Breaking News
Home / Dakwah / Pengaruh Tabiat Istri Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Pengaruh Tabiat Istri Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Kadar-Nafkah-yang-Wajib-Atas-Suami
Kadar-Nafkah-yang-Wajib-Atas-Suami via konsultasisyariah.com

Hasan al-Bashri berkata: “Aku datang kepada seorang pedagang kain di Mekkah untuk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu aku pun meninggalkannya dan aku katakan idaklah layak membeli dari orang semacam itu, lalu aku pun membeli dari pedagang lain.”

2 tahun setelah itu aku berhaji dan aku bertemu lagi dengan orang itu, tapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah. Lalu aku bertanya kepadanya: “Bukankah engkau orang yang dulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun yang lalu?” Ia menjawab: “Iya benar” Aku bertanya lagi: “Apa yang membuatmu berubah seperti sekarang? Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji daganganmu dan bersumpah!”

Ia pun bercerita: “Dulu aku punya seorang istri yang jika aku datang kepadanya dengan sedikit rizki, ia meremehkannya dan jika aku datang dengan rizki yang banyak ia menganggapnya sedikit. Lalu Allah mewafatkan istriku tersebut dan aku pun menikah lagi dengan seorang wanita. Jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata: ‘Wahai suamiku, bertaqwalah kepada Allah, jangan engkau beri makan aku kecuali dengan yang thayyib (halal). Jika engkau datang dengan sedikit rezeki, aku akan menganggapnya banyak dan jika engkau tidak dapat apa-apa aku akan membantumu memintal (kain)’.

Masya Allah TabaarakAllah… Milikilah sifat Qana’ah -suka menerima dan mempunyai jiwa yang selalu merasa cukup. Biasanya Wanita (Istri) sering TERJEBAK kepada KEINGINAN-nya untuk terlihat Cantik dengan pakaian yang serba mahal. Janganlah menjadi jurang dosa bagi Suamimu. Wanita shalihah akan mendorong Suaminya kepada kebaikan, sedangkan wanita kufur akan menjadi pendorong bagi suaminya untuk berbuat dosa.

CUKUPKAN DIRI DENGAN YANG HALAL. Ukuran Rizki itu terletak pada keberkahannya, bukan pada jumlahnya.

[Kitab al-Mujaalasah wa Jawaahirul ‘Ilm (5/252) karya Abu Bakr Ahmad Bin Marwan]~

SEMANGAT PAGI

-BERISTRI SHOLEHAH ITU BERKAH-

Fahmi Basyaiban

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Metode Menghafal Al-Qur’an

Assalamu’alaikum… Bismillah… Izin kulsap, afwan kemaleman. Kulsap kali ini tentang cara menghafal Al-Quran dengan 2 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *