Home / Hikmah Kehidupan / Konsep Pendidikan Islam

Konsep Pendidikan Islam

Berangkat dari kegelisahan seorang pemikir pendidikan yaitu Al-Attas tentang terjadinya degradasi dalam pendidikan Islam yang disebabkan oleh modernisasi, akhirnya membuat beliau merumuskan konsep pemikiran pendidikan Islam yang berawal tentang Islamisasi ilmu pengetahuan, yang mengalir kedalam wilayah filosofis pendidikan Islam.

Menurut Al-Attas pendidikan haruslah mencerminkan manusia dan bukan negara. Karena insan yang paripurna harus menjadi model bagi perumusan sebuah universitas. Sosok model paripurna yang dapat kita jadikan sebagai contoh seperti Rasullullah SAW, yang dari beliau menjadikan kita berikhtiar untuk melahirkan manusia-manusia yang baik.

Al Attas menyakini bahwa persoalan fundamental pendidikan Islam berasal dari kecerobohan orang-orang dalam memformulasikan dan mengembangkan rencana pendidikan yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang terintegrasi. Maka konsep dan pola pembaharuan pendidikan Islam terletak pada sistem dan tujuannya.

Dari gagasannya yang dibuat, Al-Attas menawarkan sebuah hierarki ilmu pengetahuan, yakni ilmu pengetahuan fardhu ‘ain adalah ilmu wajib yang harus dipelajari oleh seorang sebelum ia menuju ke fardhu kifayah. Bila sistem hierarki ini direkonstruksi kedalam sebuah pendidikan Islam yang formal,maka hal tersebut cukup relevan. Kurikulum institusi pendidikan berupa madrasah maupun pesantren sudah dapat mencakup kedua ilmu tersebut. Pesantren modern berhasil memberikan bentuk gabungan antra fardhu ain dan fardhu kifayah. Hanya saja gabungan keduanya baru bersifat integrasi yang dipelajari bersamaan dan belum terintegral satu dengan lainnya.

Kedua konsep struktur keilmuan yang ditawarkan oleh Al-Attas menunjukkan adanya perkembangan ilmu fardhu ain (ilahiah) dan ilmu fardhu kifayah (capaian) yang tidak statis. karena kedua ilmu tersebut yaitu ilmu fardhu ain dan fardhu kifayah dapat terintegralkan secara satu sama lain.

Maka sangat jelas bahwa konsep pendidikan yang ditawarkan oleh Al-Attas tersebut masih relevan bila dikaitkan dengan era pendidikan saat ini.

MAIDA SARI

Referensi:
Al-Attas, Syed Muhammad Al-Naquib, konsep pemikiran dalam Islam, Bandung:Mizan, 1992

Badaruddin, Kemas, Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Dr. Syed Muhammad Al-Attas Naquib, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Daud, Wan Mohd Nor Wan, Filsafat dan Praktik Pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Bandung: Mizan, 1998

About Admin

Check Also

Via Remajaislmahebat.wordpress.com

Menyiapkan anak memasuki masa dewasa

Assalamu’alaykum wr wb, Beberapa waktu lalu tak sengaja melihat postingan ustadz Moh Fauzil Adhim di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *