Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Inspirasi Dari Dunia Digital (Digimon)

Inspirasi Dari Dunia Digital (Digimon)

via spritemaster44.deviantart.com
via spritemaster44.deviantart.com

Digimon adalah makhluk hidup semacam program kecerdasan buatan yang tersusun atas kumpulan data digital. Mereka memiliki berbagai macam jenis dengan bentuk yang bermacam-macam dan memiliki jurus-jurus serangan serta kemampuan evolusi ke tingkat yang lebih tinggi (digimon yang berevolusi dapat kembali ke bentuknya semula). Mereka hidup di dunia digital, suatu dunia paralel yang tercipta dari sistem jaring teknologi komunikasi dan informasi manusia. Pengertian menurut wikipedia.

Singkat cerita di dunia digital tempat Digimon tinggal sedang terjadi kerusakan dan kekacauan. Untuk memperbaiki semua itu, para Digimon terpilih harus membutuhkan manusia untuk menjadikan mereka lebih kuat. Dari tu terpilihlah 8 anak-anak terpilih dengan karakter kekuatan masing-masing.

Inilah karakter anak-anak terpilih itu yang patut kita contoh:
1) Yagami Taichi, anak terpilih dengan kualitas keberanian dan Semangat (Courage) dengan partner Agumon.

Sifat Taichi yang pemberani dan penuh semangat ini sangat patut dicontoh, apalagi klo kita udah jadi “pemimpin”. Tidak jarang setiap keputusan dengan keberanian yang di ambil oleh Taichi ini mendapatkan hasil yang memuaskan. Walaupun ditengah perjalan pada film ini Taichi pernah mengalami kegagalan, tapi dengan sifat semangat pantang menyerahnya menjadikan kekuatan yang sangat ditakuti oleh musuh-musuhnya.

2) Ishida Yamato, anak terpilih dengan kualitas persahabatan (Friendship) dengan partner Gabumon.

Yamato ini menjadi tonggak utama penyemangat Taichi dengan sifat persahabatannya, kalau bahasa kita itu “ukhwahnya kece badai”. Walaupun sering terjadi konflik antara Yamato dan Taichi karena Sifat Taichi yang keras kepala, akan tetapi dengan sifat persahabatan Yamato ini, beliau sering mengingatkan Taichi dengan cara-caranya yang tepat.

3) Takenouchi Sora, anak terpilih dengan kualitas kasih sayang (Love) dengan partner Piyomon.

Sora ini sebenernya anak broken home, ibu dan bapaknya bercerai dan dia diurus serta dibesarkan oleh ibunya dengan kasih sayang yang luar biasa dari ibunya. Sifat kasih sayang itulah yang selalu dia tanamkan dipikirannya, hingga semua anak-anak terpilih disana (ketika berpetualang di dunia digital yang cukup lama) selalu merasa disayangi dan diberi perhatian layaknya seperti ibu mereka dirumah.

4) Izumi Koushirou, anak terpilih dengan kualitas pengetahuan (Knowledge) dengan partner Tentomon.

Menurut saya karakter Koushirou ini merupakan karakter utama dalam film ini, karena film ini berkaitan dengan digital atau pengetahuan teknologi komputer terbaru pada masa itu. Nah yang selalu memecahkan solusi untuk bagian digital di film ini ialah Izumi Koushirou. Yang perlu dicatet dari karakter koushirou ini dengan sifat kecerdasannya yang luar biasa beliau tidak bersifat sombong (malah selalu tawadhu seperti saya #eh).

5) Tachikawa Mimi, anak terpilih dengan kualitas kemurnian (Purity) dengan partner Palmon.

Sifat kemurnian (jujur). Karakter mimi ini dikenal dengan pribadi yang riang dan selalu jujur. Sifat jujurnya itulah yang perlu kita teladani, mimi ini selalu mengatakan hal yang ingin dia katakan, walaupun itu pahit, yang penting dia selalu berkata jujur. Tapi yang perlu dicatat di katakter ini beliau menyampaikannya dengan bahasa riang yang baik, walaupun mungkin ada perkataan yang bisa menyakiti perasaan temannya, tapi sifat periangnya itu yang membuat teman-temannya nggak jadi sakit hati.

6) Kido Joe, anak terpilih dengan kualitas ketulusan (Sincerity) dengan partner Gomamon.

Joe ini merupakan anak terpilih paling dewasa umurnya dibanding teman-teman yang lain. Dari kedewasaannya itulah muncul sifat “tulus” untuk menjaga adik-adiknya (teman-temannya) dari segala mara bahaya yang ada didunia digital. Sifat ketulusannya itulah yang perlu kita galakkan di diri kita.

7) Takaishi Takeru, anak terpilih dengan lambang harapan (Hope) dengan partner Patamon.

Dua anak yang paling muda di anime ini ialah Takeru dan Hikari. Karakter Takeru ini selalu punya harapan dari setiap kegalalan yang pernah melalui, dengan kata lain beliau selalu berpikiran positif dan pantang menyerah.

8) Yagami Hikari, anak terpilih dengan lambang cahaya (Light) dengan partner khusus Tailmon.

Anak terpilih yang kedepalan ini memiliki lambang cahaya atau karakter sifatnya berhati suci dan dapat dipercaya, yang taat agama menurut agama mereka (karena di film ini beliau bisa komunikasi dengan roh halus, dimana hanya anak-anak yang suci yang bisa komunikasi dengan roh-roh halus itu). Karakternya yang tenang dan baik hati ini sering mendamaikan dan membuat tenang teman-temannya.
Kalau saya lihat tujuan dibentuknya karakter ini ialah untuk menunjukkan bahwa berteman dengan orang yang taat agama itu penting.

Itulah kedelepan karakter penting yang patut kita contoh dan kita realisasikan di kehidupan kita. Karna dikarakter itu ada 4 sifat rosul yaitu siddik (jujur) dari karakter jujur si mimi, amanah (dapat dipercaya) dari karakter si hikari, tabligh (menyampaikan) dari karakter mimi dan Taichi, serta fathonah (cerdas) dari karakter koushirou.

Dan sifat-sifat baik lainnya yang udah pasti ada di Rosul seperti kasih sayang, ketulusan, pantang menyerah, persahabatan.

Itu saja yang bisa sedikit saya sampaikan pada kulsap kali ini, semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kepada Allah mohon ampun.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jamal Rapliansyah
Palembang, 16 Desember 2015

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

via www.liputan6.com

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gempabumi, Gunungapi, dan Tsunami

Oleh Muhammad Fawzy Ismullah Massiani, S. Si. (Fawzy) Bismillahirrohmanirrohim… Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh. Sebelum masuk pembahasan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *