Home / Pengetahuan Umum / Klaim Khasiat Obat Tradisional

Klaim Khasiat Obat Tradisional

image Klaim Khasiat Obat Tradisional
http://repastrepost.blogspot.com/2016/09/sejarah-jenis-dan-manfaat-obat.html

Di Indonesia obat tradisional dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Jamu
  2. Obat Herbal Terstandar (OHT)
  3. Fitofarmaka

Bedanya?

Pertama bisa kita liat dari logonya

Kedua dari definisi masing-masingnya

Setelah liat dan baca ini berarti bisa ya menentukan kalo obat tradisional pada gambar di atas golongan obat tradisional apa?

Nah, jamu ini beberapa bulan yang lalu sempat viral karna di beritakan oleh banyak media dapat menyembuhkan pasien covid-19. Kontroversi juga karena mendapatkan izin edar yang super kilat dari BPOM. Tapi Alhamdulillah udah diklarifikasi oleh BPOM mengenai klaim khasiat jamu herbavid-19 ini.

Klaim Khasiat

Supaya tidak salah paham, apalagi dengan pemberitaan media yang terkadang keliru, maka kita harus tahu mengenai pedoman atau aturan klaim khasiat pada obat tradisional. Berbeda dengan obat sintetik yang hanya mengandung 1 hingga 2 senyawa aktif pada umumnya, dan bekerja pada target terapi yang jelas (enzim, hormon, reseptor, dll).

Berbeda dengan obat tradisional seperti jamu memiliki puluhan mungkin ratusan senyawa yang bisa jadi berefek baik bagi tubuh atau malah merugikan bagi tubuh. Kemudian target terapinya juga tidak diketahui secara jelas, sehingga klaim khasiatnya tidak bisa disamakan dengan obat sintetik (misal sebagai antiviral, antihipertensi, antidiabetes, dll).

Berikut beberapa klaim khasiat obat tradisional yang diperbolehkan oleh BPOM :

Bisa dibaca dibagian yang saya tandai, bahwa terdapat tiga macam jenis klaim untuk obat tradisional, disesuaikan dengan uji yang telah dilalui obat tradisional (disesuaikan dengan golongan obat tradisional apa)

Berikut klarifikasi dari BPOM setelah viralnya herbavid-19 sebagai obat covid-19 yang diberitakan di berbagai media

Hati-Hati!

Dalam menggunakan obat, baik obat tradisional maupun obat sintetik, jangan mudah percaya dengan iklan, pemberitaan di media, maupun dari perkataan orang lain yang bukan ahli dibidang tersebut.

Obat adalah senyawa yang memiliki efek terapi jika digunakan pada kondisi penyakit/pasien yang tepat, dosis yang tepat, waktu pemakaian yang tepat. Jika tidak, maka obat tersebut bisa jadi racun bagi tubuh sendiri.

Untuk apapun jenis obat-obatnya, coba lakukan KLIK BPOM terlebih dahulu, lihat apakah obat yang akan dikonsumsi memiliki izin edar, juga liat tanggal expired nya, jika terdapat brosur obat didalam kemasan obat maka bacalah dan pahami, kemudian bertanya pada apoteker tempat kita membeli obat untuk informasi penting mengenai obat yang akan dikonsumsi.

Sekian kulsap saya hari ini, terimakasih untuk waktu dan kesempatannya, semoga bermanfaat

Dian Mutia

About Admin

Check Also

image Menumbuhkan Minat Baca

Menumbuhkan Minat Baca

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh Kulsap saya kali ini adalah tentang trik menumbuhkan minat baca. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *