Profesi

Assalamualaykum Warohmatullahi Wabarokatuh..
Bismillahirrohmanirrohim..

Saya mau bahas mengenai profesi. Apa sih sebetulnya yang dimaksud profesi itu. Secara garis besar, profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan persyaratan tertentu untuk menjalankannya, supaya dalam melakukan pekerjaanya dapat meyakinkan/mendapat kepercayaan dari pihak yang membutuhkannya.

Kemudian dalam profesi pun juga ada yang namanya etika berprofesi, apa itu? Etika yakni, Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral. Perlu diketahui bahwa tidak semua pekerjaan dapat disebut dengan profesi, untuk mempunyai suatu profesi dikatakan perlunya keahlian khusus & keahlian tersebut didapatkan dari pendidikan dan pelatihan yang cukup lama sesuai bidangnya.
semisal:
Akuntan, Arsitektur, Guru, ilmuwan, Dokter dsb. Nah penasaran apa hubungannya saya cuap-cuap tentang profesi malam ini? Sebenarnya masih berkaitan dengan bidang pekerjaan yang saya jalankan saat ini. Okelanjut pada bahasan, Kakak-kakak tentunya sudah familiar sekali kan dengan sebutan “Security/satpam” ? Apakah satpam juga dikatakan sebagai profesi?

Bismillah..
Iya dikarenakan satpam pun memiliki tanggung jawab yang harus diperhatikannya untuk apa? guna menyelenggarakan keamanan dan ketertiban. Tentunya untuk bisa menjaga dan mengamankan dan mengamankan asset milik orang lain/perusahaan yang dimana dibutuhkan kepercayaan dari pengguna (klien). Seperti yang saya sampaikan diatas dalam profesi-pun juga ada etikanya. nah etika profesi pada security/satpam ini sendiri apa aja sih?
Memegang teguh disiplin patuh dan taat pada pimpinan. Jujur serta tanggung jawab.

Ditempat saya bekerja segala sesuatunya dilaporkan kepada komandan terlebih dahulu tidak ujuk-ujuk langsung kepada owner. yaa jelas sepertinya dengan kebijakan pada perusahaan lain. Patuh terhadap peraturan, ketentuan, etika norma dan kaidah yang berlaku atau tunduk pada pengawasan. ingatlah cctv bahkan manusia sekalipun dapat terkelabui. tapi ketika Allah yang mengawasi semua apapun yang kita kerjakan tidak akan pernah terabaikan oleh Allah. dimanapun dan kapanpun
Sungguh Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.”
(QS. An-Nisa’ 4: Ayat 58)

Menjaga kehormatan diri
Pada intinya sebagai satpam harus menjaga perilaku, perkataan dan perbuatan agar tidak merusak harga dirinya terlebih sebagai anggota harus menjaga nama baik profesi tersebut.

Waspada dalam melaksanakan tugas.
Kejahatan di area tugas jaga dapat bersumber dari internal dan eksternal. Kejahatan yang dilakukan oleh karyawan itu sendiri disebut penggelapan (fraud) sedangkan kejahatan yang dilakukan oleh orang luar bisa berupa pencurian, perampokan, vandalisme (pengrusakan) atau penipuan. Kejahatan terjadi karena adanya niat, kesempatan dan kemampuan. Dengan sikap selalu waspada didalam melaksanakan tugas penjagaan, seorang anggota Satpam berarti menghilangkan atau mengurangi kesempatan seseorang untuk melakukan kejahatan.

Sikap waspada membutuhkan konsistensi (dilakukan terus menerus tanpa henti) musuh dari konsistensi adalah keadaan yang aman-aman saja, keadaan yang landai, keadaan yang biasa terjadi. Untuk selalu konsisten bersikap waspada membutuhkan sikap mental dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Bersikap Open
Sikap open disini, adalah sikap yang penuh kepedulian terhadap setiap kejadian dan keadaan area jaga kita. Sikap open ini adalah wujud dari tanggungjawab seorang anggota Satpam dan rasa memiliki anggota terhadap lembaga / perusahaan tempat dimana ia ditugaskan.

Petugas yang tangguh dan bersikap etis
Bersikap tangguh berarti bermental kuat, ulet dan handal. Seperti yang dilambangkan dengan perisai pada logo Satpam, Satpam adalah tameng yang berada pada garis depan ketika ada ancaman dan gangguan keamanan di area. Untuk menghadapi ancaman dan gangguan keamanan ini dibutuhkan mental yang kuat. Bersikap etis berarti sikap yang ber-etika yang memiliki arti sopan, bersusila, bermartabat, bermoral. Didalam pelaksanaan penegakan disiplin, anggota Satpam harus tetap mengutamakan kesopanan. Hal ini membutuhkan kedewasaan dan pengalaman di lapangan, bagaimana kita bisa menahan diri namun tetap bisa menguasai keadaan.

Sekilas, saya bekerja sebagai Secwan(Security Wanita) pada perusahaan muslimah yakni Rabbani. tugas pokok security akhwat tidak seberat tugas security ikhwan. namun semua harus saling bahu membahu untuk tetap menjaga keamanan apalagi yg notabennya adalah retail jelas banyak sekali hal-hal yang diperhatikan.

Alhamdulillahnya saya diperkenalkan dengan mereka-mereka juga yang se-profesi banyak ilmu dan pelajaran yang saya dapatkan. Kemudian dari segi pakaian alhamdulillah di rabbani secwan walaupun pakaiannya satpam tapi bisa tetap syar’i dan memang diwajibkan pakai rok walaupun pakaiannya safari.
Pada intinya semua profesi itulah datangnya setiap kebaikan dan kebermanfaatan untuk diri kita sendiri terlebih dahulu, yang inshaAllah bukan dengan melihat hasil dari profesi yang dikerjakan namun dari proses yang kita lewati setiap saatnya.

Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi diri saya sendiri.

Wallahu’alam
Was’salamualaykum Warohmatullahi Wabarokatuh..

RANTI AGUSTININGSIH

About Admin

Check Also

Pusat Penelitian Biologi LIPI

Pusat Penelitian Biologi LIPI Pusat Penelitian Biologi LIPI terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat ( ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *