Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Cara Menenangkan Bayi

Cara Menenangkan Bayi

Assalamu’alaikum…

Bismillah..

Afwan kulsapnya kemaleman. Baru bisa menenangkan bayi seharian dibawa beraktivitas, mengajar dll.

Masih beradaptasi menjadi new mom. Alhamdulillah bayi saya termasuk yang sangat tenang, bahkan dari lahir hingga usia 3 bulan sekarang ini, bayi saya selalu tenang jika dibawa kemana-mana. Dari kota, luar kota, dalam negeri ampe luar negeri kita jalanin bersama.

Tapi jika dah saatnya rewel, subhanallah sedikit menguji kesabaran. Wkwk…

MasyaAllah betapa menyenangkannya dititipi seorangg buah hati yang menjadi penyemangat dalam setiap hal. Pokoknya bahagianya polll, ga bisa dituliskan dengan kata-kata. Wkwk…

Namun pasti newmom & newdad ga kan tega liat anaknya yang rewel seharian.

Ada sedikit tips ini tuk menenangkan bayi yang menangis, berikut ini metodenya lengkap dengan penjelasannya:

1. Ketika bayi menangis, usahakan angkat bayi ke bahu & ayunkan badan atau berjalanlah. Metode ini menggabungkan kontak fisik antara seseorang dengan bayi, postur tegak & gerak ini merupakan teknik penenangan yang efektif agar mendorong bayi terjaga sepenuhnya.

2. Adalagi metode bedung si bayi atau kita familiarnya dengan istilah bedong. Metode ini membatasi gerak & menambah kehangatan sering kali bisa menenangkan bayi newborn ya… Nah perlu diluruskan juga, bedong bukan bertujuan tuk meluruskan kaki bayi ya… Krn it’s normal klw bayi kakinya ya… Agak sedikit bengkok2 gitu. Qadarullah kan berubah sendiri kok. Tenang aja, keep calm ya moms..

3. Kalau rewelnya dah diambang batas, bisa diberikan dot, karena aktivitas mengisap membantu bayi mengendalikan tingkat gairahnya sendiri. Tapi saya kurang recommend untuk metode ini, lebih baik dot alami aja langsung dari ibunya. Karena pengalaman keponakan saya, diberikan dot awalnya untuk menenangkan dia, tapi cenderung ketergantungan sampai kelas 1 SD masih ngedot. Dan dotnya kagak pernah diganti ampe bolong nya dah ga ketulungan. Wkwk… Kalau diganti dia rewel terus.

4. Org tua dapat berbicara pelan atau putarlah suara berirama karena ritme suara yang terus menerus & monoton seperti detak jam, putaran kipas, atau musik lembut lebih efektif daripada suara yang sebentar-sebentar. Misalnya murottal atau ketika tilawah kedua orang tuanya diperdengarkan pada bayi. Meskipun bayi dalam keadaan tidur, karena hakikatnya pendengaran tidak pernah terhenti meskipun kita tidur sekalipun. Saya sudah membuktikannya diperdengarkan murotal ketika mengandung hingga saat ini membuat bayi saya sungguh sangat tenang. Dan ketika rewel pun, ia langsung diam & tertidur sambil mendengarkan tilawah. MasyaAllah

5. Bisa juga dengan membawa bayi naik mobil sebentar atau ajak jalan dengan menggunakan kereta bayi, ayunkan bayi dengan menggunakan gantungan ayunan. Karena efek dari gerak lembut & berirama jenis apapun membantu bayi tertidur. Metode ini sering kita jumpai dirumah-rumah pemukiman warga yang dekat dengan pedesaan.. Saya belum berani memakai metode ini, karena khawatir jatuh bayinya kalau “digantung”.

6. Pijat tubuh bayi ini metode yang manjur kalau menurut saya, karena membelai batang tubuh & kaki bayi dengan lembut & tak putus-putus bisa menenangkan otot bayi. Tutorial pijat bayi bisa dicek di youtube ya moms.

7. Atau bisa juga menggabungkan beberapa metode 1-6 tadi. Tujuannya agar merangsang beberapa indra bayi sekaligus seringkali lebih efektif dari pada hanya merangsang satu indra saja.

8. Terakhir, bila semua metode ini tidak kunjung berhasil, “membiarkan” bayi menangis untuk sesaat. Ingat ya hanya sesaat, jangan sampai berjam-jam, kasian si doi. Terkadang bayi memberikan respon baik saat diletakkan di tempat tidurnya & beberapa menit kemudian dia akan tertidur. (semoga bukan karena kehabisan tenaga ya moms.) wkwk… Tega nian lah kalau kek gini, kebangetan.

Mungkin sekian kulsap saya kali ini, mohon dimaafkan jika bnyak khilaf & salah. Smoga dapat bermanfaat.

Wassalamu’alaikum dan Jazakumullah khoir.

Ermaniatu Nyihana

About Admin

Check Also

Mr. Sjafruddin Prawiranegara dan PDRI

Pada tanggal 19 Desember 1948 telah terjadi kevakuman pemerintah setelah Presiden Soekarno dan Wakilnya Moh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *