Home / Pengetahuan Umum / Hipocentrum dan Epicentrum

Hipocentrum dan Epicentrum

Hipocentrum dan Epicentrum

Image Epicenter Hypocenter
https://earthquake.usgs.gov

Kulsap kali ini masih tentang gempabumi. Ingat, gempabumi bukan gempa bumi. Nah, yang ingin kusampaikan tentang hiposenter dan episenter. Apa itu hiposenter dan episenter? Apa hubungan mereka berdua? Apakah mereka saudara seperti Upin dan Ipin? Terus, sapa sebagai Rembo?

Mari kita tanyakan pada Ato’ Dalang…

Episenter adalah pusat gempabumi di permukaan bumi. Ingat, di permukaan bumi. Itu berarti episenter dinyatakan dalam dua data: latitude dan longitude. Latitude adalah lintang. Longitude adalah bujur. Itu artinya, episenter adalah koordinat. Nah, klo episenter itu di permukaan bumi maka hiposenter adalah di bawah permukaan bumi. Itu artinya ada parameter kedalaman. Sehingga datanya ada 3: latitude, longitude, depth. Coba perhatikan data gempabumi yg published. Minimal ada 3 data ini. Biasanya setelah 3 data ini ada magnitudo.

Yang penting adalah, hiposenter adalah perwakilan sumber gempabumi. Sumber gempabumi biasanya adalah sesar. Sehingga sumber gempabumi adalah luasan, bukan titik saja. Hanya saja, akan lebih mudah menyatakannya untuk interpretasi dalam bentuk titik yaitu hiposenter.

I think that’s all. Thanks.Wallahu’alam bisshawab… Sembari menunggu hujan reda di Kab. Gowa…

Masjid Cheng Hoo, Kab. Gowa – MFI

About Admin

Check Also

PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Menjadi guru profesional tidak mudah , ada beberapa hal yang harus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *