Home / Pengetahuan Umum / Pesona Raflessia

Pesona Raflessia

18-40-37-Rafflesia-arnoldii-Corpse-Flower3.jpg.cf

Assalamualaikum.wr.wb.

Alhamdulillaah, Puji dan syukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita semua, nikmat islam nikmat iman, nikmat sehat, dan nikmat kesempatan sehingga tetap kita istiqomah di jalan ini.

Perkenalkan nama aku Ahmad Nur Ilham dan biasa di panggil Ilham, Mas ilham juga boleh. Aku berasal dari Bengkulu

Banyak yang tidak tau memang letak Bengkulu itu dimana. Ketika aku berada di Kota lain dalam beberapa kegiatan yang pernah aku ikuti, teman-temanku bertanya padaku, kamu dari mana asalnya? Aku berasal dari Bengkulu, jawabku.

Temanku bilang Bengkulu itu di Kalimantan, ya? Ada juga yang mengatakan Bengkulu itu di Sulawesi, ya?

Terkadang disitulah aku merasa sedih. Ternyata banyak yang belum mengetahui letak geografis Bengkulu. Dari pengalaman tersebut, aku merasa ada kewajiban untuk memperkenalkan Bengkulu.

Bengkulu adalah salah satu provinsi kecil di sisi barat Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu Bengkulu juga berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan di bagian Utara, Provinsi Lampung di bagian Selatan serta Provinsi Jambi, dan Provinsi Sumatera Selatan di bagian Timur

Tahukah teman teman Bengkulu memiliki sejuta cerita sejarah juga banyak objek wisata yang bisa teman teman nikmati. Salah satunya rumah ibu Fatmawati yaitu Ibu Negara pertama dan penjahit sang saka merah putih. Selain itu, ada juga benteng Marlborough yang merupakan wisata sejarah benteng peninggalan Inggris terbesar kedua di Asia. Pada kesempatan ini aku akan bercerita tentang bunga Rafflesia

Pesona Bunga Terbesar di Dunia Bunga Rafflesia

Bengkulu biasa dijuluki The Land Of Rafflesia karena di Bengkulu banyak terdapat bunga Rafflesia Arnoldi yang tersebar di hutan Tropis. Bunga Rafflesia ini ditemukan oleh Stamford Raffles dan rekannya Dr. James Arnold pada tahun 1818.

Bunga Rafflesia merupakan salah satu puspa langka berukuran besar dengan ukuran diameter bisa mencapai satu meter. Bunga rafflesia ini berukuran sangat besar, memiliki ciri khasnya dengan kelopak daun berwarna merah bintik bintik putih terdapat 5 kelopak bunga dan terdapat sebuah lubang pada tengah bunganya yang mengeluarkan bau busuk.

Tumbuhan nan indah dan langka ini memiliki banyak keunikan. Bunga Rafflesia tidak memiliki daun, akar, atau pun batang seperti kita jumpai pada tumbuhan umumnya. Bunga Rafflesia termasuk dalam golongan tumbuhan parasit dari marga Rafflesiaceae. Tumbuhan ini hidup menyerap nutrisi tanaman induk atau inangnya, yakni Tetrastigma, sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran.

Bunga Rafflesia dapat ditemukan di Pulau Sumatera, salah satunya di Provinsi Bengkulu. Tepatnya teman teman bisa menemukan di kawasan hutan lindung Bukit Barisan diantaranya di Kabupaten Mukomuko, Seluma, Kepahiang, Lebong, dan Bengkulu Selatan. Di Bengkulu ada beberapa jenis bunga Rafflesia yang ditemukan diantaranya, yaitu Rafflesia arnoldii, Rafflesia Gadutensis Meijer, Rafflesia Hasselti Suringar, dan Rafflesia Bengkulunensis.

Bunga Rafflesia Arnoldi ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia yaitu pada tahun 1993 zamannya Pak Soeharto. Adapun penetapan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Tertarik dengan Bunga Rafflesia? Yok, berkunjung ke Bengkulu. Nanti tak temenin berkeliling di Bengkulu.

Demikianlah sekilas kulsap dari saya
Terimakasih

About Admin

Check Also

Image Air Minum

Air minum

Air minum Mithayanti Assalamualaikum… izin post kulsap, kali ini mau bahas sedikit soal air putih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *