Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Jargon Yang Menembus Luar Angkasa

Jargon Yang Menembus Luar Angkasa

via fimadani.com
via fimadani.com

Entah kenapa saya ingin menulis sesuatu di sini, tentang sesuatu yang sebetulnya sudah lumrah diketahui oleh semuanya, namun tetap saja hal itu tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

Tentang sebuah ayat dalam surat Al Ankabut:66, yaitu Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, Benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.

Ayat ini sungguh simple… namun punya makna yang dalam. Sayangnya kita sebagai muslim agak kurang menghayati dan melaksanakannya dengan baik. Dalam pembukaan ayat ini sudah ditekankan kepada siapa ayat ini ditujukan, yaitu… “dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami”.

Ya ayat ini khusus ditujukan kepada mereka yang berjihad, yang bersungguh-sungguh menegakkan kalimat Allah…

Ayat ini bukan ditujukan untuk orang yang baru sampai level muslim… seperti arab baduy.. yang pemahaman islamnya masih terbatas.. bukan juga kepada orang- mukmin yang mereka sebetulnya sudah tidak ragu-ragu.. seperti dlm surat al Hujurat. Tetapi kepada orang-orang yang levelnya lebih di atas lagi.. yaitu orang yang bersungguh-sungguh berjihad di jalanNya.

Apakah kita masuk di dalamnya? Saya berharap iya.. karena dengan pemahaman kita yang (sebetulnya) sudah lebih di atas rata-rata kaum muslim pada umumnya, dan juga kita yang selalu (berupaya) untuk tidak meninggalkan QL setiap malam, yang setiap pagi selalu (berupaya) untuk berdoa agar dimatikan dalam kondisi syahid…

Kita yang berupaya agar masuk dalam sekian persen orang-orang yang serius memperjuangkan agar Islam ini bisa tegak dengan gagah di hadapan seluruh manusia. Hanya sayangnya kita lebih banyak masuk dalam euforia itu…

Hanya terbatas seolah-olah yang bersungguh-sungguh saja. Belum benar-benar menjadi seperti yang digambarkan karena kita tidak tuntas melaksanakan ayat ini dengan sempurna lanjutan ayat itu adalah… “Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”

Ayat ini menekankan bahwa segala macam petunjuk dan bantuan adalah diberikan kepada orang-orang yang melakukan segala sesuatu dengan ihsan .. (muhsinun)

Kita banyak berhenti di bagian awal saja.. merasa diri sedang berjihad, merasa diri sudah bersungguh-sungguh… ditambah dengan doa siang dan malam… namun tak jarang dalam melakukan segala sesuatu kita tidak pernah lakukan degnan ihsan.. tidak dilakukan degnan baik.

Penjelasan tentang ihsan ini sudah banyak.. dan disebutkan juga dalam hadits arbain. Namun saya tidak ingin membahas itu lebih dalam. Saya ingin mengelaborasi penjelasan ayat itu dari sisi yangberbeda.

Di Jepang ada istilah gambaru.. 頑張る

Bentuk kalimat yang biasa kita kenal adalah gambatte kudasai… atau gambatte… ini akan kita dengar di banyak percakapan dalam dorama jepun atau film-film.

Apa sebetulnya makna dari gambaru? gambaru itu adalah ihsan itu sendiri… gambaru adalah mengerjakan sesuatu sampai titik darah penghabisan. Melakukan sesuatu sampai kita tidak sanggup lagi melakukannya. Gambaru itu adalah melakukan sesuatu sampai tidak ada lagi yang bisa dikerjakan. Gambaru adalah melakukan sesuatu sampai tujuan akhir itu akan tercapai.. dan walaupun tidak tercapai dia pun tidak peduli. Baginya yang penting dia sudah berusaha.

Saya pernah menjadi interpreter di sebuah pabrik. Selayaknya pabrik.. pasti punya target produksi. Satu saat di akhir bulan.. mendekati deadline.. saya melihat secara logika matematika.. mau dikerjakan bagaimanapun..target itu pasti tidak akan bisa dicapai. Namun ajaibnya di situ ada mandor yang selalu breteriak.. haaaiii.. gambarimashouu.. gambatteeee.. dll…

Iseng-iseng saya bertanya.. kenapa melakukan itu? toh gak mungkin bisa dicapai target itu. Namun apa kata sang mandor saat itu. Buat kami tidak masalah.. target tidak tercapai.. tetapi dalam hati kami.. dalam badan kami.. kami selalu berusaha untuk mencapai target tersebut. Itu yang lebih utama.. karena di situlah kami menjadi lebih hidup.. menjadi lebih bersemangat.

Dalam kesempatan yang lain.. saya melihat lomba anak-anak di acara tahunan .. undoukai. Undoukai mungkin mirip dengan class meeting.

Lomba olah raga antar kelas. Satu saat semua orang meneriakkan kata-kata gambatte kepada anak-anak yang sedang berlari menuju finish dalam sebuah lomba lari. Kita semua sudah tahu bahwa anak itu tidak juara.. anak itu berada di urutan terakhir.. Namun semua semangat meneriakkan gambatte… apa pasal?

Karena semua tahu sang anak memang tidak mugkin juara dengan kondisinya dia yang cacat. namun upaya dia untuk tetap berlari sampai finish dengan kondisi seperti itu adalah sesuatu yang perlu diapresiasi. sesuatu yang perlu dan harus dibanggakan. Itu adalah hal berat yang sang anak harus lewati.

Mereka tidak ingin sang anak berhenti di jalan dan tidak menyelesaikan lari nya sampai finish. Itulah ihsan… melakukan segala sesuatu sampai tuntas.

Begitulah orang Jepang mengartikan ihsan (gambaru). Padahal sebagian besar mereka tidak tahu ayat al ankabut :66 ini. Justru kita yang mengetahui ayat ini terkadang melakukan segala sesuatu serba tanggung. Serba setengah-setengah.. tidak sampai tuntas.

Yang biasanya tuntas adalah pada saat ktia ingin mengetahui aib orang lain.. tetapi banyak hal-hal lain yang seharusnya dilakkan dengan tuntas dan sempurna tidak kita jalankan dengan berbagai macam excuse yang sesungguhnya excuse itupun juga dimiliki orang lain.

Kalau kita melihat orang-orang besar .. mereka semua adalah orang-orang yang melakukan segala sesuatu sampai selesai.. sampai tuntas. Kita bisa baca dari berbagai macam biografi orang-orang besar tersebut.

Demikian curcolan di sore hari ini.. semoga bermanfaat..

Buat semua.. gambatte kudasai…

Yaah..saya juga kadang merasa begitu..hanya kadang sedih lihat orang-orang yang katanya aktifis..kalah jauh dibandingkan non aktifis dari sisi upaya dan kerja maksimalnya.

#disitukadangsayamerasasedih..

Padahal motif or jargon yang kita bawa menembus jauh luar angkasa dibanding mereka-mereka yang hanya urusan di bumi sajah.

Edi Sukur

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *