Breaking News
Home / Bedah Buku / Palestina Yang Terlupakan

Palestina Yang Terlupakan

images (7)

Buku ini terdiri dari 3 bab, yaitu :

  1. Keutamaan Palestina dan Masjid Al-Aqsha.
  2. Sejarah Masuknya Islam Ke Palestina.
  3. Kondisi Palestina dan Masjid Al Aqsha Terkini.

Palestina Negeri Yang Diberkahi

Menurut saya, pembahasan pada bab pertama adalah yang paling menarik. Penulis menyebut bahwa Palestina adalah negeri penuh berkah. Hal ini didasari oleh ayat-ayat yang tertera pada Al-Quran dan hadist Rasul. Salah satunya ada pada pembuka postingan ini.

Beberapa ayat yang mengungkapkan bahwa Palestina adalah negeri yang diberkahi antara lain QS. Al Isra ayat 1, yang berbunyi :
Maha suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya, Dia (Allah) Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Kemudian Allah SWT juga berfirman dalam QS. Al-Anbiya ayat 81 :
Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya, yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami berkahi (Palestina). Dan Kami Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

Juga diperkuat dengan hadist Rasul berikut ini :
Betapa diberkahinya Negeri Syam, sabda Rasulullah.
Para sahabat bertanya, Bagaimana keberkahannya wahai Rasulullah?
Nabi menjawab, Karena malaikat ar-Rahman (Allah) membentangkan sayapnya di atas Syam. [HR. Tirmidzi]

Dr. Khalid Basalamah mengatakan, pada saat ini, wilayah Syam meliputi Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon.

Buku ini dilengkapi dengan banyak foto yang menunjukkan betapa suburnya wilayah-wilayah di negeri Syams.

Kesuburan tanah di tengah-tengah wilayah yang didominasi oleh tanah berbatu, pasir dan gurun ini adalah keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT.

Selain karena keberkahan yang ada di Palestina, tanah Syam juga memiliki keutamaan karena diyakini menjadi tempat berkumpulnya para mujahidin.

Keutamaan Masjid Al-Aqsha.

Janganlah sengaja memaksakan perjalanan (ibadah) kecuali ke tiga masjid : Masjidil Haram, Masjid Rasulullah (Nabawi), dan Masjid Al-Aqsha.
[HR. Bukhari]

Pahala melaksanakan shalat di Baitul Maqis (Masjidil Aqsha) juga besar. Rasulullah bersabda,
Bumi tempat berkumpul dan pembangkitan. Datangilah oleh kalian semua dan shalatlah di dalamnya, karena shalat di dalamnya (Baitul Maqdis) pahalanya seribu shalat di tempat lain. [HR. Ahmad]

Setelah mengetahui keutamaan serta sejarahnya, timbul keinginan untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha.

Untuk sampai ke Baitul Maqdis ada dua jalur yang bisa diakses, yaitu :

  • Take off dari negara yang bekerjasama dengan Israel, lalu turun di Bandara Ben Gurion, Tel Afif, ibu kota Israel, lalu melanjutkan perjalanan darat ke Masjid Al-Aqsha.
  • Masuk melalui perbatasan Yordania Palestina.

Untuk visa-nya sendiri, Dr. Khalid Basalamah menjelaskan, pemerintah Israel-lah yang mengeluarkannya bagi orang-orang yang mau mengunjungi Palestina. Pihak Israel memiliki hak untuk mengizinkan atau menolak seseorang memasuki wilayah Palestina, bukan otoritas Palestina sendiri.

Rasulullah menganjurkan ummat muslim untuk berkunjung, merawat dan menjaga Masjid Al-Aqsha, namun bila belum mampu berangkat, Nabi Muhammad saw mengatakan, Sebaiknya ia berusaha menyumbang walau hanya minyak yang meneranginya, karena meneranginya sama pahalanya dengan shalat di dalamnya. [HR. Ahmad]

Dr. Khalid Basalamah juga menyampaikan harapan warga muslim disana, mereka berharap kita mendoakan dan mengunjungi masjid Al-Aqsha agar Allah memenangkan mereka dan menghentikan penjajahan yang masih saja terjadi.

Buku ini memuat banyak hal yang membuka mata saya tentang Palestina dan Masjid Al-Aqsha. Rindu, tambah bersyukur, ingin jadi muslim yang lebih baik dan optimis akan kebangkitan Islam.

Ahmad Bahrudin

About Admin

Check Also

Review : Buku Pasukan Matahari karya Gol A Gong

Assalamu’alaykumwr wb, Kulsap 8 Januari 2019 ODOJ MITI MJR-SJS 1 Diah Anindiah Said Review : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *