Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Berkumpulnya Titik-Titik Kecil – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Dakwah / Berkumpulnya Titik-Titik Kecil

Berkumpulnya Titik-Titik Kecil

hujan
hujan via www.suararakyatindonesia.org

Lagi musim  ujan nih…banjir udah mulai menjadi bahan berita sehari-hari. Longsor di sana sini. Pohon tumbang bikin porak poranda. Belom lagi papan reklame yang berjatuhan. Tau nggak kalau es di kutub utara mencair 8 meter tiap tahunnya…?

Saat banjir di jakarta…mereka selalu bilang, ini hujan kiriman dari bogor. Sampah2 yang menyumbat di pintu air juga kiriman dari bogor.

Saat longsor terjadi di berastagi, longsor menghancurkan 3 rumah. Jelas sekali disebutkan hujan deras jadi penyebabnya. Dan kalian juga tahu kan kejadian longsor yang menggerus sebagian jalan, menggerus tanah apotik, rumah makan, dll…? Bahkan sampai hari kelima jasad salah satu korban belom ketemu…
Tak ada yang pernah bilang, ini salahku. Salahku yang sudah membuang sampah di sungai. Salahku yang sudah membangun bangunan di tepi sungai…bahkan di tanah dengan kemiringan tajam. Aku tebang pohon-pohon agar tak menghalangi bangunanku berdiri kokoh.

“Mas mas…kok buang sampah di situ…?”
*Gpp mbak…kan cuma 1 aja sampahnya.*

1 hari 1 orang 1 sampah. Setahun ada 365 sampah/orang. Itu pun kalo sekecil bungkus permen. Coba liat di pintu air ciliwung… orang yang bersihin sampah hampir gak keliatan.

“Pak…kok pohonnya ditebang…?”
*Ngalangin jalan mbak…mau dibangun perumahan dsni.*

Bahkan ada yang bilang, “Ngapain lo sibuk urusin bunga yang g bisa ngomong…? Mau gw injek2 itu urusan gw. Urus aja idup lo yg belom bener” (editan sih kalo ini…lupa redaksinya… tragedi kebun amarylis hancur di pathuk, gunung kidul, DIY).

Banjir itu terjadi karna ujan. Ujan itu cuma titik2 air kak. Ngapain salahin ujan kalo jadi banjir…? Toh buang sampah sembarangan 1 aja gpp kan…?

Longsor karena tanahnya gak kuat nahan air ujan.
Om tante…pohonnya kalian tebang…siapa yang mau nahan tanah yang ngandung air…? Tanah gak punya pegangan…

Es kutub mencair…
Beruang kutubnya sih gak mau nanem pohon.
Industri makin kece n oke. Tp limbahnya gak ketulungan om banyaknya…dibuang gitu aja… ditambah motor2… plus mobil yang isinya 1 orang…padahal bikin macet dmna2…nambah deh polusinya…

Saat satu orang saja memulai membawa kantong plastik ke mana pun dia pergi…dia sediakan tempat sampah bagi orang2 yang mau membuang sampah sembarangan.

Saat satu orang menanam satu pohon saja di halaman rumahnya… 240juta lebih pohon akan tertanam. Nggak usah nunggu perhutani nanem pohon…nggak usah nunggu perusahaan2 besar lakukan penghijauan…

Saat orang2 baik berkumpul bersama dengan orang baik, dsnalah momentum kebaikan besar akan tercipta.Saat satu titik api segera dipadamkan, dia mati. Saat satu titik api dibiarkan, jutaan hektar lahan terbakar. Hanya bisa menunggu alam memadamkannya. Saat satu keburukan mulai menjangkiti, segera hapuskan agar tak  merembet pada keburukan yang lain.

Saat yang satu belom laporan di grup odoj miti, segera japri dan minta untuk segera laporan. Karena satu orang saja nggak lapor, sehari aja nggak lapor, sehari aja nggak isi gdocs, akan merembet ke member lain…agar berdampak ke hari2 berikutnya.

Karena sebuah kebaikan adalah pilihan.
Maka berbuat baik pun adalah pilihan.

Keburukan bukanlah pilihan.
Sebuah topeng bernama pelarian.
Karena tak mampu bertahan dengan kebaikan.

Semangat menebar kebaikan sekecil apapun…
Semangat memilih kebaikan sekecil apapun…
Sedikit demi sedikit, lama2 menjadi bukit…
Sedikit kebaikan setiap hari, akan menjadi bukit kebaikan esok hari.

Maaf…bahasanya belom tersusun rapi…
Semoga bermanfaat…

Wassalamu’alaykum…
@ardhiyanik, 30 nov 2015

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Adab Persaudaraan karena Allah, Cinta dan Benci karena Allah

بسم الله الرحمن الرحيم …… من اًحب لله و اًبغض لله و اًطی لله فقد ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *