Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Kenapa Kamu Harus Travelling? – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Kenapa Kamu Harus Travelling?

Kenapa Kamu Harus Travelling?

IMG_20180914_185522

Melakukan perjalanan atau traveling bagi sebagian orang bisa menyegarkan pikiran dari penatnya kerjaan, tugas, atau beban rutinitas sehari-hari. Terjebak dengan rutinitas yang sama membuat kita terkadang bosan, mudah stres, dan penat. Namun, tidak jarang kita temui beberapa orang menunda keberangkatan untuk melakukan sebuah perjalanan karena keterbatasan budget atau finansial. Padahal, traveling saat ini sangat murah sekali, bisa disisihkan dari tabungan atau gaji setiap bulannya, atau bahkan memburu tiket promo-promo yang biasanya diadakan jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

Perlu diketahui, bahwa melakukan traveling bukan sekedar bergaya di media sosial, terlebih mengupload penuh foto perjalanan di beranda sehingga teman di media sosial merasa risih dan terganggu. Bukan sebuah apresiasi yang didapat, tapi “unfriend atau unfollow”. Dari sebuah perjalanan, setidaknya kita mendapatkan pelajaran hidup yang berarti.

Selagi masih muda, kamu masih memiliki tenaga dan kemampuan untuk bepergian ke luar negeri dan mengambil makna hidup dari setiap perjalanan yang kamu lalui. Tentu beberapa makna dalam melakukan traveling tidak akan kamu temukan dalam pengalaman lainnya seperti di dunia perkuliahan, sekolah, pekerjaan, bahkan mungkin tidak kamu temukan dalam keluarga. Pencarian makna hidup melalui traveling tentu akan sangat berarti dalam mengubah sikap, persepsi dan pandangan kamu. Dengannya, kamu akan memiliki pandangan yang lebih luas, kebijaksanaan yang lebih bermartabat, dan pemikiran yang lebih matang dari sebelumnya.

Namun, ada beberapa kendala yang akhirnya memaksa seseorang tidak bisa melakukan perjalanan antar kota apalagi antar negara. Kendala yang dihadapi beraneka macam, mulai dari ekonomi, izin dari orang tua, ataupun ketakutan untuk melakukan perjalanan keluar. Pada hakikatnya, tidak ada masalah yang tidak diatasi. Jika tekad kamu sudah kuat, aka nada saja jalan yang bisa dilalui untuk melancarkanmu pergi melakukan traveling.

Dari sekian banyak alas an kenapa kamu perlu traveling, pada intiny akamu perlu melepas sejenak beban pikiran dari kegiatan sehari-hari. Tapi kami akan membahas alasan kenapa kamu harus melakukan traveling dari sekarang, apa saja itu? Mari kita simak.

*Lebih Mandiri*
Ketika melakukan traveling ke luar negeri, tentu akan menjadi tantangan baru dalam hidupmu. Terlebih jika kamu melakukan solo traveling, kamu tidak bisa mengandalkan siapapun kecuali dirimu sendiri. Apa yang harus kamu lakukan? Kamu harus lebih mandiri, memutuskan kemana langkah akan berjalan, tempat wisata mana yang akan dikunjungi, atau arah mana yang akan dituju. Kemandirian di luar negeri bisa jadi mematangkan kepribadianmu.

*Pengalaman berharga.*
Melakukan traveling ke luar negeri bukan berarti sedang menghambur-hamburkan uang secara cuma-cuma. Tentunya, ada makna dibalik pengorbanan finansial, yaitu pengalaman berharga yang tidak akan kamu dapatkan jika uang kamu habiskan hanya untuk hal yang sia-sia. Kawan, pengalaman berharga yang kamu dapatkan ketika melakukan traveling, bisa jadi tidak akan didapatkan oleh orang lain meskipun lokasi dan tujuannya sama. Tentunya, pengalaman ini akan sangat mahal melebihi sekedar recehan rupiah yang bisa habis begitu saja. Pengalaman ini bisa kamu simpan dan ceritakan ke anak cucumu nantinya. Jadi, selagi masih muda, kenapa tidak traveling saja?

Pengalaman berharga ketika traveling juga bisa kamu dapatkan dengan berdiskusi dengan sesama traveler. Bisa jadi mereka memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan kita. Jadi meskipun traveling, jangan lupa memulai sebuah percakapan dengan orang di sekitar kita, bukan mengabaikan momen berharga tersebut. Begitu pula dengan perjalanan kita, betapa banyak inspirasi menarik yang akan menjadi topik untuk diceritakan ke orang lain agar melakukan traveling juga.

*Bertemu dengan Orang-Orang Baru*
Tidak dipungkiri bahwa di setiap perjalanan, kamu akan menemukan orang-orang baru, suasana baru. Disitulah kesempatanmu untuk membuka dialog bersama mereka. Kamu bisa menjadi pendengar yang baik dari kisah-kisah mereka yang tentunya akan menginspirasi hidupmu. Bisa jadi kisah mereka membuatmu lebih memaknai hidup dan mendapatkan inspirasi baru ketika kembali dari traveling.

*Melihat Keindahan Dunia*
Traveling ke luar negeri akan membuatmu merasakan bagaimana keindahan dunia yang terhampar luas. Selain melihat budaya dan masyarakat yang berbeda dengan di Indonesia, tentunya kamu akan melihat suasana, alam, dan karakter yang bisa jadi jauh berbeda dengan di Indonesia. Dengan melakukan traveling, kamu akan lebih mengenal dunia. Saat traveling ke luar negeri, kamu akan melihat suasana yang jarang sekali kamu temukan. Tentunya, hal tersebut akan memberikan warna baru di kehidupanmu. Pikiranmu akan lebih berkembang, tidak hanya memikirkan percintaan, gaji, kenaikan pangkat, atau KPI dari perusahaan. Dengannya, kamu akan mendapatkan petualangan baru, pandangan fresh, dan suasana yang tidak tergantikan.

*Temukan Jati Dirimu*
Tidak sedikit traveler yang akhirnya menemukan jati diri mereka selepas dari perjalanan yang mereka lalui. Mereka akhirnya lebih matang dalam menjalani kehidupan dan merencakanan masa depan. Jadi, kapan kamu mau menemukan jati dirimu kalau tidak dari sekarang? Ayo traveling.

*Hidupmu Terlalu Sayang Jika tidak Berpetualang.*
Hidup kita terlalu hambar jika melewati rutinitas dengan waktu, tempat, dan lingkungan yang sama. Traveling bisa menjadi bumbu hidup yang akan menjadi penyedap dalam rutinitas kamu. Jika kamu merasa penat dengan aktivitas sehari-harimu, kamu bisa melakukan traveling. Jika kamu merasa waktumu terlalu berharga hanya untuk sekedar jalan-jalan, kamu bisa mengunjungi tempat yang jarang kamu kunjungi di sekitarmu. Luangkan waktumu meskipun hanya sebentar

Ketika kamu melakukan traveling, kamu akan mengunjungi tempat baru, suasana baru, dan tentunya jika kamu melakukan traveling ke luar negeri kamu akan menemukan budaya baru. Kamu akan menemukan petualangan-petualangan baru yang tidak akan kamu dapatkan ketika hanya berdiam diri dirumah, kelas, atau kantor. Kamu perlu keluar. Melihat indahnya dunia luar, petualangan yang lebih seru, menegangkan, dan tentunya menginspirasi. Coba saja bayangkan, jika kamu berpetualang sendirian ke Jepang, apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu akan menemukan hal-hal baru yang belum pernah kamu lalui daripada sekedar menonton video vlog seorang traveler yang mengulas Jepang. Kamu akan merasakan keseruan yang menjadi pengalaman pribadi yang tidak terlupakan. Tentunya, jika kamu melakukan traveling ke tempat baru, kamu akan bingung arah, tujuan, rasa makanan yang berbeda, bahkan hal-hal tabu yang dilakukan di tempat tersebut.

Jadi kawan, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan traveling. Mulai dari sekarang, kamu hanya akan menjadi pendengar setia kisah traveling orang lain atau akan membuat jejakmu sendiri? Tujuan seorang traveler bukanlah pada destinasi, melainkan cara dia untuk melihat sesuatu yang baru. Mumpung masih muda dan masih sehat, kamu memiliki kesempatan besar untuk melakukan traveling ke tempat-tempat baru. Yuk kita traveling sekarang juga!

 

13 September 2018

Izzur Rozabi

About Admin

Check Also

gurindam picture

Bedah Gurindam Dua Belas Pasal

BINCANG-BINCANG MALAM Tema : Bedah Gurindam Dua Belas Pasal Narasumber : Siti Maryam Purwoningrum pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *