Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Berjalan kaki

Berjalan kaki

jalan-kaki via wahyunyinyuk.blogspot.com
jalan-kaki via wahyunyinyuk.blogspot.com

Kapan terakhir kali kita berjalan kaki selama 30 menit ?

Mungkin pertanyaan yang simple tapi saya yakin jawabannya pasti berbeda-beda, ada yang menjawab tadi pagi, kemarin, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu bahkan mungkin sudah ada yang lupa kapan terakhir kalinya berjalan kaki selama itu.

Sebuah survey dilakukan mengenai kebiasaan orang dewasa yang rutin jalan kaki di enam negara yakni Inggris, Spanyol, India, China, Brasil, dan Amerika Serikat, menunjukkan bahwa ada 55 persen orang yang melakukan jalan cepat di bawah 30 menit setiap harinya.

Beberapa penelitian memang telah membuktikan bahwa jalan kaki dapat meningkatkan kesehatan. Menurut Cardiovascular Institute, jalan kaki sama seperti latihan aerobik selama 30 menit, dan aktivitas ini merupakan cara paling mudah untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Semua sudah pada tahu kan kalau berjalan kaki itu adalah salah satu kebiasaan Rasulullah SAW. Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, dia berkata “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Dari hadits diatas kita dapat simpulkan bahwa kunci

dari berjalan kaki yang sehat itu terdapat pada kecepatan pada saat kita berjalan kaki.

Berikut ini beberapa kecepatan yang biasa dilakukan yang saya ambil dari health.detik.com

  1. Daily step, biasanya dilakukan ketika orang berjalan sehari-hari seperti berjalan mengitari rumah atau berjalan santai, seseorang akan menggunakan kecepatan 2-2,5 mil per jam atau 3,2-4 km per jam (0,5 meter per detik-1,1 meter per detik).
  2. Easy health walk, biasanya dilakukan sambil melakukan percakapan penuh, seseorang akan menggunakan kecepatan 3 mil per jam atau setara dengan 5 km per jam (1,39 meter per detik).
  3. Moderate brisk walk, biasanya dilakukan jika seseorang berjalan dengan cepat atau terburu-buru dan merasakan napas, seseorang akan menggunakan kecepatan 4 mil per jam atau setara dengan 6,5 km per jam (1,8 meter per detik).
  4. Fast walking, biasanya dilakukan pada atlet jalan cepat, seseorang akan menggunakan kecepatan 5-6 mil per jam atau setara dengan 8-10 km per jam (2,2 meter per detik-2,78 meter per detik).

Nah lantas berjalan kaki yang sehat itu yang kecepatan berapa sih?

Oke pada dasarnya berjalan kaki itu sudah dapat membuat kita sehat, tetapi semakin cepat kita berjalan kaki maka kita akan melakukan gerak yang semakin banyak.

Selain untuk meningkatkan kesehatan ternyata berjalan kaki dapat menjaga kebugaran mental, menjalini katan sosial, juga dapat dijadikan ajang untuk menjelajahi ingkungan sekitar.

Oke, mulai sekarang biasakan berjalan kaki, karena selain merupakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan, berjalan kaki juga bersahabat bagi dompet kita, apalagi sewaktu tanggal tua.

Itu saja kulsap saya hari ini, semoga bermanfaat.

Aria

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Mr. Sjafruddin Prawiranegara dan PDRI

Pada tanggal 19 Desember 1948 telah terjadi kevakuman pemerintah setelah Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *