Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Kriptografi – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Diskusi Pakar / Kriptografi

Kriptografi

BINCANG-BINCANG MALAM
Tema : Kriptografi
Narasumber : Akhmad Arfaq Rosyada
Moderator : Arni Oktaviani
@19 Maret 2016, Pukul : 20.00 wib
Rumah: Telegram MJR-SJS

ARN
Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayahNya, sehingga dapat berkumpul di Bincang Malam yang penuh berkah ini in syaa Allah. Kedua, shalawat serta salam senantiasa kita haturkan kepada Rasulullah SAW.
Tema yang akan d bahas pd bincang2 malam ini yaitu mengenai Kriptografi. Ada yang sudah tahu? Kriptografi adalah teknik menyembunyika data, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan oleh narasumber kita malam ini. Kepada pemateri dipersilahkan.

AAR
Bismillahirahmanirahim, Assalamu’alaikum Warahmatullah
Selamat malam semuanya, kebetulan kemarin saya sempat menyimak kulsap dengan tema yang mengandung kata ‘grafi’, karena permintaannya cukup mendadak, satu kata yang terlintas di otak saya adalah Kriptografi. Saya mendapatkan ilmunya di bangku kuliah, semester 4, 2 tahun yang lalu. Hanya 2 sks sih, namun saya mendapatkan satu hal yang berarti, teringat sampai saat ini. Baiklah kita mulai masuk ke materi..

Kriptografi adalah teknik untuk menyembunyikan data. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan data yang ingin dirahasiakan dari pihak-pihak yang tidak diinginkan. Walaupun misalnya, data tersebut sudah berhasil diambil oleh orang lain, orang tersebut belum tentu bisa membacanya. Karena bentuk dari data tersebut sudah diacak dengan metode tertentu sehingga menjadi bentuk yang sulit untuk dipahami. Hanya pihak-pihak yang mengerti tentang metode pengacakannya saja yang dapat membaca data tersebut. Materinya tidak terlalu banyak, tapi agak mikir sedikit, jadi perlu lebih fokus nyimak setiap penjelasannya.
Teknik Kriptografi ini sudah digunakan di jaman dahulu saat terjadi perang, karena dalam kondisi tersebut, setiap informasi sangat dirahasiakan terutama yang berkaitan dengan strategi perang. Metode sederhana pengiriman informasi rahasia yang pernah dilakukan adalah dengan menuliskan pesan pada kulit kepala seseorang. Dan mengirimkannya saat rambut sudah tumbuh. Sehingga walaupun orang tersebut tertangkap, musuh tidak mudah untuk mendapatkan informasi tersebut karena letaknya disembunyikan. Metode lain yang pernah digunakan adalah seperti gambar berikut.

kripto1

Gambar tersebut menunjukkan sebuah informasi yang didapatkan dari sebuah kertas, atau mungkin kulit di masa itu, yang dililitkan pada batang kayu. Sebelum dililitkan, kertas tersebut hanya terlihat seperti tak mengandung informasi, karena hanya sebuah kertas panjang yang berisi huruf-huruf yang tidak dapat dibaca. Hal yang sangat penting dari metode tersebut adalah jarak antar huruf dan diameter kayu. Jika tidak sesuai, maka kombinasi huruf masih terlihat acak dan sulit dimengerti.

FAW
Profesinya Sophie Neveu di Da vinci Code itu sbg ahli kriptografi

Mry
Pakai kertas papyrus?

ARR
Kertasnya kurang tau, saya cuma paham tentang metodenya. Selain itu, ada juga metode lain dengan penggeseran huruf dengan menggunakan alat seperti gambar berikut.

kripto2

Setiap huruf di pesan asli dituliskan dengan huruf lain sesuai dengan penggeseran posisinya yaitu huruf di lingkaran luar digantikan dengan huruf di lingkaran dalam. Misalnya informasi yang ingin disembunyikan adalah “SIAPKAN PASUKAN”. Huruf S dituliskan menjadi F, I menjadi V, A menjadi N, dan seterusnya. Sehingga terbentuk pesan acak yaitu “FVNCXNA CNFHXNA”

Mry
Bahasa apa itu?

ARR
Bahasa Indonesia mbak, cuma diacak penulisannya. Adapun beberapa istilah yang sering digunakan pada Kriptografi adalah sebagai berikut :
1. Plaintext = pesan asli
2. Ciphertext = pesan acak
3. Enkripsi = proses pengacakan pesan asli menjadi pesan acak
4. Dekripsi = proses penyusunan pesan acak menjadi pesan asli
5. Key = kunci pengolahan pesan
Secara garis besar, proses dalam Kriptografi adalah sebagai berikut

kripto3

Penjelasannya :
Sebuah pesan dimasukkan dalam proses pengacakan dengan menggunakan parameter sebuah kunci, sehingga dihasilkan sebuah pesan acak. Pesan acak tersebut dimasukkan dalam proses penyusunan pesan dengan parameter kunci yang sama. sehingga dihasilkan sebuah pesan yang dapat dibaca.

IQB
Metodenya apa aja Mas?

ARR
Wah, lupa namanya. Mungkin bisa menambahkan mas? yang saya ingat ada metode Caesar dan substitusi. Caesar seperti huruf pada lingkaran di gambar atas, penggeserannya 3 huruf ke kanan, huruf paling kanan kembali lagi ke awal paling kiri. untuk penggeserannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan dengan parameter kata kunci setiap huruf di kata kunci dijadikan angka, dijumlahkan, dan dijadikan jumlah penggeseran huruf.

IBN
Mau nanya kak ARR apakah kode kriptografi bisa di pecahkan menggunakan metode matematis ?

ARR
Bisa, tapi cukup sulit, tergantung orang yang buat algoritma pengacakan data. semakin banyak pengolahan yang dilakukan, semakin sulit pemecahan polanya.

IBN
hmm di web2 sudah ada kan yah aplikasi untuk memecahkan kode kriptografi, nah mereka itu seringnya pakai metode apa kok bisa mecahin semua kodenya ? berarti tergantung berapa metode yang dipakai yah untuk mengenkripsi sebuah data ?
ARR
saya belum pernah mempelajari kasus ini, setahu saya harus punya algoritma pembalikan pengacakan data baru bisa membaca datanya kecuali kalau metode enkripsi yang digunakan metode umum yang sudah banyak tersedia penerjemahnya.

IBN
metode yang sering dipakai emang apa kak ?

ARR
setau saya ada MD5 yang bisa digunakan di web. mungkin sebagai gantinya bisa main-main dengan enkripsi data di aplikasi inihttp://darkside.a7xguild.pw/ . Itu web enkripsi teks yang saya buat dulu buat tugas di matakuliah, disana ada penjelasan pengolahan datanya juga. Sebenarnya kriptografi memang bagian dari jaringan, kalau saya lebih melihat di sisi pemrogramannya. seperti web saya buat itu, lebih fokus ke pengolahan datanya, bukan ke penerapannya seperti di jaringan. Jadi dari perhitungan matematikanya, menjadi algoritma yang bisa dipahami mesin. Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika banyak kekurangan. Jika masih ada yang perlu didiskusikan silahkan, jika tidak ada jangan dipaksakan.

FAW
Terima kasih banyak sudah berbagi ilmu, Mas ARR. barakAllah…

AFB
Nonton diehard 5. Ketika programmernya coba memecahkan kunci brangkas data militer AS. Yang ternyata pakai algorithm-nya sendiri, Dan akhirnya terbuka, Itu salah satu kegunaan Kriptologi/kriptografi.

ARR
Sama-sama, semoga bermanfaat. Sekolah Tinggi Sandi Negara -> yang lebih fokus ke bidang ini

ARN
Jazzakallah kepada mas ARR yang sudah berbagi ttg kriptografinya. Kita bisa menyembunyikan semuanya dari manusia, tetapi dari Allah? Maka tetap berhati-hatilah dalam bekerja. Demikian Bincang Malam hari ini . Mari akhiri dengan ucapan :
Syukur , Istighfar, dan disempurnakan oleh Doa Kafaratul majelis
Semoga kebersamaan malam ini bermanfaat dan barokah.
Wassalammualaikum wr wb

About Admin

Check Also

image mjr

Pengalaman dan Perjalanan 21 Hari Misi Kemanusiaan di Suriah #1

with Theme : Pengalaman dan Perjalanan 21 Hari Misi Kemanusiaan di Suriah Facilitator : ARH ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *