Breaking News
Home / Bedah Buku / REVIEW BUKU “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar “

REVIEW BUKU “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar “

REVIEW BUKU”Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar “

Image Buku "Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar"
https://www.bukukita.com

Buku yang akan di ulas kali ini adalah buku berjudul “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar ” karya Richard Carlson

Bila kita sadari, banyak hal di dalam hidup ini yang sebenarnya hanya masalah kecil, namun kita memperlakukannya seolah olah masalah tersebut adalah masalah besar. Setiap kali berhadapan dengan kabar buruk, orang yang merepotkan, sesuatu yang mengecewakan, sebagian besar di antara kita terjebak dalam tingkah laku tertentu, kita bereaksi berlebihan, meledak di luar kendali, ngotot dan sederet tingkah laku yang tidak mendatangkan kebaikan pada kita.

Karena menganggap semua hal sebagai masalah besar, akhirnya kita menghabiskan hidup kita dari satu drama ke drama yang lain dan akhirnya kita jadi terbiasa menganggap semua masalah sebagai masalah besar.

Dalam buku ini, penulis ingin mengajak kita untuk mengubah kebiasaan lama yang bersifat “reaktif” ketika menghadapi sebuah persoalan menjadi kebiasaan baru yaitu mencari perspektif lain. Dengan membentuk perspektif baru bahwa masalah-masalah yang kerap kita hadai adalah masalah kecil, kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang benar-benar merupakan masalah besar.

Richard merupakan seorang psikoterapis dan motivator, dalam buku ini ia ingin membentuk perspektif yang lebih bisa dicerna sehingga kita akan belajar berdamai dengan diri sendiri serta lebih peduli. Ada 100 pembahasan di dalam buku ini yang akan mengajak kita untuk memiliki sudut pandang yang lebih positif, pembahasan tersebut disajikan dengan gaya tulisan yang mudah di pahami sehingga pembaca dapat bebas memilih topik mana yang ia ingin baca terlebih dahulu tanpa harus mulai membaca dari awal.

Gramedia Pustaka Utama menerbitkan buku “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar” pada 20 Mei 2019 lalu dan buku ini dapat kita temui di deretan buku best seller di toko buku Gramedia, buku tersebut juga dapat kita akses di Gramedia Digital. Buku ini memiliki judul asli yaitu “Dont Sweat The Small Stuff” yang merupakan buku terlaris USA Today selama dua tahun berturut-turut dan menghabiskan lebih dari 101 minggu di daftar Best Seller New York Times.

Tiap pembahasan strategi yang ada di buku ini merupakan strategi yang sudah dilakukan oleh klien penulis selama bertahun-tahun dan yang mereka rasakan paling bermanfaat. Tiap strategi mudah diterapkan dan sangat manjur, yang menjadi pemandu arah bagi kita kepada perspektif yang lebih besar dan kehidupan yang lebih santai.

“Bila kita belajar ‘membiarkan’ masalah itu berlalu, bukan menahan-nahannya dengan sekuat tenaga, hidup akan mulai mengalir” berikut seperti yang diajarkan oleh filosofi Zen. Dengan mencoba strategi ini, kita akan belajar dua kaidah keselarasan : 1) Jangan memusingkan hal-hal kecil, 2) Semua masalah cuma masalah kecil. Bila memasukkan gagasan ini kedalam hidup kita, kita akan mulai menciptakan diri yang lebih damai dan penuh kasih sayang.

Berikut merupakan beberapa ‘strategi’ dari 100 strategi yang ditawarkan dalam buku ini yang menurut saya sangat menarik

Strategi ke 35 : Lihatlah Apa yang Tersembunyi di Balik Tingkah Laku Orang

Pada strategi ini, kita diajak untuk memahami tindakan orang lain yang mungkin kurang mengenakkan bagi kita dengan mencoba berpikir apa kira kira yang membuat mereka melakukan sikap tersebut (daripada memikirkan betapa mengecewakan skap yang diberikan org tsb). Jika punya anak, Anda tentu tahu benar pentingnya sikap sederhana untuk memaafkan ini. Bila kita mendasarkan cinta kita pada tingkah laku anak-anak, akan sulit bagi kita unutk menyayangi mereka semua. Bila cinta semata-mata didasarkan atas tingkah laku, mungkin tak akan ada orang yang pernah merasa dicintai waktu mereka masih remaja. Bukankah kita akan hidup di dunia yang lebih menyenangkan bila, ketika seseorang bertingkah laku dengan cara yang tidak kita setujui, kita melihatnya sebagai tingkah laku

Strategi ke 54 : Pahami pernyataan “Dimana pun Anda Berada, di Situlah Anda Berada”

Makna dari penyataan ini adalah mengajari kita untuk tidak lagi berharap berada di tempat lain. Kita cenderung percaya bahwa bila kita berada di tempat lain sedang dalam liburan, dengan pasangan yang lain, di tempat kerja yang lain, di kampus yang lain (?), dalam suasana yang lain kita akan merasa lebih bahagia dan lebih puas. Tak akan pernah terjadi !

Sesuatu yang mencengangkan akan mulai terjadi hanya dengan kesadaran sederhana bahwa hidup, seperti halnya mobil, dikemudikan dari dalamnya, bukan sebaliknya. Bila kita memfokuskan diri untuk lebih berdamai dengan dimana kita berada, bukan berpikir di mana sebaiknya kita berada, kita akan mulai menemukan kedamaian sekarang juga, pada saat ini.

Strategi ke 98 : Temukanlah Keluarbiasaan pada Hal-hal yang Biasa

Kenyataannya, dalam hidup ini kita melihat apa yang ingin kita lihat. Bila mencari-cari keburukan, kita akan menemukannya. Banyak sekali. Bila ingin menemukan kesalahan orang lain, karier kita, atau dunia ini secara keseluruhan, kita pasti akan mampu menemukanya. Tetapi hal kebalikannya juga berlaku. Bila kita mencari sesuatu yang luar biasa dari hal yang biasa-biasa saja, kita dapat melatih diri kita untuk dapat melihatnya.

Seperti hal nya seorang tukang batu yang dibayar sangat rendah yang menghabiskan hari-harinya hanya dengan memasang batu bata di atas batu bata yang lain. Namun bagi Tukang batu tersebut, ia melihat sebuah istana yang megah di dalam sepotong batu bata biasa. Saya orang yang paling beruntung di dunia ia berkata, Saya ikut serta membangun karya arsitektur yang sangat penting dan indah ini. Saya membantu mengubah potongan potongan batu bata yang sederhana ini menjadi mahakarya yang luar biasa. Pertanyaannya, dapatkah kita melakukannya, berpikir seperti yang tukang batu pikirkan akan pekerjaan kita?

Menurut buku ini, semua itu masalah niat. Begitu banyak yang bisa disyukuri, begitu banyak yang perlu dikagumi. Hidup sangatlah berharga dan luar biasa. Memusatkan perhatian kita pada kenyataan-kenyataan ini dan hal-hal kecil yang biasa-biasa saja akan memberikan arti yang sama sekali baru.

Mungkin sekian pembahasan dari buku “Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar ” karya Richard Carlson. Mohon maaf atas kekurangan. Semoga kulsap kali ini bermanfaat dan ada hikmah yang bisa dipetik. Akhir kata, wassalamualaikum wr wb.

DEBBY ZALINA

About Admin

Check Also

The Desicion Book, 50 models for strategic thingking

📕Judul : The Desicion Book, 50 models for strategic thingking 📝Penulis : Mikael Krogerus dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *