Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News
Home / Pengetahuan Umum / Physic Save My Life

Physic Save My Life

persepsi
via valleyhope.org

Disclaimer: bisa jadi ini bukan kesimpulan karena saya hanya ambil sample dua prof MIT ketika mengajar yaitu prof walter lewin (physic department dari youtube) dan prof michael s. Starno (chemical engineering department ketika short course class di skku).

Pertama saya ingin menjelaskan terkait metode prof. lewin mengajarkan fisika di kelas. Saya sangat terkesan metode dia mengajar di kelas. Saya malah merasa tambah cinta dengan fisika karena dia berhasil membuat fisika itu jadi fun dengan menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung di kelas. Kita jadi punya gambaran terkait fisika. Beliau juga sering memberikan jenaka di kelas agar kelas menjadi hidup. Pelajaran yang saya dapat dari prof lewin adalah fisika itu akan menjadi mengasyikan ketika kita bisa mengimajinasi rumus fisika itu ke dunia real. Dan beliau mempraktekan metode yang menyenangkan menjelaskan fisika dasar di kelas. Slogan beliau adlah physic save my life.

kedua, saya ingin share terkait kesan di kelas prof starno, agak berbeda sedikit dengan prof lewin yang lebih dominan satu arah, prof starno mengajak student untuk berperan aktif dalam kelas. Hal menarik adalah dia tidak pernah bilang di kelas dengan perkataan: no, you are wrong atau no, you are stupid atau sejenisnya malah saya sering dengar dia bilang excellent, its great question, its good, its true dsb. Dia selalu menggunakan kalimat positif, malah diakhir kelas dia bilang ke semuanya: you are smart student (padahal saya tidak smart2 amat kali, hehehe). Hal menarik yang lain adalah materi kuliahnya yang up date. Sebagian besar isinya dari journal paper yang notabene adalah penemuan terkini. Jadi studentnya diajak berpikir atas isu terkini di dunia riset sesuai topik pembahasannya. Wajar aja mereka sering publikasi karena diajak untuk inovasi.

Ketiga, ini tidak berkaitan dengan MIT tapi ini berkaitan dengan pengalaman saya ketika ikut america physics society spring meeting tahun 2010. Saya mendengarkan suatu presentasi disuatu ruangan. Peraturan waktu meeting sangat ketat, waktu kita presentasi hanya 10 menit termasuk jika ada kendala teknis.Tidak  ada alasan minta tambah waktu karena banyaknya paper yang dipresentasi. Jadi saya melihat seorang graduate student mengalami kendala teknis yaitu laptopnya tidak terdeteksi oleh projektor, sehingga dia kehilangan sekitar 2 sampai 3 menit. Dia tetap presentasi dalam kondisi terdesak. Dan dia dapat satu pertanyaan saja. Yang menarik adalah ketika dia duduk kembali, supervisor nya bilang ke dia, you did excellent job in bad time (soalnya waktunya terpotong banyak). Tapi berbeda yang saya alami, ketika presentasi. Saya tidak mengalami kendala, dan ada tiga pertanyaan saya terima dan semua saya jawab dengan benar dan malah salah satu penanya adalah seorang prof yang bertanya terkait konsep teori nya. Tetapi prof saya cuma berkomentar you are good in presentation but no excellent, hiks hiks hiks .

Dari kisah ini, ada poin utama yang saya dapat yaitu persepsi. Sample yang saya temukan terkait prof di usa, mereka bisa mengubah persepsi yang gagal atau susah menjadi bagus dengan cara metodenya yaitu dengan menggunakan kalimat positif atau metode nya. Sampai saat ini saya blm berhasil menerapkan strategi persepsi ini. Kemarin saya bilang, salah satu PR kita bagaimana mengubah persepsi aktivis identik dengan IPK rendah diganti dengan persepsi aktivis dengan IPK diatas tiga.

Hadi Teguh Yudistira

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *