Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Keterpaduan Integrasi Pendidikan – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Keterpaduan Integrasi Pendidikan

Keterpaduan Integrasi Pendidikan

integrasi pendidikan
via www.beasiswajogja.org

Dalam dinamika pemberitaan yang gencar memasuki semester baru di tahun pelajaran 2015/2016 yaitu dengan pergantian kembali ke kurikukum 2006 atau kurikulum 2013.

Kita meyakini bahwa pemerintah sekarang telah membuat beberapa pertimbangan-pertimbangan untuk megimplementasikan kurikulum yang baik dalam sistem pendidikan di Indonesia. Jika kita melihat lebih dalam kuikukum ini tidak diganti akan tetapi diperbaiki dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Keberhasilan pendidikan ini tidak hanya semta tentang kurikulum yang penting adalah tujuan pendidikan bisa tercapai.

Upaya mencapai tujuan pendidikan nasional ini tentunya tidak akan terlepas dari peran mitra-mitra sekolah. Jika kita lebih memperdalam komponen mitra sekolah adalah siswa, guru, orang tua /wali murid, komite, alumni, dinas/yayasan dan para pengguna lulusan.

Keberhasilan sebuah proses pendidikan tidak hanya ditentukan oleh guru dan siswa saja tetapi juga dukungan orang tua serta dinas/yayasan yang terkait.

Dukungan ini tidak hanya sebatas terkait finansial dan waktu saja akan tetapi dukungan yang benar-benar sistematis dan terpadu terutama berkaitan denga  keseharian siswa yaitu orang tua.

Sistem keterpaduan peran dan fungsi orang tua dan sekolah terhadap pendidikan anak sangatlah penting. Sebagai contoh orang tua hanya datang ke sekolah hanya saat mengambil hasil belajar siswa dan kelulusan siswa berarti 1 tahun hanya 2 kali otomatis interaksi orang tua sangat terbatas dengan sekolah.

Melihat kondisi tersebut, maka perlu langkah untuk memberikan ruang lebih interaksi orang tua dan sekolah sehingga proses pendidikan anak berjalan linier. Antara orang tua dan sekolah sejalan visi dalam membentuk anak selama proses pendidikan.

Sarana yang efektif salah satunya melalui forum komnikasi intens resmi dari sekolah untuk mewadahi orang tua dan sekolah melalui wali kelasnya. Contoh Program-program yang bisa dilakukan antara lain: kunjungan ke rumah siswa per kelas secara bergilir tiap bulan, belajar kelompok di rumah siswa, Pertemuan orang tua khusus inisiasi forum orang tua dengan diisi materi pengembangan pendidikan dan sarana koordinasi serta sharing mencari solusi permasalahan anak yang bisa di lakukan di rumah makan atau tempat yang menyenangkan.

Sebuah kolaborasi yang baik ini dapat menumbuhkan tanggungjawab yang nyata bahwa pendidikan merupakan pilar utama pembangunan bangsa dalam membentuk generasi emas kedepan. Kata kunci kolaborasi dan keterpaduan ini akan bisa  menjadi salah satu solusi peningkatan kualitas pendidikan. Sehingga bisa dilihat 3 pilar yaitu orang tua, sekolah, dan negara (pengguna lulisan). Tidak hanya kolaborasi riset ABG, tetapi juga dalam pendidikan terdapat kolaborasi yang senada yaitu OSN. Semoga dengan adanya bonus demografi, Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan sekarang.  Dalam Alqur’an disebutkan “Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” Surat Al mukminun: 115.

Generasi yang lahir ini akan menentukan nasib bangsa kedepan. Dan dalam surat Al jumuah disebutkan : “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Setelah terbentuk generasi emas yang hebat maka dapat menyebarkan kebaikan dengan bertebaran di muka bumi ini.

Heru
Solo, 16 Desember 15

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *