Breaking News
Home / Kabar Terbaru / Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval

Risyah adilla

Image Jember Fashion Carnaval
https://www.liputan6.com

Hari ini saya akan bahas event tahunan Jember, tempat domisili saya sekarang, yang udah mendunia, tapi mungkin banyak yang belum tau sih kayaknya hehe. Acaranya namanya Jember Fashion Carnaval (JFC). Rutin diadakan tiap tahun, dalam serangkaian event Bulan Berkunjung ke Jember dan sebelum Agustusan. Acaranya berupa fashion show jalanan, ya ala-ala festival di Rio gitu.

Kebetulan kemaren naik juga setelah dibuat pembukaan kontingen-kontingen negara di Asian Games. Bisa dilihat di kalan youtube : https://youtu.be/UaXrbhwGAXQ

Acara ini benar-benar acara super besar, bisa dibilang semacam ‘syukuran tahunan’ Jember, jadi persiapan nya luar biasa dong. Mengerahkan seluruh sumber daya warga Jember. Bupati, instansi pemerintahan, pegawai dinas, siswa dari SD SMP SMA, mahasiswa, umum, pekerja, dll deh.

Maka dari itu, JFC berhasil menjadi karnaval terbaik di dunia dengan menduduki peringkat ke-3.

Gimana engga, runway nya sepanjang jalan utama kota, start di alun-alun dan berhenti di GOR. Total panjang runway 3,6 km. Mantap jiwa kaaan. Warga tumpah ruah di jalan buat nonton tiap taun.

Para pesertanya muacem2. Ya pasti mayoritas dari Jember, biasanya total 6000an peserta, dibagi ke 4 hari rangkaian acara. Hari pertama biasanya animal fashion, fashion show sama hewan. Hari kedua kids carnival, iya yang fashion anak-anak kecil. Hari ketiga artwear carnaval, atau opsional ganti sih. Dan hari ke 4 grand carnaval, pertunjukan utama fashion nya. Isi fashion nya selalu berubah tema setiap tahun tergantung tren fashion saat itu. Dalam grand carnaval yang biasanya hari minggu, ada 10 defile fashion. Defile nih macam sub-tema gitu.

Saya kurang paham carnaval ini pertama kali diadakan tahun berapa, maaf hehe.

Pencetus JFC sendiri ini seorang bernama Dynand Fariz, warga asli Jember, yang kebetulan tahun ini baru aja wafat. Jadi JFC tahun ini pertama kalinya tanpa kehadiran sang presiden. Jember berduka sih… Karena berkat ide beliau pula sangat berkontribusi untuk mendongkrak nama Jember di kancah nasional maupun internasional.

Buat yang suka fashion, nyari pengalaman baru dari traveling, atau suka fotografi bisa bgt main ke Jember setiap bulan Agustus buat liat JFC.

About Admin

Check Also

Keterlibatan Negeri Barat Sebagai Great Powers terhadap Dinamika Politik Timur Tengah

Timur Tengah dan Afrika Utara (Middle East and North Africa) sedang mengalami perubahan besar rekonfigurasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *