Home / Hikmah Kehidupan / Manajemen Waktu

Manajemen Waktu

Bismillah.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Walaupun sudah agak malam, izin untuk kulsap sedikit.

Manajemen Waktu

Jangan berpikir dan mengatakan bahwa anda tidak memiliki waktu karena orang lain dan anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri. Bisa jadi banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan dunia akhirat.

Untuk meraih kesuksesan tersebut saya akan menyampaikan sedikit tipsnya.
Tips manajemen waktu:

1. Sadar Bahwa Manajemen Waktu Adalah Hal yang Penting. Semua orang memiliki waktu yang sama 24 jam sehari. Kita harus memprioritaskan waktu se-efisien mungkin. Waktu di sini sangat berefek yang luar biasa apalagi menjelang dan saat menjalani ramadhan dengan adanya program ODTJ manajemen waktu sangatlah penting terutama untuk saya pribadi.

2. Lihat Apa saja yang Bisa Membuang Waktu. Sering tanpa sadar kita melakukan hal-hal yang tidak penting dan bahkan membuang secara percuma. Misalnya browsing internet masalah yang tidak terlalu penting, mantengin hp tanpa henti, chatting yang tidak bermanfaat, Upss. Tapi kalo chatting di grup ini (ODOJ MITI) menambah ilmu dunia akhirat lho.

3. Tetapkan Tujuan Mengatur Waktu.
Fokus mengatur waktu dengan mengubah kebiasaan Anda. Setelah menyadari dan mengeliminasi hal-hal yang tidak penting, coba untuk menetapkan tujuan yang ingin Anda capai, misalnya: komitmen tiap selesai Sholat 5 waktu tidak main handphone selama 15 menit, sebagai gantinya, kita melakukan tilawah Al-Quran selama 15 menit. Insya Allah target ODTJ tercapai.

4. Mengimplementasikan Rencana Manajemen Waktu. Implementasi di sini, maksudnya kita konsisten untuk mencapai target yang ingin kita capai.

5. Gunakan alat bantu untuk Mengatur Waktu, apa yang perlu diprioritaskan.
Untuk membantu Anda melihat apa yang harus dikerjakan selanjutnya, kapan harus berhenti melakukan sesuatu dan sebagainya.

6. Atur Prioritas
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus membuat daftar prioritas pekerjaan paling penting yang harus dilakukan setiap harinya. Susun prioritas kegiatan yang terdapat di dalam daftar yang anda buat mulai dari yang paling utama hingga paling tidak utama.

7. Belajar untuk Meminta Tolong Kepada Orang Lain.
Jika selama ini anda sulit untuk melakukan sholat malam, mintalah sahabat anda untuk membangunkan, jangan malu untuk meminta tolong kepada orang lain.

8. Buat Jadwal Rutinitas
Jadwal rutinitas harian yang harus Anda lakukan dan ikuti dengan baik. Di sini butuh komitmen dan motivasi dari diri kita sendiri, karena jadwal aktivitas yang dibuat tidak akan berjalan jika kita kurang motivasi.

9. Jangan Membuang Waktu dengan Menunggu.
Manfaatkan waktu untuk sesuatu yang bermanfaat dan produktif. Luangkanlah waktu untuk Tilawah, bukan tilawah di waktu luang.

Inti dari manajemen waktu diatas adalah
Manajemen waktu merupakan ciri keberhasilan anda sebagai pribadi atau pemimpin kelak.
Manajemen waktu merupakan pembelajaran anda dalam pengambilan keputusan, Komitmen, konsisten dan kebijaksanaan dalam pengelolaan waktu, bagi diri sendiri maupun terhadap orang lain.

Mengatur waktu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika selama ini Anda jauh dari kata terbiasa untuk melakukannya. Namun, jika dilakukan secara perlahan, berbagai cara di atas akan sangat membantu Anda untuk mengatur waktu dengan baik. Dan ingat, berkomitmen-lah untuk menjalankannya.

Sekian kulsap singkat dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf.

Supratika, 28 April 2019

About Admin

Check Also

Psikososial untuk korban bencana

Psikososial untuk korban bencana Kali ini saya akan coba mengulas tentang suatu bidang kebencanaan yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *