Home / Hikmah Kehidupan / Jangan ada waktu luang

Jangan ada waktu luang

image waktu
Via Goodnewsfromindonesia.com

Isi waktu luang dengan berbuat. Orang-orang yang banyak menganggur dalam hidup ini, biasanya akan menjadi penebar isu-isu dan desas-desus yang tidak bermanfaat. Itu karena akal pikiran mereka selalu melayang-layang tidak tahu arah.

Saat paling berbahaya bagi akal adalah manakala pemiliknya menganggur dan tidak berbuat apa-apa. Orang-orangseperti itu, ibarat mobilyang berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa sopir, akan mudah oleng ke kanan dan ke kiri.

Bila pada suatu hari mendapatkan diri menganggur tanpa kegiatan, bersiaplah untuk bersedih, gundah, dan cemas.Sebab, dalam keadaankosong itulah pikiran akan menerawang kemana-mana, mulai dari mengingat kegelapan masa lalu, menyesali kesialan masa kini, hingga mencemaskan masa depan yang belum tentu dimiliki. Dan itu, membuat akal pikiran tidak terkendali dan mudah lepas kontrol.

Maka dari itu, mengerjakan amalan-amalan yang bermanfaat adalah lebih baik daripada berlarut dalam kekosongan yang membinasakan. Berhenti dari kesibukan itu kelengahan, dan waktu kosong adalah pencuri yang culas. Adapun akal, tak lain merupakan mangsa empuk yang siap dicabik-cabik oleh ganasnya terkaman.

Karena itu, bangkitlah sekarang juga. Kerjakan Shalat, membaca buku, bertasbih, mengkaji, membaca Al-Qur’an, dan hal bermanfaat lainnya. Hal ini dilakukan agar tidak berhentisejenak pun darimelakukan sesuatu yang bermanfaat.

Bunuhlah setiap waktu kosong dengan pisau kesibukan !

 

Novita wahyu utami

About Admin

Check Also

Kemenangan

Bersyukurlah atas usaha-usaha baik yang selama ini dapat terus diperjuangkan. Usaha-usaha yang selalu menjunjung tinggi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *