk.

Pada 1302, Usman memenangkan pertempuran melawan Byzantium dan secara tidak langsung menambah pengikut. Ketika berjaya, nama Konstantinopel diganti ke dalam bahasa Turki jadi Istanbul.

Menjelang akhir abad ke-14, Sultan Murat 1 membentuk angkatan bersenjata baru yang terdiri dari budak-budak tawanan dari Negara-negara Balkan; pemuda Kristen (yang direkrut secara berkala dan diperintahkan masuk Islam; diajari bahasa Turki). 1361, Usmani berhasil mengepung Konstantinopel dari belakang ketika merebut Kota Adrianople-Edirne. Pasukan Usmani kian tak terbendung, di ujung abad ke-14, wilayah kekuasaan telah merenatang dari Danube sampai Sungai Eufrat.

3: SULTAN DAN KAISAR 1432-1451

 

Periode ini ditandai dengan banyak peristiwa.

🌷Lahirnya Mehmet

🌷Mehmet naik tahta

🌷Perang 1444

🌷Murat meninggal

🌷Kisah Ahmet Junior dan Ali Bey

Dalam legenda Turki, 1432 adalah tahun yang sarat dengan isyarat. Kuda-kuda melahirkan anak kembar. Pohon berbuah ranum. Bintang berekor muncul di sore hari melintasi konstantinopel. Malam 19 Maret, setelah membaca surat Al-Fath, Sultan Murat menerima kabar kelahiran anaknya. Mehmetnama anak tersebutyang merupakan Turkinisasi dari Muhammad.

Mehmet merupakan putra ketiga. Peluangnya menjadi sultan sangat tipis. Sultan Murat menunjuk kedua putra tertuanya untuk memerintih sebuah provinsi dengan pengawasan ketat para Tutor pilihan untuk melindungi anaknya dari pembunuhan juga mengajari mereka seni memimpin sebuah monarki.

1437, Ahmet tewas di Amasya dan enamtahun berikutnya, Ali beserta seluruh keluarganya di bantai. Sultan Murat sangat terpukul atas kematian Ali. Mehmet menjadi satu-satunya pewaris yang tersisa. Pangeran berusia 11th ini sangat keras kepala, seenaknya, dann yaris tak bisa dididik. Di hadapan Ahmet Gurani, Mehmet belajar membaca al-quran dan memperluas wawasan pengetahuannya. Kecerdasannya luar biasa dibarengi kmauan keras untuk berhasil.

Usia 12th, Mehmet diangkat sebagai Sultan. Sempat terjadi peperangan. Namun, pada 1444 pasukan Usmnia mendapat kemenangan besar. Hal ini menyebabkan Usmani menjadi diperhitungkan keberadaannya dan menjadikan Konstantinopel terisolasi sebagai tanah taklukan yang kecil namun aman dalam naungan islam.

Pada akhir 1451, Mehmet pindah ke Istana kerajaan di Edirne. Di sini, Mehmet lewat Ali Beyorang kepercayaannyamembunuh Ahmet Juniorputra Murat dari istrinya yang laindengan membenamkan Ahmet ke bak mandi. Ali bey dihukum mati; ibu Ahmet dinikahkan dengan bangsawan. Cerdas. Namun, menegaskan bahwa hanyaakanada 1 orang yang memimpin. Hal ini terjadi hingga kepemimpinan Sultan Mehmet III 1595.

4: MEMOTONG TENGGOROKAN (Feb 1451 Nov 1452)

Kematian Murat menjadi berita gembira untuk Barat. Kabar tentang raja pengganti yang masih ingusan, belum berpengalaman, dan lugu segera beredar. Namun, ketika Duta Besar dari Konstantin diutus ke Edirne untuk menemu Mehmet, mereka terkejut dg pancaran kearifan dan kebijaksanaan dari Mehmet. Mehmet begitu hati-hati menggunakan kekuasaannya.

1451; Bey dari Karaman berusaha merebut Anatolia Barat dari kendali Usmani. Pmberontakan dapat ditangani. Namun, ia kembali mendapat ujian dari pasukannya sendiri. Ini merupakan pemberontakan kedua yang dihadapi Mehmet. Untuk mencegah terjadi lagi pemberontakan, Mehmet menata ulang pasukannya. Menambah 7K pasukan dalam resimen Janisari yang diambil dari pasukan pribadinya dan menunjuk komandan baru.

Mehmet kemudian menyadaribahwa Bosporus melemahkan Usmani. Maka muncullah gagasan untuk membangun benteng ke-dua di sisi Eropa. Di tanah Byzantium. Untuk mengamankan selat tersebut sehingga jalur kapal orang kafir dapat dihadang.

Mehmet terus merombak pasukan yang dimilikinya. Ketentaraan dan administrasi. Program pembagunan galangan kapal di mulai. Pembangunan istana baru di bukit suci di atas kota pun direncanakannya.

Orang Kristen panik mendengar berita yang dengan cepat beredar ini. Konstantin mengirim cepat berita ke Venesia.

Maret, Mehmet dari Edirne pergi untuk membnagun istana barunya. Dari Gallipolli dia mengirim enam kapal dengan armada perang yang lebih kecil dan enam belas kapal tongkang yang mengangkut segala macam peralatan. Mehmet bersama arsiteknya mengawasi langsung. Mehmet secara terbuka mengajukan imbalan bagi siapa saja yang dapat menyelesaikan pekerjaan dg cepat dan memuaskan.

Selama proses ini, pasukan Usmani menjarah di sekitar istana untuk dijadikan bahan bangunan. Penduduk yang menghalangi ditangkap dan dibunuh. Konstantin yang marah, menutup gerbang kota dan menawan seluruh orang Usmani yang ada dalam kota. Termasuk Kasim Muda Mehmet.

Ketika musim gugur tiba, Mehmet kembali dan melayarkan armadanya di pangkalan Gallipoli. Pemotong tenggorokan dijaga 400 prajurit dan diperintahkan untuk menarik pajak setiap kapal yang melintasi teluk. Beberapa meriam disiapkan. Menunjuk berbagai arah dan mampu melontar batu sebesar 600 pon. Tak ada kapal yang luput dari pengawasan. Namun, kapal-kapal Italia yang tidak taat dan mengabaikan panggilan membayar pajak diberondong tembakan peluru. 1 Nakhoda dan 30 orang korelasi selamat, diselamatkan dg perahu kecil kemudian dibawa ke pantai lalu ditangkap. Beberapa di hokum mati dan lainnya dibiarkan hidup untuk menyebarkan berita ini pada Konstantin.

Di dalam Kota, Konstantinmengumpulkan pasukan. Meminta bantuan diplomasi dan menjanjikan tanah bagi siapa saja yang bersedia memberi bantuan. Namun, Mehmet yang telah memprediksi bantuan Konstantin segeram membumi hanguskan segala hal dan menutup kemungkinan banutuan ut konstantinopel.

5: GEREJA KELAM (Nov 1452 Feb 1453)

Sumber utama berbagai kendala yang dihadapi Konstantin dalam mengumpulkan bala bantuan adalah peristiwa dramatis yang terjadi pada suatu hari di musim panas 400th sebelumnyawalaupun sebab kejadian itu jauh lebih tua lagi. Dikenal sebagai Pertentangan Besar ‘The Great Schism, berlangsung sejak 1054 hingga 1965.

Pada part ini lebih tentang perseteruan sesama antar orang Kristen, KatolikPaus di Vatikan sementara Mehmet terus mempelajari strategi; merombak pasukan.

Suasana kota menjadi tak menjanjikan. Satu-satunya hal yang menjamin Konstantin adalah kedatangan sekelompok kapal Italia agar mengambil bagian dalam pertahanan kota. Kemudian, 1 armada dari Venesia berhasil melewati meriam di Pemotong Tenggoroka mereka lolos hingga Konstantinopel.

6: TEMBOK DAN MERIAM (Jan Feb 1453)

Di sepanjang tembok Marmara, bertebaran pualam berisi tulisan yang menandai selesainya perbaikan yang dilakukan kaisar-kaisar setelah itu. Dari perairan Golden Horn, 110 menara mengawasi satu tembok di speanjang kawasan dengan begitu banyak pintu air dan dua pelabuhan utama. Untuk menyumbat mulut Golden Horn, dipasanglah perintang dengan panjang 300 yard. Terdiri atas mata rantai besi masing-masing sepanjang 20inchi yang ditopang kayu apung yang sangat kuat. Kemudian di sisi barat, Konstantinopel dilindungi tembok tanah sepanjang empat mil (Tembok Theodosius) yang membentang sepanjang Marmara Golden Horn dan menjaga Konstanstinopel dari serangan darat.

Kemudian di antara menara-menara, terdapat lorong gerbang hitam yang dijaga ketat menuju kota. Sedangkan di ujung barat dekat laut Marmara, sebuah gerbang dengan pintu lapis emas dan dihias patung pualam dan perunggu mengilap di bawah cahaya matahari (Gerbang Emas). Namun, di 1453 emas dan hiasan itu sudah gak ada.

Ketika Mehmet mulaimengumpulkan bahan untuk membuat meriam dan bubuk mesiu. Orban, sang arsitek saat itu. Keberhasilan meriam pertama di selat Bosporus membuat Mehmet berpikir untuk membuat meriam dengan ukuran 2x lebih besar dari sebelumnya. Inilah cikal bakal super meriam.

Di 1453, proses uji coba super meriam menjadi senjata psikologis juga senjata sesungguhnya. Meriam-meriam ini merangkak pelan menuju tembok kota Konstantinopel engan kecepatan 2 atau 1,5 mil per hari.

7: SEBANYAK BINTANG DI LANGIT ( Maret April 1453)

Mehmet unggul dalam hal pasukan artileri dan jumlah. Usmani sadar bahwa kecepatan adalah kunci untuk menyerang benteng pertahanan. PasukanMehmet tidak hanya muslim melainkan juga ada tambahan dari warga Kristen di daerah Balkan (berdasar hukum system tuantanah).

Kota Kontantinopel dikelilingi oleh 3 lautan sekaligus, yaitu selat Bosporus, Laut Marmara, dan tanduk emas (di part ini, Konstantin memerintahkan agar rantai penghalang di pasang). Di samping itu di daratan juga dijaga oleh pagar-pagar yang sangat kokohyang terbentang dari Laut Marmara hingga Tanduk Emas yang hanya diselingi Sungai Likus. Pagar dinding ini setinggi 60 kaki. Mehmet menyiapkan peta sendiri untuk mengepung kota ini.___ (terpesona….. kupada pandangan pertama 🎶🤭 jenius banget)

8: LEDAKAN KEBANGKITAN YANG BEGITU MENGERIKAN ( 6-9 April 1453)

Meriam-meriam besar itu butuh waktu lama sebelum sampai ke tempat masing-masing. Dengan jumlah -+ 250K pasukan, pasukan Memet berhasil sampai dekat Konstantinopel.

6 April/26 RA. Mereka bergerak terhuyung-huyung di atas gerobak-gerobak beroda keras menembus hujan musim semi di sepanjang jalan berlumpur dari Edirne. Pengepungan di mulai. Pasukan Byzantium berusaha mati-matian untuk mempertahankan Konstantinopel. Pasukan Byzantium dan Usmani saling bertempur. Pasukan Islam mendapat kemenangan yang gemilang khususnya yang berada dekat pintu kota (Ash-Shalabi: 106).

Di awal serangan, Pasukan Guistiniani mengalami kekalahan. Memaksa mereka untuk mundur sembari menunggu kedatangan pasukan bantuan. Sementara, bersembunyi di balik gundukan tanah adalah hal terbaik yang dapat mereka lakukan. Mereka mulai menggali jalan rahasia di bagian tengah. Untuk membuat terowongan sepanjang 250 yard. Selain, menimbun parit-parit dengan batu,kayu gelondongan, serta tanah, dan berbagai bahan lain yang memungkinkan sebisa mungkin mereka lakukan. Ini merupakan pekerjaan yang berbahaya bahkan mematikan. Parit-parit itu hanya berjarak 40 yard dari tembok dan tidak terlindungi sehingga dapat dihujani serangan musuh. Taktik ini cukup berhasil. Beberapa prajurit Turki ditahan sebagai tawanan. Pertempuran parit ini merupakan pertempuran sengit yang terjadi dalam pengepungan itu.

7 April; sembari menunggu meriam-meriam besar; Sultan mengalihkan pandangannya pada hal lain. Ketika pasukan Usmani melintasi Thrace, mereka menguasai desa-desa orang Yunani di sepanjang perjalanan. Beberapa benteng yang bersikeras untuk bertahan, dilewati begitu saja oleh Mehmet.

8 April; dengan kekuatan cukup besar, Mehmet membumi hanguskan benteng Therapia yang berdiri di puncak bukit yang mengarah ke Selat Bosporus yang ada di balik Pemotong Tenggorokan.

Beberapa hari kemudian, Baltaoglu, Mehmet membawa pasukannya untuk menaklukkan Kepulauan Princes di Laut Marmara, yang selama ini digunakan sultan dan keluarganya sebagai tempat mundur dalam situasi-situasi penting. Sementara di pulau besar Prinkipo, beberapa meriam gagal memaksa musuh menyerah. Namun, Mehmet dan pasukannya mengumpulkan semak-semak dekat kastil kemudian membakarnya. Batuan belerang sertta angin yang bertiup kencang menyambar atap genteng sehingga butuh waktu sesaat kastil tersebut habis dilalap api. Yang tidak terbakar, menyerah tanpa syarat sedang yang hidup dibunuh di tempat dan warga desa dijual sebagai budak.

11 April: Mehmet kembali ke tendanya dan membagi meriam-meriamnya menjadi empat belas atau lima belas barisan sepanjang tembok di beberapa titik penting yang ianggap paling lemah. Salah satu meriam Orban yang dianggap mematikan ditaruh menghadap tembok yang melindungi istana Blachernae dekat Golden Horn. (hlm 146).

Meriam lain ditaruh di dekat titik pertemuan antara 2 tembok. Meriam ketiga diletakkan menghadap Gerbang Mata Air di bagian selatan. Sedangkan, meriam lain diletakkan di titik-titik penting di sepanjang tembok lembah Lycus. Super meriam Orban, orang Yunani disebut Basilicameriam kerajaandiletakkan di depan tenda sultan. Super meriam itu digunakan untuk mengancam Gerbang St. Romanus; gerbang paling lemah yang ada di kota. Mereka menembakkan peluru-peluru batu yang beratnya mulai dari 200 pon sampai yang paling besar 1.500 pon, yang terakhir hanya bisa dilontarkan oleh meriam raksasa Orban. Selain menggunakan teknologi perang canggih, digunakan pula teknologi perang kuno, seperti ketapel tempur, ketapel berbeban pengimbang. Ketapel tempur menjadi senjata yang sangat penting bagi orang muslim dalam merebut kastil-kastil tentara salib 300th sebelumnya.

Proses penggunaan meriam ini cukup melelahkan. Larasnya terpisah dan tidak menyatu dengan roda atau penggerak lain. Ketika akan dipindahkan, meriam Cuma diikatkan di atas kereta yang kokoh. Kemudian, meriam di turunkan dengan system katrol agar bisa diletakkan di atas dudukan miring yang dibuat sedemikian rupa di garis depan pasukan Usmani.

Sepanjang Jalur Horn diperintahkan Mehmet dibangun Zaganos Pasha guna memperlancar aliran suplai logistic. Lokasi perkemahan militer ini diubah semacam bengkel dadakan. Segala hal dipersiapkan agar meriam dapat sempurna. Peluru batu yang ada diangkat dengan tenaga manusia ke bagian depan meriam dan dimasukkan dalam laras. Jika ada peristiwa dalam sejarah peperangan dimana perasaan kagum terhadap kekuatan bubuk mesiu terasa begitu jelas, maka peristiwa itu ada dalam keterangan tentang proses penembakan meriam-meriam besar pada musim semi 1453 ini. Obor menyulut bubuk mesiu.

Peluru batu yang dimuntahkan super meriam cukup untuk meluluhlantakkan kota. Menjangkau jarak satu mil ke dalam jantung kota Konstantinopel. Crowley juga menyebutkan bahwa hingga jarak dua mil, kapal-kapal layar yang tertambat aman di pelabuhan Golden Horn ikut merasakan ledakan yang menggetarkan lambung kayunya. Termasuk daratan Asia. Lima mil di selatan selat Bosporus.

Seorang penulis sejarah Yunani menyebutkan bahwa mereka para penulis sejarah kesulitan mencari perbendaharaan kata yang tepat untuk menggambarkan meriam-meriam itu.

Di sisi lain, strategi Mehmet terkesan bertubi-tubi dan tergesa-gesa. Serangan yang terus berlanjut hingga 18 April.

18 April tepat ketika musim semi yang cerah; Mehmet mulai merangkak ke rencana terpusat. Konstantin tahu bahwa bahaya sedang mengancam.

9.ANGIN ILAHI (1-20 April)

Penguasaan Mehmet terhadap jalur laut Byzantium memudahkan geraknya. Kekuatan armada laut terus diperbaharui. Kesiapan armada laut Usmani terdengar oleh Konstantin sehingga mereka menutup Golden Horn dengan rantai raksasa untuk melindungi tembok dari serangan. Sejak tahun 717 rantai sudah dibentangkan.

Konstantin sangat berharap bantan orang Kristen eropa. Bergantung pada politik dalamnegeri beberapa negeara kota italia sangat kompleks.

10.SPIRAL DARAH (20-28 APRIL)

Ini semacam konflik keagamaan. Seorang ahli bedah Nicolo Barbara dituliskan mengatakan, sia-sia belaka mereka berdoa kepada Muhammad. Sementara Tuhan kita mendengar doa orang Kristen. Karena itulah kita menang dalam peperangan.

Konstantin terlena; merasa menang atas kegagalan Usmani menyerang armadanya akibat bantuan kapal-kapal Venesia. Pasukan Usmani tak tinggal diam. Mereka memborbardir Byzantium tanpa henti. Menari utama hancur membnetuk sebuah rongga dan pihak bertahan kelihatan.

Yang paling melemahkan pasukan Konstantin adalah kecepatan meriam-meriam usmani.

Kejadian pada 21 April ini begitu cepat. Mehmet menyadari bahwa rantai Golden Horn merupakan penghalang besar. System penghalang kota pun sangat rumit dan berlapis-lapis.

Mehmet akhirnya mengumumkan jalan keluar dari rantai itu. Yakni dengan mengangkat kapal-kapal ke ada dan memasukkannya ke Golden Horn. Melewati jalan dengan ketinggian 200 kaki di atas permukaan laut. Tanah yang akan dijadian jalan di dibersihkan serta diatur sebaik mungkin. Saat itu, kapal dihiasi panji warna warni, gendering ditabuh, dan sekelompok musisi memainkan terompat di atas haluan. Sementara kapal-kapal yang diangkut lewat jalan darat seakan sedang berlayar di atas permukaan laut, pasukan Usmani menyerang dari arah pelabuhan bawah, 200 mil dari situ, meriam-meriam besar menhujani tembok daratan di titik gerbang st. romanus.

Dalam sehari 70 kapal lengkap dengan awak berhasil diturunkan ke perairan lembah musim semi. seluruh rincian operasi ini , waktu rute teknologi yang dipakai, tetap jadi misteri. Golden horn menjadi tidak lagi aman sebagai pusat pertahanan Byzantium.

 

🍀11. Mesin Perang yang Mengerikan 25/4 – 28/5 1453

🍀12. Kabar Baik dan Buruk 24-26/5 1453

🍀13. “Ingat Tanggalnya!” 27-28/5 1453

🍀14. Gerbang yang Terkunci Pk 01.30 Dini Hari, 29/5 1453

🍀15. Segenggam Debu Pk 06.00, 29/5 1453

🍀16. Teror Dunia Saat Ini 1453-1683

Akhir April, tembok setinggi 30 kaki berhasil diruntuhkan dari puncaknya. Namun, orang-orang Guistiniani kembali menambal tembok tersebut ketika malam tiba. Konstantin terpojok. Pasokan makanan, prajurit semakin menipis ditambah keputusasaan, kelelahan, dan kelaparan mulai menjangkiti.

Selanjutnya, Pasukan Usmani kembali melakukan improvisasi yang luar biasa. Para insinyur Usmani membangun jembatan pronton yang menghubungan antara Golden Horn ke sisi yang persis berada di luar tembok sebagai tempat penyebrangan. Jembatan ini terdiri dari ribuan tong besar, dari sisa penyimpanan anggur orang Kristen di Galata. Diikat satu sejajar dan di atasnya ditutupi papan sebagai jalan yang dapat dilalui lima prajurit berjejer dan cuku kuat untuk menahan sebuah gerobak.

Selain membuat jembatan penyeberangan, pasukan Usmani kembali melanjutkan terowongan yang dahulu pernah mereka buat. Juga, membuat sebuah menara tinggi berjarak Sepuluh langkah di depan menara pengawas Konstantin. Menara ini terbuat dari rangka kayu kokoh, dibalut kulit unta, dan ditutupi dua lapis jaring untuk melindungi prajurit yang berada di dalam.

Crowley menuliskan, bahwasanya di suatu waktu mendekati runtuhnya Konstantinopel; Kota tersebut diselimuti kabut tebal, sebuah cahaya begitu terang dan besar berpendar di atas atap gereja mengelilingi seluruh leher gereja St. Sophia untuk waktu yang agak lama dan tiba-tiba membubung ke langit.

Pengepungan kota selama tujuh minggu di antara pihak Usmani maupun Konstantin sama-sama tidak ingin menunda hasil lebih lama lagi.

Menjelang akhir Mei, serangan akan dilakukan. Pasukan diperintahkan untuk berpuasa, berwudhu, lalumendirikan sholat lima waktu, berdoa dan memohon pertolongan Allah dalam menaklukkan kota ini.

Konstantin hilang tanpa ada yang tahu. Beberapa mengabarkan dirinya ikut berperang dan menghalau musuh ketika akan melarikan diri sebagian lainnya mengatakan tewas ketika akan bersembunyi.

🌷Hingga kini Konstantin serupa legenda.

🌷Kota Konstantinopel di akhir Mei berubah.

🌷Gereja St. Sophia yang kokoh berdiri selama 1.100 th menjadi saksi drama besar kota kekaisaran ini.

 

Pasca menaklukkan Kota Konstantinopel:

🌷harta rampasan dibagi.

🌷Mehmet mempertahanan tokoh penting yang ada.

🌷Bangsa Venesia yang dinilai sebagai musuh utama, lebih dahulu dihukum.

🌷Tembok dan parit kota Galata kecuali tembok lautannya, menara pertahanan, dihancurkan serta meriam dan persenjataan yang tersisa diambil oleh pasukan Usmani.

🌷Proses pengalihan St. Sophia menjadi masjid pun mulai dilakukan. Sebuah menara kayu dibangun untuk mengumandangkan adzan sedangkan hiasan-hiasan yang menyerupai makhluk hidup segera dihilangkan, kecuali patung empat malaikat penjaga bawah kubah, yang tetap ingin Mehmet pertahankan mengingat semangat dan ruh tempat itu.

🌷Orang-orang Kristen dapat kembali mendiami Konstantinopelberdampingan dengan MuslimMehmet membangun Kota dengan Islam majemuk.

🌷Jumat, 2 Juni 1453, untuk pertama kalinya dilakukan sholat Jumat di St. Sophia. Tempat ini, kini dikenal dengan nama Aya Sophia. Khotbah jumat disampaikan dengan menyebut nama Sultan Mehmet Khan Gazi.

 

Untuk menunjukkan kesholehannya, Mehmet mengubah nama kota menjadi Islambol sebuah permainan kata dalam bahasa Turki yang berarti penuh dengan perjuangan Islam.

Penyebaran info tentang jatuhnya Konstantinopel segera beredar dengan cepat seperti kapal berlayar. Hal ini menjadi awal menguatnya sentimen anti islam.

Di sisi sebaliknya, umat Islam menyambut dengan sukacita kabar ini. Jatuhnya Byzantium ketangan Muslim menjadi kemenangan besar dan begitu berarti bagi umat Muslim. Penaklukkan juga menaikkan prestise sultan. Gelar AL-FATIH pun disematkan.

Di dunia barat, kejatuhan Konstantinopel tidak memberikan reaksi apapun. Bagi mereka yang dekat, telah memprediksi bahwa jelas kota itu tidak dapat dipertahankan. Sebagai tanah kekuasaan terpencil, penaklukkan atasnya adalah hal tak terelakkan. Kalaupun Kontantin berhasil menghalau serangan Usmani, tidak menutup kemungkinan serangan lainnya tetap akan menghancurkan kota ini.

Bangsa Usmani adalah penguasa dunia yang berdiri kokoh di Eropa. Tidak ada yang menyadari hal ini kecuali segelintir orang. Kemampuan strategi dan perang Mehmet pun di luar prediksiBarat. Bayangan Mehmet menjadi mengerikan bagi orang Kristen. Ini memengaruhi psikologis, agama, militer, dan ekonomi.

Tidak bersatunya umat Kristen menjadi salah satu kunci mengapa Konstantinopel sulit untuk dipertahankan.

🌷Mehmet terus membangun Istanbul hingga menjadi kota yang orang-orang takjub terhadapnya.

🌷Di tahun 1481, Mehmet meninggal karena sakit. Namun, sumber lain mengatakan Mehmet meninggal akibat diracun tabibnya yang berkebangsaan Persia.

🌷Bayazid melanjutkan takhta sang ayah. Pembunuhan saudara dilakukan sebab hanya akan ada satu pemimpin.

🌷Tak lama kemudian, Bayazid mati diracun anaknya sendiriSelimsi cemberut.

 

Bagi orang Barat, kematian Mehmet disambut gembira. Meriam diledakkan. Lonceng gereja berdentang, pesta kembang api, dan kebaktian rasa syukur. Elang besar telah mati. Sultan Mamlukmusuh Mehmetdi Kairo merasa lega mendengar kabar ini. Mehmet dikuburkan di sebuah musoleum di dalam kompleks masjid di daerah Istanbul yang merupakan gereja di era ByantiumGereja Rahul Sucitempat pendiri kota ini Konstantin yang agung dinobatkan menjadi kaisar.

Secara tersirat,konflik teologi begitu mempengaruhi hal ini. Peristiwa dramatis Kristen di musim panas 400th sebelum 1453 adalah penyebab utama meskipun penyebab peristiwa berusia jauh lebih tua lagi. Bahkan meskipun telah usai di 1965, tetapi hal tersebut menurut Crowley masih menyisakan luka mendalam.

Hingga kini, bangunan sisa 1453 masih berdiri kokoh. Kecuali meriam raksasa Orban yang dicurigai dileburkan oleh Mehmet di perbengkelan meriam Usmani. Masjid Aya Sophia, beberapa meriam dan pelurunya bertebaran se-antero kota, tergeletak di samping tembok atau halaman museum yang tak terpengaruh cuaca beratus-ratus tahun lamanya. Peristiwa penaklukkan ini sekaligus mengantar Timur Tengah menuju dunia modern.

___

Saat itu di Kendari, Maret 2018

Ditulis kembali dengan perubahan seperlunya.

Bumi Cendrawasih, 14 Sept 2018

Diah Anindiah Said

About Admin

Check Also

Kenapa Kamu Harus Travelling?

Melakukan perjalanan atau traveling bagi sebagian orang bisa menyegarkan pikiran dari penatnya kerjaan, tugas, atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *