Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Bedah Film / Bedah Buku Renovasi Negeri Madani

Bedah Buku Renovasi Negeri Madani

via http://pbs.twimg.com
via http://pbs.twimg.com

Moderator: Tri Hanifawati
Pemateri: Arya Sandhiyudha (Ketua PPI Turki 2014)

Tri Hanifawati :
Assalamu’alaikum wr.wb.
Bada tahmid dn shalawat. Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Atas rahmatNya malam hari ini kita dpt berkumpul di forum tatsqif perdana ODOJ MITI MJR. Selamat datang kepada mas Arya, Nnti bisa perkenalan lbh lanjut secara langsung ya

Arya Sandhiyudha :
Salaamu’Alayk semua… Terima kasih undangannya. Salam hormat Saya untuk semua… Pegiat-pegiat MITI. Salam hormat Saya untuk para pengakrab Alquran. Silahkan bila ada yang mau menginisiasi terlebih dahulu. Moga kita bisa langsung memperbanyak ruang diskusi.
*terutama yang sudah baca bukunya…:blush:

Tri Hanifawati :
Oke menarik buku renovasi negeri madani tsb. Intinya adalah bagaimana indonesia bisa belajar dari turki dlm sistem pemerintahan. Bnyk hal yang menarik untuk kita kaji. Sudah ada yang japri tanya. Silahakn jika ada yang lain sayaa tunggu. Untuk rule pertanyaan semua terpusat di moderator ya. Sayaa yang meneruskan disini.

Ini pertanyaan dri sulaiman: Apa hubungan pemerintahan turki sekarnag dgn ikhwanul muslimin? Mnrut kabar yang saya dengar, bhwa turki mnjadi salah satu pilar utama pnegakan kembali khilafah islamiyah? Mohon dijelaskan

Dari devy: Kira2 apa turning poin Turki atau kunci Turki menjadi negara sprti skrg ini. Dan dalam hal bgmn Indonesia dpt mencontohnya?

Arya Sandhiyudha :
Turki dan Referensi Baru Kekuatan Islam (1) – http://www.hidayatullah.com/?p=28637
http://m.hidayatullah.com/spesial/analisis/read/2014/09/03/28640/turki-dan-referensi-baru-kekuatan-islam-2.html
http://m.hidayatullah.com/spesial/analisis/read/2014/09/03/28645/turki-dan-referensi-baru-kekuatan-islam-3.html

Baik, ada 3 link serial yang bisa dibaca nanti untuk meringkas ragam pertanyaan. :point_up_2:
Pertama, Turki adlh negara satu2nya di dunia yang dipimpin ‘islamis’ -makanya ia layak dipelajari. Sukses islamis ini krn ia belajar dr perkembangan Islamis di ranah politik – scr jujur dan rasional. Coba yang sempat baca. Buka dulu 3 link tadi. Singkat2 kok. Biar lebih efektif. Itu semua adalah faktor2 yang dapat jd inspirasi dan referensi, itu sudah meringkas buku Saya.

Jadi turning point Turki ada pd dua faktor terbesar: Krisis Ekonomi 2001 dan Kudeta thd Erbakan tokoh islamis di thn 1997. Ini menggugah kesadaran Islamis, bahwa kalau mau menang hrs fokus pd performa pemerintahan : ekonomi – pelayanan publik (air, sampah, transportasi) dan bukan lbh jualan agenda2 yang kental suasana penegakan sayaari’ah scr formal.

Di Turki, kudeta sudah 4 kali. Jadi mrk lebih ‘ngeh’ apa sj faktor menghindari kudeta. Turning point tsb adlh pembentukan AKP-nya Erdogan yaitu para Islamis muda yang lbh memilih jalan moderasi untuk berpisah dr Refah-nya Erbakan yang lbh kental dan dikudeta. Sejak 2002 hingga kini sudah 3 Pileg dan terakhir 10 Agustus Pilpres mrk slalu menang.

Tri Hanifawati :
Jadi, reformasi scr halus ya yang dipakai? Dg agenda umum spt ekonomi dll, istilahnya Erdogan menarik simpati kaum non islamis. Dan bukan dg isu2 keislaman sendiri. Begitu?

Arya Sandhiyudha :
Tentu

Tri Hanifawati :
Di artikel 3 link di atas juga dijelaskan bhwa ulama, dn kaum islamis lain fokus mmbangun masayaarakat bkn pada politik praktis. Lalu apa peran AKP dlm hal ini? Bukankah AKP parpol?

Arya Sandhiyudha :
krn Erdogan sbg Kepala Daerah Istanbul saat itu berhasil di pelayanan publik – dr kotor sampah jd sangat bersih, air mudah dan bersih, transportasi publik serba mudah. AKP parpol maka fokus poltik. Islamis lain yang tdk berpolitik urus bangun masayaarakat bersama AKP dan mengajak mrk milih AKP

Tri Hanifawati :
Islamis lain yang dimksd itu siapa?

Arya Sandhiyudha :
Serahkan amanah pada ahlinya. Ahli agama urus dakwah di masayaarakat, bukan maju caleg atau ngurus parpol, Siapapun. Ormas manapun fokus ke sana.

Tri Hanifawati :
Apakah ini maksudnya, semua gerakan Islam disana bersatu untuk mendukung AKP sbg representasi politik di Turki?:point_right: AKP parpol maka fokus poltik. Islamis lain yang tdk berpolitik urus bangun masayaarakat bersama AKP dan mengajak mrk milih AKP

Arya Sandhiyudha :
ya

Tri Hanifawati :
Kalo seperti itu, bagaimana menyatukan semua ormas Islam awalnya? Apa tdk ada sejarah saling parsial seperti di Indonesia?

Arya Sandhiyudha :
Ulama tdk berpolitik, fokus garap masayaarakat.

Tri Hanifawati :
Kondisi di indo bnyk ormas dn parpol islan namun tak bersatu

Arya Sandhiyudha :
Jd serahkan pd pakar-nya. Jangan di parlemen lg bahas tema apa aleg-nya malah keluarkan dalil2 sbg pengalih krn dia tdk kompeten dlm tema tsb. AKP benar2 partai yang dicitra sbg nasionalis dan bekerja dng profesional.

Tri Hanifawati :
I see sayaa kira sdh cukup jelas ya. Ada pertanyaan lain mas arya. Masih berkaitan dgn AKP. Isu apa saja yang dijadikan strategi politik AKP sebagai partai baru untuk memenangkan Pemilu pertamanya dan mematikan secara perlahan kekuatan militer Turki yang terkenal dengan sekulerismenya?

Kedua dari ikhsan: Apakah konteks turki bisa benar-benar digunakan di indonesia? Turki hnya seukuran jawa barat dengan etnis yang cukup homogen, mungkin hanya dua etnis. Sedang indonesia terdiri dari wilayah yang luas dan etnis yang bnyak.

Arya Sandhiyudha :
Tdk ada kekuatan yang benar2 total dimatikan. Tdk militer, tdk liberal, tdk sekuler, tdk nasionalis, tdk pula Yahudi. Hanya saja siasatnya bagus. Performa Ekonomi di saat mrk diberi amanah benar2 digenjot, bukan sekedar memainkan sentimen agama
*Saya ada di twitter @AryaSandhiyudha

Tri Hanifawati :
Oke jadi strategi utamanya ekonomi. Lanjut ke pertanyaan kedua mas arya
Ttg relevansi dgn indo

Arya Sandhiyudha :
Memang negara yang utama untuk ekonomi dan keamanan. Kalau lihat Westphalia. Konteks negara silahkan dilihat di buku. Ada pemetaannya

Tri Hanifawati :
Ok

Arya Sandhiyudha :
Ada empat tipologi perilaku negara thd agama. Indonesia dan Turki ada di tipologi yang sama. Dan soal pendekatan negara sekuler thd agama ada perbandingan antara AS, Perancis, dan Turki.

book1book2

Tri Hanifawati :
Ada pertanyaan menarik. Dua menit lagi ya..
Lalu menurut mas Arya sendiri, bagaimana kiranya harus memulai perbaikan? Katakanlah kita tau, kuncinya bersatunya umat Islam dr ormas apapun itu. Kira2 rekomendasi mas Arya sendiri bagaimana?

Arya Sandhiyudha :
Dimana disitu dibuktikan bahwa agama mayoritas penduduk tdk akan otomatis mempengaruhi arah negara. Contohnya AS mrk sekulerisme pasif jd jilbab bebas dll. itulah kenapa di Texas bisa ada 110 islamic Center. Tp di Turki mayoritas muslim, tp krn negara -dulu- pendekatan sekulerisme asertif mrk melarang jilbab di institusi pendidikan.

Kuncinya performa Parpol yang sangat bagus. Terutama dr pejabat publik sprti Kepala Daerah. Itu turning point-nya. Tdk musti persis mengikuti Turki, tp moderasi perlu dilakukan agar lebih inklusif dan belajar membuat keselarasan antara kebijakan pelayanan publik dng strategi komunikasi scr fokus dan beralur.
Itu yang juga Saya lakukan sbg Ketua PPI Turki selama ini. Mohon do’a :blush:. Dan dulu saat Ketua Salam UI, susun kabinet bukan krn dia senior dlm pengajian tp kompeten ato tidak -meskipun tdk segolongan

Tri Hanifawati :
Baik mas arya. Terimakasih atas kehadirannya di diskusi kami. Semoga lain waktu bisa berbincang kmbali dlm forum yang lbh luas wktunya. Untuk rekan2 pserta diskusi mhn maaf tdk semua pertanyaan bisa sayaa post dsni krna keterbatasan wktu. Bagi yang masih penasaran bisa japri langsung ke mas arya.
Semoga kita bisa belajar dari turki. Mulai dari diri kita sendiri. Menjadi ahli di bidang masing2 dn fokus membangun masayaarakat. InsayaaAllah

Jazakumullah khoir untuk semuanya kita akhiri forum diskusi malam ini dgn mmbaca hamdalah bersma2.
Alhamdulillahirobilalamin. Selaku moderator mhn maaf atas salah2 kata. Wassalamu’alaikum wr wb

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

tausiah cinta

Petikan Hikmah dari Film Tausiyah Cinta

Awalnya saya berfikir film ini akan sama dengan film-film bertemakan cinta pada umumnya yng juga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *