Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Jangan Takut Bertani dan Beternak !

Jangan Takut Bertani dan Beternak !

beternak ayam potong
beternak ayam potong via http://gresik.co/

Tahukah temen-temen berapa banyak pangan yang dihasilkan per hari untuk mencukupi 234 jutaan perut orang Indonesia? Pasti banyak sekali ya? Udah jangan dipikir serius banget. Tahukah temen siapa yang membuat bahan pangan untuk 87% penduduk Indonesia (muslim) ? Sudah pasti sebagian besar diproduksi oleh non-muslim. Terus kemanakah orang Islam? Sebagian besar jadi operator dan konsumen tetap hehe..

Saya ambil contoh salah satu produksi bahan pangan yang pasti hampir semua dari kita pernah makan dan bisa jadi merupakan menu harian kita, yaitu telur. Tahu kan kalau telur ada pada setiap makan yang kita makan setiap hari mulai dari telur ceplok sampai olahan roti. Semua makanan itu perlu telur. Produksi telur di Indonesia saat ini diperkirakan sebanyak 100 juta butir telur per hari. Telur itu berasal dari sekitar 120 juta ayam petelur yang hidup di Indonesia. Padahal di Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Vietnam jumlah produksi telur mereka 1 butir banding 1 orang (1:1) per hari. Indonesia masih kalah jauh. Kita setidaknya masih butuh 100 juta butir telur per hari. Kebayang sebesar apa ayamnya ya biar bisa bertelur 100 juta butir per hari (6,2 ton telur per hari).. hehe..

Sentra peternakan ayam petelur terbanyak ada di Jawa Timur dan Jawa Barat. Tahukah anda bahwa telur yang sebanyak itu dihasilkan oleh pengusaha telur non muslim (>95%*) padahal itu adalah sumber protein lengkap dan halal yang kita (muslim) konsumsi sehari-hari. Menurut orang Indonesia (muslim) sektor peternakan itu beresiko tetapi faktanya pertumbuhan sektor peternakan terus meningkat. Kebutuhan telur saja jika mengacu pada negara tetangga kita Malaysia dan Thailand kita masih butuh lebih dari 100 juta butir telur per hari. Potensi besar ini sekarang menjadi sasaran perusahaan-perusahaan pangan asal hewan dunia. Diperkirakan Indonesia mulai 2015 akan diserbu oleh perusahaan-perusahaan pangan asal hewan dunia. Dan akankah kita (muslim) hanya mau jadi penikmat (konsumen) produk mereka? .

Kita diingatkan tentang pentingnya sektor pangan dalam islam: Rasulullah bersabda: “Tiada seorang Muslim pun yang bertani, lalu hasil pertaniannya dimakan oleh burung atau manusia atau binatang, melainkan dia akan menerima pahala di atas hal itu.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim) Firman Allah dalam surah Abasa ayat 27 – 32 yang bermaksud : “Lalu Kami tumbuhkan pada bumi biji-bijian (27) Dan buah anggur serta sayur-sayuran (28) Dan zaitun serta pohon-pohon kurma (29) Dan taman- taman yang menghijau subur (30) Dan berbagai-bagai buah-buahan serta bermacam-macam rumput. (31) Untuk kegunaan kamu dan binatang-binatang ternakan kamu(32).” Rasulullah bersabda:“Sesiapa yang menjayakan tanah yang tidak dimiliki oleh sesiapa (yakni tanah kerajaan), maka dia lebih berhak terhadapnya.” (Hadis riwayat Imam Ahmad, Malik dan Bukhari)

Wallahu a’lam. Mari beternak.

Andi Yekti Widodo MJR 7

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Mr. Sjafruddin Prawiranegara dan PDRI

Pada tanggal 19 Desember 1948 telah terjadi kevakuman pemerintah setelah Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *