Breaking News
Home / Hikmah Kehidupan / Percaya Diri yang Berlebihan

Percaya Diri yang Berlebihan

percaya diri
via https://decungkringo.files.wordpress.com

Bismillaahirrahmanirraahiim..
Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Rasulullaah saw.

Baiklah. Kulsap kali ini, saya ingin berbagi tentang sebuah kisah nyata, yang semoga bisa kita ambil hikmah dibalik kisah ini. Kisah ini adalah tentang seorang gadis remaja yang sedang belajar memahami islam. Ia ketika itu telah berniat untuk benar benar memperbaiki diri. Memperbaiki akhlaknya, hingga memperbaiki kualitas ibadah dan imanannya.

Sang gadis begitu terinspirasi untuk meng-istiqamahkan diri semenjak seorang guru agamanya menyatakan bahwa “akhlak seseorang akan mencerminkan kualitas keimanannya kepada Allah”. Karena itu, sang gadis terus berupaya untuk bermuhasabah setiap hari. Selain itu, ketika pekan mendapat tugas menghafal alqur’an, sang gadis ini adalah salah satu murid yg cukup mudah menghafal alqur’an. Ketika itu juga, sang guru juga mengatakan kepada para muridnya bahwa “hafalan yang banyak, harus selalu diulang. Jangan lula untuk tetap menjaga akhlak kita, karena apabila akhlak seseorag buruk, Allah akan membekukan hati dan pikirannya sehingga semua hafalannya akan hilang juga”. Sang gadis sangat mengerti dengan apa yg disampaikan gurunya.

Suatu hari, iman sang gadis ini diuji. Ia dilenakan oleh kenikmatan dunia yang benar2 hanya bersifat sementara.
Berawal dari berteman akrab dan sangat dekat dengan lawan jenisnya. Perlahan lahan, tanpa sadar ilmu yang telah ia pelajari selama ini terabaikan. Hingga suatu hari, dalam sadarnya ia berkata pada dirinya sendiri. “Aku sudah mulai lalai akhir2 ini. Tapi, alhamdulillaah hafalanku baik2 saja”.

Tanpa sadar, ternyata apa yg dipikirkan oleh sang gadis justru membuatnya semakin terpuruk. Ia yg awalnya hanya berteman akrab dan dekat dengan teman lawan jenisnya, mulai terjerumus mengikuti trend pacaran. Hingga akhirnya, semakin hari ia terjebak dalam dosa zina. Na’udzubillah. Setelah sekian lama terjerat dalam dosa zina, suatu hari semua perbuatannya diketahui oleh keluarganya. Namun, hal itu sama sekali tidak membuatnya sadar dan langsung betaubat. Sekalipun dalam hati kecilnya ia menyadari bahwa ia telah melakukan dosa..

Semenjak hari itu, bebagai hal yang diluar dugaan terjadi. Apa yg telah diperbuatnya ternyata telah tersebar ke seluruh penjuru sekolahnya. Sang gadis merasa malu terhadap apa yg telah diperbuatnya. Teman2nya membuat jarak, bahkan beberapa guru disekolahnya juga bersikap dingin. Pun dengan guru agamanya, juga mulai bersikap dingin padanya.

Suatu malam, sang gadis tergerak hatinya untuk shalat malam. Hatinya begitu berkecamuk, namun dalam do’anya tak ada yg dapat ia ungkapkan. Ia hanya menengadah namun terpaku dalam diam. Bahkan air matanya pun tak menetes. Serasa begitu nyata, hatinya begitu beku.

Sejak saat itu, dalam beban perasaan menanggung malu, sang gadis mencoba untuk kembali mengingati apa yg pernah ia pelajari dulu dan apa yg telah ia abaikan. Tersadar juga setelah itu, semua hafalan yang pernah ia miliki ternyata sudah mulai terkaburkan. Saat ini, sang gadis dalam perasaan kurang percaya diri terus berusaha untuk memperbaiki diri kembali..

Hikmah utama :
Perasaan terlalu percaya diri akan kelebihan yang dimiliki, ternyata bisa menjerumuskan manusia ke dalam jerat dosa. Semoga kita terhindar dari sifat yang demikian. Dan semoga sang gadis tidak mengulang kesalahan yang sama.

Astaghfirullaah..astaghfirullaah..astaghfirullaah..Mohon maaf atas kekurangan maksimal dalam kulsap kali ini..
Wassalamu’alaikum wr.wb

Raudhatul Jannah

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

Pensil Kehidupan

Pensil adalah alat tulis yang sering kita pakai waktu SD dulu. Terbuat dari kayu, kalau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *