Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Pensil Kehidupan

Pensil Kehidupan

images (6)

Pensil adalah alat tulis yang sering kita pakai waktu SD dulu. Terbuat dari kayu, kalau sekarang sudah ada yang lebih modern bahannya. Pensil yang terbuat dari kayu akan mempunyai nilai guna ketika dipakai dan digerakkan oleh pemiliknya, jika tidak digunakan maka tidak akan ada manfaatnya. Jadi kebermanfaatan pensil sangat bergantung pada pemiliknya dalam hal ini pemakai.

Yang memiliki bebas menggunakan pensil, untuk menulis, untuk menggambar pemandangan yang indah . Terserah dengan pemakainya tadi …..tugas pensil hanya mengikuti kehendak orang yang menggunakannya.

Kehidupan kita tak ubahnya seperti pensil. Kita tidak berkuasa atas diri dan hidup kita. Kita mempunyai pemilik, semua yang ada dan kita nikmati adalah titipan semata oleh Sang Maha Pencipta.
Kita tidak bisa dan tidak akan mampu melawan kenyataan takdir yang sudah Allah atur untuk kita. Jika kita berusaha melawan, maka yang akan menang adalah kenyataan tersebut. Tugas kita hanya menyikapi takdir dengan sikap terbaik dan sikap bijak kita.

Misalkan takdir si B adalah menjadi seorang perempuan. Jika si B melawan, menyalahkan dan kecewa dengan takdir itu maka si B akan kalah, yang ada akan merasa kecewa dan itu sangat merugikan. Lebih baik si B harus menyikapinya dengan sikap terbaik, sikap menerima, sikap bijak.

Di saat kita menggunakan pensil, bisa saja patah atau habis arahnya maka yang perlu kita lakukan adalah merautnya. Dalam meraut jika pensil bisa bicara maka dia akan menjerit kesakitan, setelah itu baru bisa kita gunakan kembali. Sama halnya dengan kehidupan kita, saat kita menjauh dari Allah, melupakan Allah, abai dengan panggilannya maka kita juga butuh musibah, butuh ujian hidup yang terkadang membuat kita mengeluh, menangis, takut dan lain sebagainya. Semua harus kita lewati agar kita kembali menjadi pribadi yang senantiasa dekat dan ingat Allah SWT.

Setiap kita menulis atau menggambar pasti kemungkinan ada kesalahan, yang harus kita lakukan adalah menghapus kesalahan tersebut. Nah begitu pula dengan kehidupan kita Allah berikan kesempatan kita untuk menghapus dosa dan kesalahan kita, Allah berikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kita dengan fasilitas tobat. Seburuk apapun masa lalu seseorang, dia masih punya masa depan yang lebih baik. Dia masih punya kesempatan untuk menyesali masa lalunya dan bertobat untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa datang.

Yakinilah bahwa takdir Allah itu lah yang terbaik untuk hidup kita, karena kita tidak tahu apa-apa, hanya Allah yang Maha Mengetahui.

Anik Rochimah

About Admin

Check Also

SI-Nyelekit

Si Nyelekit Debby Zalina Setiap orang pasti punya sekelompok teman dekat, termasuk aku. Aku memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *