Breaking News
Home / Dakwah / Jangan Berhenti Mendoakan Orangtua

Jangan Berhenti Mendoakan Orangtua

Nabi Muhammad SAW : Jika seorang hamba berhenti mendoakan kedua orangtuanya, maka sesungguhnya rezekinya pun akan terputus (Hr. Ad-Dailami)

Hikmah yang bisa dipetik adalah dalam hidup ini manusia butuh rezeki, keluar pagi pulang malam cari rezeki padahal kuncinya rezeki ada di mana? Kuncinya ada pada mendoakan orangtua. Kalau tidak mendoakan akan terputus rezekinya, pengen rezekinya nggak putus-putus maka doanya juga jangan putus-putus. Maka Allah akan datangkan rezekinya dari segala arah.

Hadits ini menunjukkan bahwa kedudukan orangtua itu sangat luar biasa, baru sekadar berhenti mendoakan saja, Allah akan hentikan rezekinya dan jangan batasi rezeki itu cuma materi saja. Kebahagaian, kesehatan, kemudahan , ketenangan bathin itu juga rezeki, apapun itu kemampuan untuk melakukan hal-hal baik akan dihentikan kalau orang itu berhenti mendoakan orangtuanya. Karena itu para ulama mengajarkan kepada kita paling sedikit selesai sholat sebelum mendoakan apapun dan siapapun maka do’akanlah orangtua kita, bahkan para ulama mengajarkan sesudah melantunkan do’a adzan janhan langsung ditutup dulu, kita tambahi dengan mendoakan orangtua “robighfirli waliwalidayya” 5 kali untuk yang kelima diteruskan sampai lafadz robbayaanii shooghiro, tutup sholawat. *kenapa demikian?* Karena :

1. Mendoakan orangtua, pahalanya luar biasa sebagai tanda ridhonya Allah SWT
2. Doa setelah adzan tidak akan ditolak oleh Allah SWT, jadi doanya qobul di waktu mustajab.

Siapapun yang merasa rezekinya kok sulit, agak susah maka cek bagaimana hubungan kita dengan orangtua mendoakan orangtua itu tanda bahwasanya hati kita deket sama orangtua. Dan mulailah mendoakan orangtua kita tanpa sepengetahuan orangtua kita, itu membawa keuntungan untuk yang berdoa dan yang untuk didoakan semoga Allah SWT mengaruniakan kepada kita semua anak-anak yang sholih sholihah yang mendoakan kapanpun kita, di manapun kita berada dan juga Allah jadikan orang-orangtua ridho kepada kita semua, orangtua kita selamat dunia dan akhirat, bahagia dunia dan akhirat.

Aamiin allahumma aamiin

Anik Rochimah

About Admin

Check Also

Jodoh yang Tertukar

Sinopsis Jodoh yang tertukar Jika seorang perempuan ditanya seperti apa jodoh yang mereka inginkan, maka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *