Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Bedah Film / Kdrama: 3Days

Kdrama: 3Days

3daysSekilas tentang Kdrama 3Days :

3 Days atau juga dikenal dengan judul Three Days adalah drama thriller-action Korea tahun 2014. Selain Park Yoochun, serial TV yang disiarkan SBS dari Maret sampai Mei 2014 ini juga menampilkan Son Hyun-joo, Park Ha-sun, dan So Yi-hyun sebagai pemeran utamanya. 3 Days memperoleh rating bagus, rata-rata antara 13-14% dan hak siarnya dijual ke sejumlah negara. Di China misalnya, hak tayang streaming onlinenya dijual sekitar 609 juta rupiah per episode. ( Dikutip dari http://www.kembangpete.com/2014/10/10/data-fakta-dan-foto-drama-korea-3-days/ )

Pemeran utama:

-Park Yoochun berperan sebagai Han Tae-kyung (dikenal sebagai agen han, anak menteri keuangan, anggota secret service presiden)

-Son Hyun-joo berperan sebagai Lee Dong-hwi, Presiden Korsel

-Park Ha-sun berperan sebagai Yoon Bo-won (polisi wanita yang membantu mengungkap kasus kematian ayah agen han)

– So Yi-hyun berperan sebagai Lee Cha-young (anggota secret service perempuan, rekan kerja agen han, demi mengungkap kejahatan dia berani mengambil resiko untuk mejadi spy dipihak kim do jin)

– Choi Won-young berperan sebagai Kim Do-jin (pemilih perusahaan besar Jaesin, ‘otak’ perencanaan pembunuhan terhadap presiden, dan konspirasi2 di blue house)

-Yoon Je-moon berperan sebagai Shin Kyu-jin, (sekretaris presiden, yg sempat menjadi spy di blue house, tetapi di akhir kematiannya, dia sadar hanya dimanfaakan oleh kim do jin, sehingga dia berbalik arah, kemudian mengungkap kejahatan dari kim do jin)

– Jang Hyun-sung berperan sebagai Ham Bong-su (kepala secret service, militer yang ikut berperang dalam kejadian 1998, dulu adalah sosok yg setia, taat, pada presiden. Namun, setelah ‘diracuni’ tentang kejadian 1998 oleh kim do jin dan sekutunya, dia berbalik arah menjadi spy di blue house, dia merupakan pelaku penembakan terhadap presiden saat presiden berlibur)

SINOPSIS:

Drama ini bercerita tentang seorang pengawal (secret service) presiden korea yang sangat taat kepada presidennya, dia bernama Han tae kyung, yang juga merupakan anak dari menteri keuangan korea. Cerita ini berawal dari kematian misterius ayahnya, yang terkesan ditutup-tutupi oleh pihak berwenang. Akan tetapi, ada satu polisi wanita yg gigih mencari tau penyebab kecelakaan tersebut, karena dia satu satunya aparat kepolisian yang mengetahui kondisi lapangan saat itu.

Kemisteriusan ini berlanjut dengan adanya percobaan  penembakan terhadap presiden ketika presiden sedang berlibur.

Kejanggalan ini diketahui oleh Han tae kyung (agen han),  karena mana mungkin ada orang luar bisa masuk dalam kawasan VIP, dengan penjagaan yang sangat kuat. Sudah pasti ada penyusup dalam secret service.

Penembakan ini berlangsung tepat jam20.00, dimana sebelumnya terjadi pemadaman listrik tiba-tiba di kawasan tersebut, pemadaman listrik ini menggunakan EMP (electromagnetic pulse), dimana dengan adanya EMP ini tak hanya listrik saja yg mati, tapi seluruh alat-alat elektronik, semacam HP, HT, telepon, semuanya mati, jadi bagaimana bisa penyusup dari luar bisa masuk?

Dari sinilah diketahui bahwa banyak spy didekat presiden, termasuk pada secret service-nya. Maka dimulailah penyelidikan yang berlangsung 3hari dari mulai aksi penembakan terhada presiden.

Awal penyelidikan agen han, diketahui bahwa kasus ini ternyata ada campur tangan dari pihak pendukung presiden dahulu (semacam sekutunya), yang terdiri dari para pengusaha dan pejabat militer. Kasus ini berkaitan dengan kejadian tahun 1998, dimana kejadian ini menewaskan banyak penduduk sipil dan militer di daerah Yan jiri. Latar belakang kejadian 1998 ini terkesan ditutupi, karena ada ‘permainan’ dibalik layar antara preside, kim do jin, dan sekutu lainnya, yang akhirnya harus mengorbankan rakyat dan militer di daerah tersebut, karena terjadi pertempuran yang sangat parah di daerah tersebut.

Penyelidikan oleh agen Han terus berlanjut, hingga diketahui ada smcam konspirasi di tubuh blue house (kalau di Indonesia semacam di istana negara).

Presiden menyadari hal tersebut, sehingga presiden sangat berhati-hati dalam bertindak. Presiden tau tentang bagaimana kepatuhan seorang agen Han, maka presiden, agen han, polisi wanita dan prosecutor  bekerja sama untuk menguak ‘permainan’ oleh orang orang dibelakang layar.

Orang-orang di belakang layar yang merencanakan konspirasi ini adalah orang-orang terdekat presiden dahulu (semacam sekutu, yang mendukung keberhasilan pemiihan presiden) yang terdiri dari kim do jin (pemilik perusahaan besar Jaesin, yang bergerak dibidang persenjataaan), dan pengusaha-pengusaha lainnya, serta salah satu pembesar militer korea.

Penyelidikan demi penyelidikan, perkelahian demi perkelahian, strategi demi strategi disusun apik oleh agen han, polisi anita, prosecutor, dan presiden, demi mencari bukti dan saksi untuk menangka Kim do Jin dan sekutunya. Tak mudah memang, karenan body guard strategi licik kim do jin yang juga terstruktur rapi. Ada kalanya, ketika bukti sudah ditangan, tapi gagal atau dibunuh oleh Kim do jin, karena, strategi kejahatannya yang bagus.

Namun, pada akhirnya, akhirnya presiden dengan bantuan agen han, polisi dan militer, dapat mengalahkan Kim D Jin dan sekutunya. Di Akhir cerita, demi nyawa warga sipil didaerah Yan Jiri, Presiden menerima permintaan Kim Do Jin untuk bertemu empat mata tanpa ada siapapun. Padahal kondisi saat itu sangat rentan ketika presiden harus bertemu sendirian dengan kim do jin, karena taruhannya nyawa presiden. Kim Do Jin orang yang licik, dan jahat, dia tidak segan-segan menembak presiden ataupun meledakkan bom, ketika presiden tidak mau menuruti permintaannya. Akhirnya, ketika bertemu Kim Do jin, presiden tetap kuat dengan pendiriiannya, tidak akan mengkhianati warga dan negara nya seperti dahulu lagi, dia berlepas tangan. Ketika meninggalkan Kim do jin, ada bom meledak dibelakangnya, untungnya, ada agen Han, yang yang menysul presiden, dan menyelamatkan presiden. Kemudian, Kim Do Jin beserta sekutu-sekutunya ditangkap.

Cerita selengkapnya silahkan di tonton sendiri. ☺

~~~~~~~~~~~

Drama korea yang berjumlah 16 episode ini, bergenre action, thriller,  menyajikan alur yang susah ditebak, dan banyak kejutan.

Bagusnya film ini karena membawa pesan-pesan penuh hikmah yang terselubung, diantara nya yaitu :

  1. Bagaimana menjadi seorang qiyadah (pemimpin)

Disini memperlihatkan bagaimana sikap presiden yg siap melindungi warga sipilnya. Presiden mengakui, pernah punya kesalahan masa lalu, disaat kejadian 1998, tetapi dia sekarang berubah, tak mau lagi menjadi “falcon dog” (semacam kaki tangan nya orang-orang amerika, yang demi uang dia mau di”stir” oleh amerika).

Disini,  Presiden menunjukkan bagaimana seorang pemimpin itu  mempunyai keteguhan prinsip dan ketegasan.

Iya, begitulah seorang qiyadah, memang tak luput dengan luput, tapi dia tetap lah qiyadah yg siap memperbaiki diri dan memimpin para jundi nya.

Tak ada qiyadah yang sempurna. Manusia yang paling sempurna adalah Rosulullah saw., maka sudah seharusnya kita meneledani Rosulullah untuk belajar menjadi seorang qiyadah.

Sekali lagi,

“Qiyadah itu bukan orang yg terbebas dari kesalahan, arogansi, serta otoriter”

Rosulullah saja selalu mengajarkan bermusyawarah dengan para sahabat, ketika akan memutuskan suatu masalah. Misalnya, Rosulullah menyusun tak tik, strategi yang handal dengan para sahabat nya ketika akan berperang.

So, tak ada salahnya kita belajar lagi tentang qiyadah wal jundiyah  ☺

  1. Menggambarkan tentang bagaimana sikap seorang Jundi

Disini seorang jundi, agen han (sebagai secret service presiden), sangat tsiqoh terhadap presiden, meski kadang ada keragu-raguan, tetapi dia selalu mengedepankan klarifikasi (tabayun) dengan presiden.

Inilah perlu kita contoh, sebagai seorang jundi, harus ada sikap tsiqoh, tak taqlid buta, dan budaya tabayun  ketika ada sesuatu yang dirasa janggal.

Selain itu, disini kita belajar untuk tidak bersikap khianat pada pemimpin kita, mengedepankan sikap setia, taat pada qiyadah.

Jika ada ketidaksukaaan, ketidakcocokan, sangat lah perlu untuk segera diklarifikasi dengan yang bersangkutan, tidak hanya mendengar cerita burung dari pihak luar, yang menyebabkan suuzhon atau hingga membenci pemimpin kita.

  1. Mengenalkan kita tentang dunia senjata militer, misalnya EMP (Electromagnetic Pulse)

Kalau secara ilmiahnya seperti ini..

Senjata EMP digunakan untuk merusak peralatan elektronik yang berupa ledakan energi elektromagnetik dalam bentuk radiasi, listrik dan medan magnet. Teorinya, senjata EMP diledakkan di udara di ketinggian tertentu (bom). Pada energi tingkat tinggi, serangan senjata EMP bisa menyebabkan kerusakan yang luas, termasuk komponen pesawat dan seluruh perangkat-perangkat elektronik lainnya. Efek ledakan EMP sendiri tergantung pada beberapa faktor, seperti ketinggian ledakan, energi yang dihasilkan, keluaran sinar gamma, interaksi dengan medan magnet bumi dan pelindung elektromagnetik dari target. (diambil dari : http://beritaduniamiliter.blogspot.com/2013/11/korea-utara-kembangkan-bom-emp-dengan.html?m=1 )

Kenapa disini saya bahas sedikit tentang EMP, karena dalam drama ini, 2kali keadaan saat menyerang presiden, dengan menggunakan trik EMP.

EMP ini juga sudah dimiliki oleh Korut. Saya sendiri kurang tau, apakah di Indonesia sudah ada alat ini??

Kalau membahas EMP, jadi ingat saat di grup tatsqif, menghadirkan tokoh dari Pindad. Beliau memberikan ulasan dan pengetahuan tentang dunia persenjataan militer di Indonesia.

Ibrohnya adalah semoga ini jadi pembelajaran bagi kita bahwa teknologi yang semakin maju ini tidak bisa kita acuhkan, termasuk dunia militer. Karena teman-teman adalah bibit bibit pemimpin di masa depan.

Kalau EMP yang di drama  ini (Korsel) buatan Amrik dengan kerjasama perusahaan Jaesin (korsel), nah siapa tau, kelak negara kita bisa membuat sendiri alat-alat militer yang lebih canggih. ☺

  1. Amanah dalam menjaga kerahasiaan

Menjaga kerahasiaan. Iya. Disini kita diajarkan bagaimana kita menjaga amanah yang rahasia, yang dititipkan ke kita. Kalau memang sudah dipesan ini pesan hanya untuk kamu, ya tolong dijaga kerahasiaanya.

Disini diperlihatkan bagaimana presiden dan para menterinya menjaga kerahasiaan tentang peristiwa 1998, agar tak terjadi salah tafsir di masyarakat, termasuk menjaga kerahasiaan file dokumen dalam bentu softcopy. Lalu bagaimana para secret service menjaga kerahasiaan tentang apapun yang berkaitan dengan VIP (presiden) termasuk aktivitasnya.

Hal ini, ibarat memegang amanah antara qiyadah dan jundi…Harus terjaga benar, jangan sampai ada ‘kebocoran’ d tengah jalan.

Mungkin kita pernah mengenal tentang istilah Amniyah Qiyadah ‘keselamatan pucuk pimpinan’, misalnya pada perang saat si zaman Rosulullah, tata cara shalat di medan perang juga diatur secara tersendiri dalam kondisi ini, hal ini menunjukkan betapa pentingnya memastikan keamanan jama’ah dalam perang sekalipun itu dalam sebuah ibadah fardhu.

  1. Mengorganisir rapi kebaikan

Dalam drama ini mengingatkan saya tentang kejadian 1998 d indonesia. Hampir mirip, korbannya warga sipil dan militer juga. Sampai sekarang pun kejelasan tentang kejadian saat itu masih simpang siur.

Dunia politik memang rumit, kadang penuh konspirasi, bahkan permainannya kadang terlalu cantik, karena sudah disusun dan ditata rapi jauh-jauh hari, sehingga sang pemenang itu belum tentu dari golongan baik, bisa juga dari golongan yang tidak baik.

Karena kejahatan yang terorganisir dengan baik akan mampu mengalahkan kebaikan yang tak terorganisir dengan baik

Maka disinilah peran kita, untuk belajar mengorganisir rapi hal-hal kebaikan.

Diawali dengan hal-hal kecil, dari diri sendiri, kemudian keluarga, lalu masyarakat, negara, dan kemudian untuk semesta…

Kita perlu waspada dengan setiap kejadian yang terjadi disekeliling kita, sensei sering mengingatkan kita, “ketika ada kejadian, kita jangan cuma liat dari sisi mikro nya, tapi lihat lah lebih luas lagi.Karena dengan begitu, kita kan mampu menilai dan bertindak lebih bijak “.

by: Hesti Khuzaimah Nurul Yusufiyah

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

via http://pbs.twimg.com

Bedah Buku Renovasi Negeri Madani

Moderator: Tri Hanifawati Pemateri: Arya Sandhiyudha (Ketua PPI Turki 2014) Tri Hanifawati : Assalamu’alaikum wr.wb. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *