Home / Dakwah / Jihad

Jihad

Assalamualaikum
Mohon izin kulsap yaa Tentang Jihad di dalam buku Arkanul Baiah yang tempo lalu saya bahas tentang taat.

1. Definisi Jihad
Ibnu Abbas jihad adalah mengerahkan segala kemampuan di dalamnya dan tidak takut terhadap cacian orang yang mencaci di jalan Allah

Menurut Muqatil jihad adalah Beramalah untuk Allah dengan sebenar-benar amal, dan beribadahlah kepadaNya dengan sebenar-benar Ibadah.

Kemudian menurut Abdullah bin Almubarak, Jihad adalah bersungguh-sungguh melawan diri dari hawa nafsu.

Tujuan Jihad adalah mendirikan masyarakat islami dan membentuk negara islam yang benar.

B. Kedudukan Jihad

Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (At Taubah:41)

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (At Taubah:111)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. (Al Hujurat :15)

C. Macam-macam Jihad dan kewajibannya

1. Jihad dengan lisan yaitu menjelaskan syariat islam dan membantah kebatilan-kebatilan yg melemahkan islam.
2. Jihad dengan harta yaitu menginfakkan harta di setiap jalan kebaikan terutama orang-orang berjihad di jalan Allah.

Sebagaimana firman Allah

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (Al Anfal:60)

Oleh karena itu di buku ini ditekankan untuk *studi dan penguasaan terhadap berbagai disiplin ilmu dan industri-industri sangat dibutihkan untuk persiapan perang*.

Semoga kita bisa terus menimba ilmu dimanapun??

D. Urgensi Jihad
Jalan kemenangan ialah jalan yang dipenuhi rasa sakit, tanahnya dipenuhi onak duri, langitnya dihiasi badai dan mara bahaya, dan rambu-rambunya diwarnai oleh para syuhada dan pejuang. Di antara orang-orang beriman itu ada orang-orang yang menepati apa yg telah janjikan kepada Allah (Al Ahzab 23).
Fondasinya ialah *banyak berpuasa dan sholat, khusyuk dan tawaduk, serta menjadi rahib di malam hari dan kesatria di siang hari*. Sesuai dengan prinsip dan motto MJR SJS

H. Wasiat untuk para Mujahidin

1. Wahai para pemuda berada di jalan Allah, Engkau harus mengurangi segala pernak pernik dunia dan sarana kemewahan supaya kamu dapat menerima seruan jihad tanpa *rasa berat hati, dan jika tidak, kamu akan dihadapkan pada azab yg pedih sesuai firman Allah

Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: “Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah” kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit. (At Taubah 38)

Sesungguhnya ketahuilah pemuda Allah tidak membutuhkan kita dan jihad kita namun, kitalah sebetulnya membutuhkan pahala dari Allah, nikmatNya dan kemulian jihad.

Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (Al Ankabut:6)

2. Pemuda muslim jangan takut akan kekuatan musuh Allah walaupun perlengkapan dan jumlah mereka cukup banyak

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal. Al Imran :160

3. Pemuda muslim letakkanlah tanganmu pada tangan saudara2mu sesama mujahidin. Genggamlah dan kokolah sekokohnya karena cinta kepada Allah

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (Ash Shaff:4)

4. Jadilah sebaik baik orang mengimplementasikan perintah Allah dan arahanNya

Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Al Anfal 45-46)

5. Bersungguh sungguhlah dalam amal dan waktumu serta dalam pelaksanaan tugas apa saja menjadi kewajibanmu.

6. Berpegang teguhlah dengan Al Quran, mendaburinya, dan membacanya dengan sebenar-benar bacaan.

Mungkin hanya ini kulsap yang saya sampaikan, maaf kulsapnya bedah buku yang sama namun beda penjelasannya

Disusun untuk kulsap MJR 1 dan keperluan lain.

Tangerang
Ria

About Admin

Check Also

Meneladani Kepribadian Fatimah r.a

Meneladani kepribadian Fatimah r.a Sebagai seorang manusia biasa rasanya malu menuliskan kemuliaan yang ada pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *