Home / Pengetahuan Umum / Para Pendidik Sukses

Para Pendidik Sukses

Assalamu’alaikum.. Bismillah..

Images Para Pendidik Sukses
http://anggunpaud.kemdikbud.go.id

Kulsap kali ini tentang karakter para pendidik sukses. Setiap orang adalah guru bagi dirinya maupun orang lain. Guru tidak hanya mengajarkan atau mentransfer pengetahuan akan tetapi dapat pula mendidik anak didiknya sesuai dengan syari’at Islam.

Bagaimana sebenarnya karakter pendidik yang ideal? Meskipun pendidik yang sempurna adalah Rasulullah SAW. Namun kita sebagai umatnya berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi pendidik minimal untuk keluarga kita sendiri.

Berikut karakter pendidik sukses:

  1. Tenang & tidak terburu buru. Tenang adalah sifat pembawaan seorang pribadi muslim. Terburu buru adalah sifat syetan. Seharusnya sebagai muslim yang beriman, hendaknya kita menjauhi sifat terburu buru. Seperti hadist berikut: Rasulullah SAW bersabda kepada Asyaj bin Abdil Qais, “Sesungguhnya pada dirimu terdapat dua perkara yang dicintai Allah: tenang & tidak terburu buru. Kerap kali kita lalai akan hal ini, bisa jadi ketika kita sudah diambang batas waktu, dikejar deadline terlebih seperti buruan yang sedang dikejar sang pemangsa, kita selalu tergesa gesa. Mungkin ini evaluasi tuk kita, managemen waktu kita apakah sudah baik?
  2. Lembut & tidak kasar: Rasulullah SAW sangat terkenal dengan kelembutan & kasih sayangnya terlebih kepada anak kecil. Lemah lembut terhadap muslim & tegas-keras terhadap kaum kafir. Terdapat sebuah hadist dari Aisyah ra. Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya Allah maha lembut dan menyukai kelembutan dalam perkara apapun (Mutafaq ‘Alaih)
  3. Hati yang penyayang: pendidik yang sukses memiliki hati seluas lautan & mudah memaafkan serta bersikap kasih sayang pada seluruh umat manusia.

Itulah 3 karakter yang hendaknya dimiliki oleh seorang pendidik. Masih ada 4 karakter lagi.. InsyaAllah di kulsap atau kesempatan selanjutnya nggih.. Afwan, dah mabok duluan sih.. Hehe.

Jazakumullah khoir. Semoga bermanfaat. Demikian kulsap kali ini. Mohon maaf atas segala kekurangan & kekhilafan. Wassalamu’alaikum..

ERMANIATU NYIHANA

About Admin

Check Also

images Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ

Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan IQ dan EQ Tidak dapat dipungkiri bahwa orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *