Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Do’a & Mimpi

Do’a & Mimpi

berdoa
via http://www.muslimterbaru.com

Allah SWT telah memberi banyak kita kelebihan, dari ke 5 indra lengkap (Alhamdulillah) yang membantu di setiap aktivitas sehari-hari, 5 organ yang berfungsi dalam tubuh sehingga kita mampu bergerak & tumbuh lebih baik. Perlu di ingat, apakah Dia pernah meminta kepada kita? apakah Dia tidak sayang kepada kita?

Saudara yang di kasihi  Allah SWT, sudah sepatutya kita ber-Syukur dan berdo’a hanya kepada-Nya. Hanya Kepada-Nya lah aku menyembah dan hanya kepada-Nya lah aku memohon pertolongan. (QS.1: 5)

Lahir dan tumbuh seperti anak-anak  lainya, hingga dapat lulus di suatu sekolah menengah favorit atas, ia sudah sangat bersuykur. Ia tidak pernah membayangkan untuk dapat melanjutkan dan mendapatkan gelar sarjana. Sungguh hal yang kurang bisa di fahami, dari sisi keluarga, anak tersebut tidak berada. Kesehariannya hanya cukup untuk makan dan iapun dapat lulus SMA dengan bantuan Beasiswa yang ia dapatkan karena prestasi 5 besar yang kerap diraihnya semasa sekolah.

Suatu ketika, guru sewaktu ia SMP menghubunginya dan mengajak ia untuk membantunya  mengabdi & mengajar di suatu sekolah.

Ibu R: Mas, kamu mau belajar ngajar?
Anto: Ngajar, ngajar dimana, bu?
Ibu R: Itu… Pak I, kemarin menghubungi Ibu, katanya sedang membutuhkan pengajar/guru di Siak-Riau. Tadinya ibu yang diajak, tapi karena ibu baru diangkat jdi PNS, jadi beliau tidak jadi. Nah disana itu kamu bisa belajar ngajar. Semua fasilitas lengkap. Kamu akan tinggal satu mes dengan Pak I, ingat kan guru SMP mu dulu?

Anto-pun mulai berfikir. Pernah dalam benaknya ia ingin sekali menjadi seorang guru. Ketika ia SMP, ia terpukan lantaran guru Fisika yang memeragakan gelombang dengan suatu alat dan terukur pasti dengan hitungan. Kemudian iapun jatuh cinta akan hitungan matematika karena guru matematikanya dengan penuh ketelatenan mengajar hingga ia tidak takut dengan pelajaran tersebut.

Ia berfikir dan mencoba berbicara kepada orang tuannya. Ia pun tak lupa memohon dan meminta petunjuk dengan shalat Tahajjud di 1/3 malam juga Istikhara. Do’a demi do’a ia lantunkan dengan penuh kesunguhan. Suatu ketika, ada panggilan pekerjaan dari suatu persudahaan ternama untuk nya yaitu PT.T.

Ia amat bingung saat itu. Sesaat, ibu Anto tidak mengizinkan anak laki-laki satu-satunya pergi, tapi berkat dukungan ayahanda yang memandang ini suatu jalan baik, bisa menjadi suatu batu loncatan meraih apa yang Anto cita-citakan, maka ibundanya pun melepas dengan rela. Di satu sisi iatelah mendapat izin, disisi lain ia mendapat gembira lainnya. Ia Istikhara kembali dan bermunajat, dengan lirih dan memohon diberi petunjuk yang terbaik.

Hadist riwayat Anas ra., ia berkata: Rasulullah SAW  bersabda, “Apabila seorang di antara kamu berdoa maka hendaklah dia berteguh hati dalam berdoa serta JANGAN pula dia berdoa dengan mengucapkan: “Ya Allah, jika Engkau sudi, maka berilah aku. Sesungguhnya Allah tidak ada yang memaksanya” (HR. Imam Muslim)

Setelah 2 hari shalat ia mendapat petunjuk, tetapi sebelum itu ia menyingkirkan paku ke sisi jalan. Ia tidak mau orang lain tertusuk paku. Pada suatu malam di sisi rumahnya ia menemukan dompet berisi uang 2 juta rupiah. Ia merasa bingung ia sampaikan ke tetangga yang sedang nongkrong. Benar ada seorang ayah muda, teman tetangganya habis meminjam biaya untuk persalinan istrinya. Dikembalikanlah dompet, karena memang orang yang kelihangan tadi kembali untuk mencari dompetnya yang hilang.

Ia mendapat petunjuk bahwa ia harus merantau ke sebrang. Denga penuh keyakinan, ia berangkat dengan modal restu dan do’a orang tua. Terbanglah ia dengan satu kawan perjalanan.dalam perjalanan yang memakan waktu 1.50 menit, ia menikmati dan berbagi, saling mengenal satu sama lain. Tidak terasa sampai juga di kota tujuan.

Dengan batuan dan bimbingan dari gurunya, ia dipercaya untuk mengajar di bidang Bahasa Asing (Inggris), dan setahu kemudian ia dipercaya menjadi wali kelas. Suatu karunia yang belum bisa teman-teman seangkatannya, iapun bersyukur.

Hari berganti minggu dan bulan, ia mulai mengajar kembali. Ia anak yang senang berdiskusi dan tidak malu untuk bertanya. Semua rasa rindu dan keinginannya ia curahkan di setiap 13 malam, kepada sang Pencipta Alam Semesta. Dalam dia ingin melanjutkan, seperti teman-temannya yang senan tiasa mensupport, Ms. X: “Pak Anto bagus, kenapa tidak melanjutkan? Mr. Y, “Pak Anto masih muda, masih punya banyak kesempatan, ambilah dan lanjutkan pendidikannya”.

Berangkatlah dia ke Riau dengan menempuh perjalanan 12 jam dengan kapal kayu untuk mendaftar ke Universitas ternama. Dengan sedikit harapan dan keinginan kuat, ia mendafta, tetapi ternyata Ijazahnya sudah tidak laku (expired) untuk dapat melanjutkan. Ia sedih bukan kepalang, di tempat yang ia baru kenal, ia tersudut, dan jatuh hatinya ketika petugas menyampaikan hal tersebut. Diapun pulang kembali dan mengajar. Disamping itu do’a dan rasa syukur tidak lupa ia ungkapkan kepada Ilahi Rabbi.

Tiba waktuna utuk kembali ke Kampung Halaman, ia pulang setelah akhir semester dan mendapat jatah  libur 3 minggu. Akhirnya 2 tahun rasa rindu itu terobati, dengan memeluk Ayah-ibunda tercinta, berjumpa adik-adiknya. Setelah beberapa hari istirahat, kenapa ia berkeiginan untuk jalan-jalan. Ternyata Allah telah menyiapakan rencana khusus. Ia berjalan seperti di tuntun oleh salah satu Malaikat-Nya. Ia berjalan dan sampai ke salah satu campus di kota Kembang. Di sana masih terdapat pendaftaran, hari terakhir esok harinya, ia pelajari dan mengenal jurusan.

Yang ia akan ambil. Dengan mantab, esok harinya ia datang kembali ke campus tersebut sambil membawa seluruh perlengkapan. Mendaftar di 2  jurusan yang sangat di minati banyak orang, tapi ia Yakin dengan pilihanya.

Setelah tes masuk, dia harus kembali ke tempat mengajar di Tanah Sumatera, lalu bagaimana dengan pendaftaran kuliahnya?

Allah, memang Mendengar akan do’a hamba Nya yang bersungguh-sungguh. Berkat do’a dari Orang tua , ia dapat masuk di jurusan yang ia inginkan.

“Nabi Saw bersabda, Raihlah ilmu walau sampai Negeri China” perjalanan studinya tidak mudah, dengan bimbingan dosen dan semangat kerja keras, ia mampu menyelesaika studi tingkat sarjana tepat waktu 4 tahun, dan saat ini ia sedang dipromosikan seorang Profesor Universitas di  USA untuk melanjutkan program Master, seperti moto hidup yang selalu ia pegang “Man Jadda wa jada” siap yang bersungguh-sungguh maka ia yang akan mendapatkan.

Hidup adalah pilihan, dimanapun dan kapanpun kita berada, buatlah menjadi Syurga, karna itu yang akan membuat kita menjadi nyaman dan menyandarkan hidup hanya kepada Zat yang Maha Tinggi, Allah Azawazalla. Amin. Semoga bermanfaat. Wassalam…

Wiwin Hasanah Ramli
26 Desembar 2015

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Sepanjang Jalan Dakwah: Tifatul Sembiring

IDENTITAS BUKU Judul : SEPANJANG JALAN DAKWAH: Tifatul Sembiring Penulis : Usamah Hisyam Tahun Terbit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *