Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Bedah Film Munafiq – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Bedah Film / Bedah Film Munafiq

Bedah Film Munafiq

image19
https://www.finas.gov.my

BINCANG-BINCANG SIANG
Tema : Bedah Film Munafiq
Narasumber : YSM
Moderator :
⏰ 23 Agustus 2016, Pukul : 13.30 wib
Aku mau bedah film hantu Islami Malaysia. Judulnya Munafiq. Eh Munafik. Seram filmnya. Dulu saya pernah diminta dosen untuk meruqyah teman ketika kuliah lapangan. jadi berasa filmnya. Jadi filmnya itu kalau kita nonton tak sampai habis tak bakal paham sama sekali ending filmnya. Saya coba nonton terpotong-potong tak paham alur ceritanya sebelum saya nonton dari awal sampai akhir.

Nah para pemainnya ini orang Malaysia pakai cakap Malaysia ditambah english title. Ya paham sedikit saja apa yang dicakap itu, tapi paham maksud apa yg dikatakan. Ini link youtubenya. https://youtu.be/6WQ7nN2I3VQ. Jadi ada ustadz dikampung itu yang biasa meruqyah warga kampung tersebut. Ustadz Adam namanya. Pada suatu hari mereka sekeluarga mau balik ke rumah, di tengah perjalanan mereka mengalami kecelakan. Istri sang ustad wafat di tempat dengan berlumuran darah di kerudungnya.

Beberapa bulan kemudian ustadz Adam mengalami keterpurukan dan penurunan iman. Jarang sholat berjamaah di mesjid, ladang mereka tak diurus, dan sering murung di rumah. Akhurnya ia mulai bangkit dari keterpurukan datang ke mesjid untuk shalat. Setelah shalat ustadz curhat dengan imam mesjid bahwa dirinya masih dendam dengan orang yang menambrak mereka hingga menewaskan istrinya.

Ayah ustadz dari kampung datang menjenguk anaknya, karena ibu si ustadz mimpi buruk tentang ustadz. Anak ustadz datang menghampiri si ustadz (red: ayahnya), yah, atuk datang, yah, atuk datang. Beberapa hari kemudian ustadz menerima telpon dari warga. Ada warga yang kesurupan. Awalnya Ustadz Adam menolak, tapi karena dipaksa sama ayahnya akhirnya dia mau meruqyah kembali. Semoga dengan kembalinya aktivitas Ustadz Adam kembali pula semangat dalam menjalani hari-hari tanpa seorang yang disayangi.

Warga yang kesurupan ini adalah anak gadis berayahkan ayahnya orang kaya di kampung tersebut. Namanya Maria. Percakapan dengan jin di tubuh maria itu yang seram dan saat Maria sholat tahajjud dibuat kaget sama jin. Jadi serasa menakut-nakuti dimari, nanti pada matahari dan saya yang kena gegara bedfil munafik. Pada takut shalat tahajjud. Kalau di film itu iblis. Ini adalah bedfil teraneh
Bagian seram itu saat iblisnya keluar dari tubuh Maria. Lalu iblisnya nongkrong di atas reng-reng rumah apa. Plafon ya? Pokoknya di rangka atap rumah. Nah, yang tak kalah seram saat Maria dan ayahnya tetiba hilang dari rumah. Sisanya istri muda ayah Maria. Jadi di keluarga Maria ini, beliau punya ibu tiri. Ibu tiri dgn Maria ini sering cekcok karenanya Maria jadi sering melamun dan murung.
Ibu tiri Maria pernah dikata-katain Maria saat kesurupan, dibilang wanita ***** kemudian dibilang mau merebut harta ayahnya dan di kata-katain bersyukur melihat mereka berdua sakit-sakitan. Ayah Maria lumpuh dan duduk di kursi roda. Ibu tiri Maria pernah ditarik kerudungnya dan diseret oleh Maria.

Faw:
Maria muslim?

YSM:
Muslim. Kan pernah sahalat tahajjud.
Nah, Maria ini sejak kesurupan mulai gejun sikapnya. Setelah Maria diruqyah kan tetiba hilang dengan ayah Salim. Ayah Maria maksud saya. Setelah itu ustadz dapat telpon dari ibu tiri Maria kalau ayah dan Maria sudah ditemukan oleh polisi dan dibawa ke rumah.

SW:
Gejun itu apa e

YSM:
Ustadz datang ke rumah Maria. Ada ibu tiri dan Maria. Di situ ibu Maria bilang kalau Ustaz Adam tak ampuh ruqyahnya dan diiyakan Maria. Dan kemudian ayah Maria juga bilang kalau Ustadz Adam ustadz gadungan yang hanya memperkaya diri dari hasil ruqyah. Ustadz kaget dan minta bertemu dgn ayah Maria. Ia pun masuk ke kamar dan tak ditemukan apa-apa, hanya ditemukan kopiah putih milik ayah Maria. Dibawanya peci keluar kamar dan menemui mereka berdua. Ustadz Adam, apa yg dibawa ustadz? tanya mereka. Ustadz seketika kaget karena ternyata peci yang dibawanya keluar berubah jadi batu nisan. Dan jatuh seketika ke lantai. Lalu hape berdering. Telpon dari ibu tiri Maria. Yang habis dari rumah sakit mengantar Maria.
Jadi yang di depannya siapa? Ibu tirinya lagi perjalanan habis mengantar Maria. Kemudian ustadz tak berani berpaling dan rumah tetiba matlist. Matlist mungkin gegara pulsa listriknya habis. Atau karena tambang batubara di Indo banyak yang lesu. Atau gegara mereka tak kunjung bayar alias menunggak bayaran bulanan listrik. Alias guys.
Maria yang berada di rumah sakit siuman. Dia keluar kamar tak ada suster atau dokter sama sekali.
Lalu jin menakut-nakuti dirinya. Maria lari, lari, dan lari. Masuk ke kamar mayat. Satu mayat tetiba duduk. Dia kaget dan keluar pintu. Lalu ada yang menggapai tangannya di pintu, iblis. Dia pun tak jadi keluar, masuk lagi ke kamar mayat. Pintu kamar mayat yang satunya lagi tak bisa dibuka. Akhirnya Maria masuk ke laci tempat penyimpanan mayat. Gelap. Untuk penerangan Maria memakai lampu handpone.
Nah, filmnya ini di sini tetiba saja Maria sudah sampai di rumah tua. Mungkin Maria keluar dari kamar mayat terus kerumah tua. Ini perkiraan saya. Saya juga bingung mengapa Maria sudah sampai di rumah tua. Apakah rumah sakit itu adalah rumah tua?

Oneti:
Di rumah tua ada siapa?

YSM:
Sepertinya begitu, rumah sakit itu ternyata adalah rumah tua. Ustadz ditelpon oleh Maria, disuruh datang ke sana, karena Maria mau menceritakan sesuatu kepada ustadz. Nah, sebelumnya ustadz datang ke lokasi kecelakaan imam mesjid alias gurunya. Imam masjid ini kecelakaan karena dibuat kaget oleh iblis yang mengganggu Maria. Akhirnya masuk jurang. Ustadz sedih. Di tengah perjalanan menuju alamat yang dikasih tahu Maria, ustadz dapat telpon dari ayah ustadz, bahwa ada yang mau dibicarakan. Ustadz tak mengubris. Sebenarnya saya juga tak percaya seratus persen. Ustadz tiba di rumah tua dan bertemu Maria. Mereka tak bisa keluar dari rumah tua tersebut. Keliling-keliling di situ saja. Bertemu lorong Maria pun berhenti, ustadznya tetap jalan. Maria berada di ujung lorong, ustadz berada di ujung satunya. Tetiba senter yang dipegang ustadz terlempar dengan sendirinya. kemudian terseret hingga keningnya berdarah ke ruangan yang banyak mayat.
Nah, yang paling seram di ruangan ini. Ini ruangan adalah tempat sesajen untuk iblis. Ada pocong yang disiram darah. Ada pocong yang menyangkut. Tapi pocongnya seperti benar-benar sebab kain kafannya sudah berubah menjadi warna cokelat. Beda kayak di Indo kainnya masih putih. Sebenarnya masih banyak kisah-kisah seramnya yang belum diceritakan.

Faw:
Hikmahnya apa mbak?

YSM:
Ustadz kayak kesurupan juga gali kuburan istrinya. Menunjukkan ke anaknya. Soalnya anaknya selalu bilang kalau ibunya ada d sampingnya. Mayat istrinya di seret-seret dari kuburan ke rumah ustadz. Jadi begini, teman-teman. Sebenarnya di masyarakat kita masih banyak yang berhubungan dengan jin. Apalagi di Jawa yang banyak menganut islam kejawen. Nah, ending film ini (cerita sebelumnya dulu, ya). Maria jatuh dari lantai rumah tua. Sambil terbata-bata dia mengatakan bahwa dialah yang menabrak mereka hingga istrinya tewas. Lalu Maria meninggal. Tetiba ayah Maria datang dalam keadaan segar bugar. Ustadz bertaanya, pak bukannya sakit? Hahahaha, jawab ayah Maria.
Ternyata selama ini ayah Maria yang menyuruh Maria menabrak mereka. Ayah Maria dendam kesumat pada ustadz Adam karena ustadz Adam ini orang yang beriman.
Maria sebagai tumbalnya untuk membunuh Ustadz Adam. Tapi malah yang meninggal istrinya, bukan Ustadz Adam.
Selama ini ayah Maria berhubungan dengan iblis untuk mendpatkan kekayaan dan istri muda. Hikmah dari film ini, di Indonesia juga masih banyak masyarakat, apalagi di Jawa yang melakukan pesugihan. Bisa jadi itu adalah keluarga dekat kita? Silakan jawab masing-masing saja. Untuk mendapatkan umur yang panjang, harta dan jabatan, kekasih atau istri, dan lainnya. Itu realita masyarakat kita, meski dien mereka Islam.Tapi masih berhubungan dengan hal itu. Tugas kita mencerahkan mereka. Kalau bukan tugas kita, tugas siapa lagi? Setan akan terus melabui manusia dengan segala cara saya tekankan lagi segala cara. Agar kita masuk bersama dengan mereka di neraka engan segala cara tipu daya dan siasat. Ketika manusia tidak bisa dikelabui dengan minuman memabukkan dan lainnya, maka mereka mencari siasat membisikkan manusia agar berlaku syirik.
Fenomena masyarakat kita sekarang dimana yang terlihat alim ternyata tak jauh dari ibadah syirik dan bid’ah. Contoh kasus di Banjarmasin mereka itu termasuk masyarakat yg alim tapi sebagian dari mereka ada ibadahnya yg bid’ah dan berbau syirik. Saya rasa di Jawa lebih banyak kasus-kasus yang berhubungan dengan jin. Allahu’alam. Sekian bedfil ala kadarnya dan hikmahnya. sudah bedfil saya. Silahkan ditonton. Bagus. Ada penjelasan dari ustadz. Gejun= gak jelas

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

film Maze Runner

The Maze Runner

Asaalamu’alaikum wr.wb. Alhamdulillah malam ini diberi kesempatan oleh comin MJR 2, setelah kemarin juga kulsap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *