Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Endhorfin Teacher

Endhorfin Teacher

teacher
via http://www.gramedia.com

Assalamu’alaikum semuanya..

Mungkin jika kita suka mengamati guru-guru kita yang mengajar TK dan SD, akan nampak kalau mereka lebih terlihat relatif awet muda. Hal ini mungkin disebabkan oleh pekerjaan merek yang mengharuskan untuk tampil menyenangkan di hadapan anak-anak. Nah berkaitan hal ini ada sebuah buku yang membahas rahasia awet mudanya para guru ini. Ternyata di dalam diri kita terdapat suatu hormon yang disebut endorphine, atau lebih dikenal dengan hormon kebahagian. Hormon kebahagian ini konon katanya memiliki efek yang 6 kali lebih besar dari morfin. Nah lho.. Itulah kenapa di sebut endorphine yang berarti morfin yang dapat di produksi sendiri di dlm tubuh.. Hm.. Kalo kayak gitu gak perlu lagi ya pake morfin beneran. Buat apa coba pake yang kayak gitu kalo ternyata bisa di produksi oleh tubuh sndiri. Hormon kebahagiaan ini akan hadir manakala kita bersyukur dan bahagia.

Selain hormon endorphine terdapat juga hormon noradrenaline atau hormon ketidakbahagian. Terbalik dari hormon endorphine tadi, hormon noradrenaline ini akan hadir ketika kita merasa sedih, banyak mengeluh dan kurang bersyukur.

Ada beberapa hal yang sering dilakukan oleh guru, terutama guru TK dan SD yang tanpa sadar memicu terbentuknya hormon endorphine tadi, seperti:

1. Senantiasa tersenyum dan tertawa. Maklum ya yang nama nya guru apalagi guru kelas kecil, kadangkala walaupun banyak masalah di rumah ketika sampai di sekolah dan berintraksi dengan anak-anak tetap aja tersenyum dan tertawa mlihat pola tingkah laku anak-anak yang menggemaskan.

2. Bermain dan bernyanyi. Kegiatan belajar yang banyak bermain dan bernyanyi ternyata telah membentuk karakter guru untuk senantiasa riang dan gembira brsama siswanya.

3. Membantu orang lain. Menurut penelitian di stanford university, mereka yang berbuat kebaikan setiap harinya mrupakan orang yang paling bhagia dibandingkan orang yang berbuat baik, apalagi berbuat jahat, he..

4. Menjalin persahabatan. Seseorang yang berkimpul dengan banyak teman ternyata 230 kali lebih bahagia dibandingkan mereka yang penyendiri. Nah sebagai pendidik, mereka brpeluang untuk banyak memiliki sahabat, tidak hanya peserta didiknya namun orang tuanya juga berkemungkinan menjadi sahabat karena intensnya dalam brkomunikasi.

5. Menemukan hal baru. Mencari hal-hal baru dalam pembelajaran bersama siswa ternyata dapat memberikan rasa bahagia dibandingkan dengan pkerjaan yang monoton setiap harinya. Perkerjaan mnjadi guru memungkinkan mereka untuk mendapatkan hal baru setiap harinya.

6. Menikmati hidup, jujur dan ikhlas. Menjadi guru mrupakan pilihan. Menikmati kesederhanaan, keikhlasan dan perilaku jujur identik dengan sosok seorang guru. Nilai-nilai keikhlasan yang sudah teraplikasi dalam khidupan ternyata mampu membuat sosok guru hidup tenang, tentram dan bahagia. Gde Prana pernah menyampaikan bahwa kadang kita mencari kebagaian itu dari luar, tapi pada dasarnya dia ada di dalam hati kita.

Itulah kulsap saya malam hari ini, kulsap ini saya sarikan dari buku endorphine teacher, pendidik bahagia di manapun, kapan pun dan dalam kondisi apapun. Terimakasih. Wassalamu’alaikum.wr.wb

14/12/2015
Hamdan Nailah

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

via www.liputan6.com

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gempabumi, Gunungapi, dan Tsunami

Oleh Muhammad Fawzy Ismullah Massiani, S. Si. (Fawzy) Bismillahirrohmanirrohim… Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Sebelum masuk pembahasan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *