Home / Dakwah / Manfaat Istighfar

Manfaat Istighfar

istighfar
via nahimunkar.org

Assalamualaikum warahmatuallahi wabarakatuh

Pada kulsap hari ini saya akan membahas tentang manfaat beristighfar.

Istighfar adalah tindakan meminta maaf atau memohon keampunan kepada Allah yang dilakukan oleh umat Islam. Hal ini merupakan perbuatan yang dianjurkan dan penting di dalam ajaran Islam. Tindakan ini secara harfiah dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab astaghfirullah, yang berarti “Saya memohon ampunan kepada Allah”.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang secara sengaja atau tidak sengaja kita melakukan perbuatan dosa.Dosa sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah ibarat noda hitam di dalam hati. Bila seseorang melepaskan diri dari dosa, memohon ampun dan bertobat, hatinya akan cemerlang. Tapi bila ia mengulangi perbuatan dosa, maka noda hitam itu akan bertambah hingga meliputi hatinya. Oleh karena itu, kemudian disyariatkan bagi semua orang untuk memperbanyak istighfar.

Pahala yang ditimbulkan dari amalan ini berhubungan erat dengan janji Allah. Allah telah menjanjikan hadiah bagi siapa saja yang membaca Istighfar. Janji Allah adalah janji yang pasti ditepati. Janji Allah pada orang yang senantiasa membaca Istighfar yang berhubungan dengan rejeki, anak, dan kebahagiaan dunia:

Allah berfirman,Maka aku katakan kepada mereka:Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (QS.Nuh: 10-12).

Para ulama bersepakat tentang wajibnya bertaubat dari dosa kecil maupun dosa besar. Imam al-Ghazali mengatakan bahwa tidak ada dosa kecil kalau dilakukan terus menerus, dan tidak ada dosa besar bila seseorang beristighfar. Taubat erat kaitannya dengan istighfar (mohon ampunan) yaitu perlindungan, pertolongan serta ampunan dengan menundukkan jiwa, hati dan pikiran kepada Allah swt, seraya mohon ampun dari segala dosa. Taubat dan istighfar bukan hanya memohon ampunan dari dosa-dosa yang dilakukan manusia tetapi juga sarana mendekatkan diri kepada Allah. Kaitan antara taubat dan istighfar adalah tidak dapat dikatakan taubat jika tanpa istigfar, atau dengan kata lain istighfar adalah bagian dari taubat itu sendiri.

Manfaat istighfar antara lain:

  1. Membuat hati lebih tenang
  2. Menenangkan diri
  3. Memperkuat iman
  4. Merasakan kehadiran Allah Swt
  5. Menghindarkan diri dari perbuatan jahat
  6. Melancarkan aktivitas dan rezeki

Para ulama menasihatkan agar kita tidak merasa diri lebih baik dibandingkan orang lain. Bahkan terhadap orang yang berbuat dosa besar pun, kita dilarang. Siapa tahu dia bertaubat dan Allah menerima taubatnya, sehingga kondisinya seperti orang yang tidak pernah punya kesalahan karena telah dibuang catatan kesalahannya serta dibuka lembaran baru.

Ada satu hal yang harus diingat, istighfar yang diucapkan bukanlah sekedar ucapan belaka. Harus didasari dari hati, merupakan ungkapan taubat dan permintaan maaf atas segala dosa-dosa kita kepada Allah SWT. Dan jangan mengulang dosa yang telah lalu. Selanjutnya mengiringinya dengan perbuatan baik, dan tetap yakin akan luasnya ampunan Allah yang Maha Pengampun. Mari biasakan diri beristighfar minimal 100 kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat

Winda arliza

About Admin

Check Also

Keajaiban Niat

Bismillaahirrohmaanirrohiim Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh.. Semoga teman-teman MJR sehat dan bahagia selalu, pun Allah senantiasa merahmati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *