Breaking News
Home / Bedah Buku / Mars n Venus in Case

Mars n Venus in Case

My kulsap.

Suatu waktu seorang teman perempuan curhat mengenai hubungannya dengan atasan yang kurang bagus. Dia merasa atasannya yang seorang laki-laki terlalu kaku dan tidak mau mendengar saran darinya. Dia begitu frustasi hingga berdampak pada pekerjaannya. Ini satu dari sekian banyak kasus yang sering saya dapati tentang ketidakcocokan hububungan entah itu hubungan kerja, hubungan bersaudara atau bahkan hubungan suami istri. Saat saya mempelajari sebab musabab masalah tersebut kebanyakan karena masalah komunikasi. Ada pesan yang tidak tersampaikan hingga muncul kesalahpahaman.

Kesalahpahaman sangat sering terjadi antara pria dan wanita.

Salahsatu contoh pemicu pertengkaran ketika seorang perempuan merasa ragu apakah ketika ia berbicara, pria lawan bicaranya tersebut mendengarkan atau mengabaikan.

Masalah seperti ini dibahas John Gray Ph.D. dalam bukunya Mars and Venus in the workplace.

Pada salahsatu bab “Mengapa Pria tidak mendengarkan… atau Apakah mereka mendengarkan?

John Gray dalam bukunya menggunakan kata Mars mewakili kaum adam, dan kata Venus mewakili kaum hawa.
Salahsatu rintangan terbesar yang dihadapi pria dalam memperoleh kepercayaan wanita adalah sikap mereka ketika sering begitu berorientasi pada tugas hingga mengabaikan obrolan ringan dan memberikan kesan tak peduli pada orang disekitarnya.

Wanita menginginkan pria memberikan waktu lebih banyak untuk mendengarkan dan membiarkan wanita dihadapannya bercerita atau berbagi keluh kesah. Cara pria berkomunikasi sering memberi kesan ia tak mendengarkan atau mendukung kebutuhan atau keinginan wanita. Meski seorang pria sangat kompeten untuk memecahkan masalah, seorang wanita takkan bisa mengenali atau menghargai kemampuannya. Ketika wanita merasa diabaikan, tidak dilibatkan, tidak dihargai ia cenderung menarik diri, mengucilkan dirinya yang justru bagi warga Mars itu adalah suatu kebodohan, malah menimbulkan masalah, bukan sebuah pemecahan masalah. Padahal disisi warga Venus, menarik diri berarti ia meminta perhatian lebih, seperti ucapan “selamat tinggal” dengan maksud agar lawan bicaranya meminta ia jangan pergi dulu, tinggallah lebih lama.

Sebuah pepatah di Mars,
Tersinggung berarti menyinggung. Yah, ketika seorang pria meski benar-benar sedang menyinggung, sikap perempuan yang menunjukkan rasa tersinggung akan menimbulkan masalah, padahal masalah itu tak perlu ada jika perempuan menahan diri untuk tidak memperlihatkan rasa tersinggungnya.

Dengan belajar menafsirkan sikap pria, seorang perempuan tidak perlu merasa sakit hati, dan tidak perlu menarik diri, dengan begitu pria akan lebih menghargainya, dan dengan leluasa akan memberikan perhatian atau waktu lebih banyak untuk berbincang.

Tanpa memahami perbedaan-perbedaan kita, pria tanpa sadar menyinggung perasaan wanita, lalu wanita balas membuatnya tersinggung dengan menunjukkan sikap “merasa tersinggung”.

Ketika warga venus berbicara, maka sesama warga venus akan menunjukkan sikap tenang, tatapan monoton menatap wajah atau mata sebagai rasa penghargaan pada lawan bicara. Dengan begitu wanita menjukkan betapa serius ia mendengarkan. Jika yang berbicara seorang warga Mars didengarkan oleh warga venus maka yang timbul dalam benak pria adalah “apakah wanita ini bengong?”, “oh, ia tampak seperti wanita bodoh tak berkedip saat mendengarkan”, “apakah wanita ini pikirannya kosong, ia bahkan tak mengalihkan pandangan”.

Di Mars, saat berbicara maka lawan bicara akan sesekali memalingkan pandangan, lalu berbalik lagi, maka ia menunjukkan bahwa ia memahami isi perbincangan, ia benar-benar tertarik dengan apa yang sedang diperbincangkan. Jika lawan bicaranya adalah wanita, saat memalingkan pandangan maka pria akan tampak sangat tidak memperhatikan isi percakapan, mengusap wajah, atau mata yang terus saja berkedip semaunya akan tampak sebagai bentuk kegelisahan karena tidak tertarik pada tema perbincangan. Itu akan sangat mengganggu dan seolah pria tidak sedang mendengarkan, ia seolah sibuk memikirkan hal lain diluar tema perbincangan.

Seorang wanita merasa seorang pria tidak mendengarkan bila pria mengabaikan apa yang sedang ia katakan. Di tengah-tengah percakapan, pria akan melihat ke arah lain atau memikirkan hal lain. Ketika kembali memusatkan perhatian pada lawan bicaranya, ia akan mengatakan, “kamu tadi bilang apa?”, atau “maukah kamu mengulanginya?”. sikap ini terlihat tidak sopan bagi seorang wanita dan merupakan bukti bahwa pria lawan bicaranya tidak mendengarkan. Dari perspektif pria itu, ia kehilangan fokus beberapa saat dan sekarang sudah kembali. Di Mars, pertanyaannya merupakan bukti bahwa ia peduli dan tertarik.

Ada yang menarik juga dari buku ini,
Pria biasanya tahu apa yang akan mereka katakan sebelum berbicara, tqpi seorang wanita mungkin hanya memulai berbicara dan perlahan-lahan menemukan apa yang ingin ia katakan.
Makanya perempuan prolognya lebih banyak dari isi masalahnya.

Dengan mengetahui perbedaan cara menanggapi dunia Mars dan Venus, setidaknya masing-masing bisa mencoba cara “mendengarkan” yang baik agar pembicara benar-benar merasa didengarkan. Sekian kulsap saya.

Sri Nurpitriani

About Admin

Check Also

Pembuatan Scrapbook

Siti Masyitoh Kulsap saya hari ini menjelaskan tentang apa itu scrapbook? Bagaimana cara membuat scrapbook ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *