Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News

Reuni

reuni via malesbanget.com
reuni via malesbanget.com

Kemarin saya mengikuti reuni bersama teman-teman SMA dulu. Reuni setelah sekian lama kami tidak bertemu, sesama alumni Paskibra 14. Reuni yang kami gagas dalam waktu yang cukup singkat, dengan target peserta sebanyak-banyaknya dari angkatan 1985 sampai angkatan 1998 dengan tema “Kembali bersatu untuk peduli dan berbagi”. Tema reuni ini memang sengaja kami fokuskan pada “peduli dan berbagi”, agar acara reuni ini tidak sekedar menjadi sekedar ajang pertemuan sesama alumni, namun setidaknya bisa memberikan sedikit apa yang kami miliki kepada orang-orang di sekitar yang “tidak sama” dengan kita.

Reuni kali ini diawali dengan mengunjungi panti tuna grahita, di bilangan Depok, Jawa Barat. Panti sederhana yang menjadi sandaran hidup orang-orang yang “terbuang” karena keterbatasannya. Ya, mereka serba terbatas, karena sebagian besar mereka bisa dikatakan multi tuna, bukan hanya satu, setidaknya ada 3 yang mereka idap. Rerata mereka mengidap gabungan antara Cereberal Pulsy (CP), Tuna Wicara, Lumpuh, Spastik (kaku). Sungguh amat bersyukur saya mendapatkan anugerah badan dan jiwa yang sehat.

Acara puncak reuni dilakukan di sebuah tempat makan yang indah dan asri. Tempat yang cukup nyaman untuk bernostalgia, bercerita kenangan masa lalu dalam suka dan duka. Paskibra, ya Paskibra. Siapapun tahu, Paskibra adalah “neraka”, bagi orang yang melihat dari luarnya, karena memang latihan di paskibra sungguh aneh. Kami datang latihan untuk dimarah-marahi dan di bentak-bentak. Tapi itulah kami, dengan kebiasan latihan yang aneh itulah akhirnya kami jadi bisa seperti ini, walaupun mungkin untuk generasi Y seperti sekarang ini, latihan mental seperti itu mungkin perlu modifikasi.

Ada sebuah sesi acara, dimana setiap angkatan mengenalkan dirinya masing-masing, saling bercerita dengan santai. Hal-hal yang dulu kami anggap berat akhirnya menjadi hal yang lucu. Lucu, karena kami semua pernah mengalami hal itu. Sampai satu saat entah siapa yang memulai mengalirlah cerita tentang seorang kakak senior yang cukup “populer”. Populer karena memang kakak senior yang satu ini cukup unik, dikenal oleh berbagai angkatan karena “keunikan”nya. Sebagian besar mengatakan beliau orang yang “galak”, sebagian lagi ada yang mengatakan tidak galak, namun “baik hati” hanya bicaranya saja yang “tidak enak didengar”. Jujur, saya sendiri pun punya kenangan tersendiri tentang hal ini. Apapun itu, semua yang mendengar kisah-kisah unik tersebut akhirnya tertawa mengenang nostalgia masa lalu, termasuk saya.

Kisah-kisah nostalgia seharian itu, akhirnya membawa saya kepada sebuah perenungan, kira-kira pada “pada saatnya” nanti, apa yang ada dalam benak orang-orang terhadap diriku? Kenangan apa yang membekas di tiap orang terhadapku? Apakah mereka pernah terzhalimi olehku? Apakah mereka memaafkanku atau justru satu saat nanti justru akan mengambil perhitungan denganku?

Saya pun teringat dengan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Chrisye, lagu yang ditulis oleh Taufiq Ismail yang terinspirasi dari surat Yaasiin ayat 65. Bagaimana akhirnya semua akan dipertanggungjawabkan atas apa yang telah kita lakukan di dunia ini. Kalau aku boleh memilih, aku ingin menjadi seperti orang-orang di tuna yang kami kunjungi itu, agar aku dihisab serendah-rendahnya, sebagaimana ungkapan Abu Bakar Siddiq, “Aku ingin menjadi rumput sahaja, supaya aku dimakan oleh kuda karena amat ngerinya siksaan di neraka”

Ya Allah, ampunilah aku… Astaghfirullahaladzhiim….
Semoga kita dapat reuni sesungguhnya di syurgaNya kelak. Aamiin ya robbal’alamiin..

Jakarta, 22 Maret 2015
ES @lelahfisikdanmental

—–

Ketika tangan dan kaki bicara

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkah

Tidak tahu kita
Bila harinya
Tangggung jawab dia

Robbana
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Dijalan cahaya
Sempurna

Mohon karunia
Kepada kami
HambaMu yang hina

Lagu: Chrisye
Lirik: Taufiq Ismail

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

via https://twitter.com/velvycosmetics

Ayah

Hebat orang satu ini. Dia mungkin salah satu super programmer terhebat yang pernah saya kenal. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *