Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Kopi – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News

Kopi

Kopi itu minuman yang berkarakter, beberapa orang layaknya chef kuliner pergi ke luar negeri untuk belajar bagaimana membuatnya.

Ya hanya untuk menciptakan segelas kopi yang bahannya cukup sederhana kopi, gula atau krimer, beberapa orang pergi untuk sekolah menjadi seorang barista.

Karakter minuman kopi terletak dari setiap bentuk olahan yang dihasilkan, berbeda dengan minuman teh, keunikan minuman teh dilihat dari cara penyajiannya, seperti tradisi minum teh di Jepang.

Dikutip dari buku filosofi kopi dewi lestari, mulai dari kopi tubruk hingga cappucino memiliki arti filosofi tersendiri.

Cappuccino adalah kopi untuk orang yang menyukai kelembutan sekaligus keindahan, sementara Café latte meski penampilannya cukup mirip dengan cappucinno tapi cappuccino lebih membutuhkan standar penampilan yang tinggi.

Capucinno tidak boleh kelihatan sembarangan kalau bisa terlihat seindah mungkin. Seorang penikmat cappuccino sejati, pasti akan memandangi penampilan yang terlihat di cangkirnya sebelum mencicip. Jika dari pertama sudah kelihatan acak-acakan dan tak terkonsep, bisa-bisa pecinta cappucino tidak mau minum.

Sementara kopi tubruk itu lugu, sederhana tapi sangat memikat kalu kita mengenalnya lebih dalam. Kopi tubruk tidak peduli penampilan, kasar, membuatnyapun sangat cepat, seolah-olah tidak membutuhkan skill khusus. Kedasyatan kopi tubruk terletak pada temperature, tekanan dan urutan langkah pembuatan yang tepat,
Setiap kopi yang sudah ada di atas meja kita dengan segala filosofinya dan kemewahan atas segala racikannya tidak lantas memberikan kemewahan juga bagi para petani kopinya.

Aceh selain terkenal sebagai daerah serambi mekah, menurut saya aceh juga bisa disebut sebagai daerah seribu warung kopi :). Setiap 1 km daerah aceh untuk kota kabupaten tidak lepas akan keberadaan warung kopi.

Penghasil kopi terbaik di aceh terletak di bagian tengah wilayah aceh dan suku yg mendiami wilayah tersebut adalah suku gayo, karenanya kopi yang berasal dari sana disebut kopi gayo. Kejayaan akan petani kopi aceh ini ditandai sebelum para tengkulak kopi medan memasuki aceh. Cerita lama yang dialami petani, bahwa tengkulak ini membeli dengan harga rendah dan mematikan jalur distribusi kopi aceh.

Banyak petani kopi di daerah gayo yang tidak bisa berkembang karena penjualan mereka sudah di blok oleh tengkulak yang berasal dari medan. Beberapa petani kopi tidak bisa menjual langsung sendiri dalam jumlah partai besar selain ke tengkulak medan. Cara yang bisa diantisipasi dari kondisi ini adalah membuat pabrik pengolahan kopi langsung di daerah, sehingga petani kopi dapat langsung merasakan manfaat dari hasil kebun kopi nya.

Kopi arabica gayo sendiri merupakan kopi organik terbaik di dunia, kopi gayo telah mendapatkan Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade pada tanggal 27 Mei 2010, dan menerima sertifikat IG (Indikasi Geogafis) yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia serta Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kopu Arabika Gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score.

Untuk penyajiannya sendiri ada tiga kopi jenis kopi di aceh, diantaranya kopi kop yang hanya bisa ditemui di meulaboh yang disajikan mirip dengan kopiah teuku umar, kopi sanger yang merupakan campuran kopi dengan susu, sanger sendiri singkatan dari “sama-sama ngerti”, dimana kopi sanger lahir dari ide mahasiswa yang sedang tidak memiliki uang tapi ingin minum kopi sehingga jadilah mereka membuat kopi dengam ditambah susu. Kopi weng atau kopi yang dibuat dengan cara diterbangkan (weng bahasa aceh) dan di saring dengan kain dan hampir mirip membuatnya dengan kopi tarik malaysia.

Kopi memiliki cerita tersendiri sehingga ia bisa hadir di meja kita dengan berbagai macam karakter penyajian.

Tulisan ini dibuat untuk mengenal kopi aceh dan ketika teman ingin mencari sumber kopi untuk diekspor ke itali serta penelitian pembuatan minyak kopi sekaligus moment yang pas di hari international kopi 1 oktober 2015 dan festival kopi di Banda Aceh 🙂 kemudian saya kulsap di MJR ^^v

Nisa

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *