Deprecated: Function eregi() is deprecated in /home/kamussma/mjr-sjs.net/wp-blog-header.php on line 7
Ruqyah – MJR-SJS
Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates
Breaking News

Ruqyah

BINCANG-BINCANG SORE
Tema : Ruqyah
Narasumber : SMP
Moderator : Nikmatul Husna
16 September 2016, Pukul : 16.00 wib
Moderator : NH

Nina:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Para pejuang surga Firdaus. Masaa ul khair. Segala puji bagi Rabb yang Maha Mendengar segala doa. Shalawat salam dan berkah-Nya bagi Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam dan keluarganya. Sore ini insyaa Allah kita akan berbincang-bincang bersama salah seorang ustadzah kita mengenai Ruqyah. Kepada Mbak Maryam, saya persilakan.

Macy:

ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
اعوذبالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْه
ِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Terima kasih banyak juga kepada Mbak Nina yang sudah banyak membantu. Apa kabar teman-teman semua di sore hari ini? Alhamdulillah. In syaa Allah sore ini saya mau menjalankan amanah dari peje Tsaqofah Islamiyyah. Memberikan salah satu ilmu yang masih sedikit saya miliki
In syaa Allah teman2 di sini banyak yang sudah lebih paham. Jadi mohon luruskan saya jika nanti ada kekeliuran. Bersamaan waktu makbulnya doa di Jumat sore ini, semoga barokah ya. Dan Allah mudahkan urusan kita masing2, aamiin. Langsung saja, sekalian saya isi waktu luang Kita mulakan pembelajaran tentang ruqyah ini dengan basmallah, Bismillahirrahmanirrahiim.
Ruqyah adalah salah satu lahan kosong yang jarang tersentuh dan jarang dibahas dalam khazanah keilmuan al Islam. Alhamdulillah saat ini sudah menjadi ilmu yang semakin dikenal di kalangan masyarakat umum. Seperti kita ketahui bahwa tubuh itu memiliki imunitas terhadap penyakit dan menyembuhkan diri sendiri dalam keadaan normal. Jiwa yang sehat memiliki kekuatan untuk menyembuhkan diri sendiri. Hati yang sehat memiliki kekuatan menuju negeri akhirat sesuai fitrahnya.
Ruqyah merupakan salah satu pengobatan gaya Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersumberkan wahyu. Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung) (HR. Bukhari dan Muslim). Sabda Rasulullah ﷺ:
مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً
Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya. (HR Bukhari).
Kita simak quran surat Yunus: 57
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ (57)
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalianpelajaran dari Tuhan kalian dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yangberada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yangberiman.
Berlanjut ke quran Surat Fushshilat: 44
وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلا فُصِّلَتْ آيَاتُهُ أَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ (44)
Dan jikalau Kami jadikan Al-Quran itu suatu bacaan dalambahasa selain bahasa Arab, tentulah mereka mengatakan, “Mengapa tidakdijelaskan ayat-ayatnya?Apakah (patut Al-Qur’an) dalam bahasa asing, sedangkan (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah, “Al-Quran itu adalahpetunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman.Dan orang-orang yangtidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedangkan Al-Quran itusuatu kegelapan bagi mereka.Mereka itu adalah (seperti) orang-orangyang dipanggil dari tempat yang jauh.
Kemudian quran surat Al-Isra 82
وَنُنزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلا خَسَارًا (82) }
Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadipenawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. Sedikit mengutip dari buku Tutorial Ruqyah Mandiri, puncak kesembuhan manusia itu sendiri sesungguhnya saat manusiaitu ridha bahwa Allah adalah rabbnya, Muhammad Rasulnya dan ridha terhadap syariat Islam yang dibawanya. Kemudian Allah ridha pada hamba itu dan di sana hilang semua kesakitan. Selanjutnya dijelaskan bahwa hampir seluruh penyakit disebabkan perilaku syirik dan pola hidup menyalahi sunnah.
Maka diagnosa adalah hal terpenting dalam menuntaskan berbagai penyakit psikis yang mengakar di jasad
Allah membuat hamba-Nya gelisah agar berubah. Kegelisahan itu akan diangkat jika hamba tersebut berubah daripecundang menjadi pejuang
Kesemua itu butuh pengetahuan, keyakinan, dan pengalaman.
Jangan bersikap pengecut dengan mengatakan, “saya tak bisa membaca quran dengan baik,”. Ketahuilah bahwa quran suratAl-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dengan izin Allah bisa meluluhlantakkan buhul-buhul sihir jika kita yakin dan tahu caranya.
Dan sesungguhnya alquran yang selama ini kita baca tidak hanya ditunjukkan kepada telinga untuk merapikan gelombang otak, tetapi juga menembus kalbu manusia.
Lalu bagaimana alquran bisa menyembuhkan?
Sebagaimana sudah tertera di dalam ayat-ayatquran di atas, alquran berfungsi sebagai obat yang baik bagi jiwa yang baik dan kalbu yang hidup. Kalbu yang hidup itu tentu kalbu yang merindukan perjumpaan dengan Allah.
Pemaparan di atas merupakan ruqyah syar’iyyah.
Dalam pelaksanaannya ada pembetulan tauhiddan self healing (ruqyah mandiri dengan program pemulihan dan penjagaanmelalui ritual sunnah yang sahih).

يَا بَنِي آدَمَ لاَ يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُم مِّنَ الْجَنَّةِ يَنزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْءَاتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاء لِلَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ ﴿٢٧﴾
Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepadakeduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kemudin suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kamitelah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orangyang tidak beriman. (QS. Al-A’raf: 27)
Nah, bagaimana cara mendeteksi keberadaan jin di dalam tubuh
1. Perdengarkan quran surat Al-Fatihah, Al-Baqarah: 1-5& 102, 3 Qul (3 surat akhir di juz 30) secara berulang-ulang
2. Pejamkan mata&jangan ikuti bacaan . Cukup dengarkan dengan konsentrasi dan huhungkan hati ke Allah
3. Selama itu atau jika setelah selesai adabatuk, berpeluh-peluh , terasa mual, jantung berdegup kencang. Bisa jugaterasa berdebar-debar, terasa ada yang bergerak di dalam kulit, sendawa, ngantuk, pening, ataupun menguap. Bisa dipastikan dia ada disana
Cara terbaik membersihkannya adalah dengan ruqyah mandiri (selanjutnya disingkat RM).
Jin tidak sanggup berdiam di dalam tubuh atau lingkungan orang yang beriman dan bertawakkal kepada Allah. Sebagaimanadisebutkan di dalam quran surat An-Nahl: 99 إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُواْ وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.
Syaikh Wahid Abdussalam Bali mengatakan bahwa dzikir adalah benteng ghoib. Ulama lainnya ada yang berpendapat bahwa dzikir pagi-petang bisa menjadi tameng sihir terbaik di permukaan bumi. Dan dzikir lain yang dimaksud adalah dzikir dengan lisan, dzikir dalam kalbu, duduk di majelis ilmu, juga dzikir pagi-petang. Termasuk membaca alquran, mempelajarinya, muraja’ah, menghafal, dan mendengarkan.
Jangan lupa sekalian niat meruqyah diri sendiri.
Materi saya cukupkan ya.

Faw:
Huhung itu yang bagaimana?

Andika‬:
Hubungkan hati itu

Macy:
Benar

Andika:
Menghubungkan hati itu nyamannya malam hari, sendirian, di tempat yang suci. Biasa di masjid atau mushalla di waktu malam.

Macy:
Saat tahajjud, ya. Suatu keutamaan bisa tahajjud

Andika:
Biasa kalau ada gangguan jin sulit tahajud seperti sudah bangun tidur lagi.

Macy:
Malah ada yang tak bisa tidur juga

Andika:
Maka pilih di tempat yang suci. Atau dibawa bermaksiat. Kalau di masjid / mushalla tak mungkin bermaksiat. Ada juga yang agak parah. Gangguan jin, tapi udah bertahun-tahun dan menjadi karakter dirinya. Diruqyah, orangnya sendiri yang tidak mau.

Macy:
Ada orang yang punya ganguuannya blasteran antara medis dan jin.

Andika:
Yup.

Macy:
Kalau dia tidak mau biarkan saja. Sambut yang mau saja.
Andika:
Ada juga tipikal pesantren dimana kyai memelihara jin. Saya punya binaan dari pesantren, hafalan 3,5 juz tapi tiap hari diganggu jin.

Macy:
Oya, kalau meruqyah bacaannya harus dikeraskan, minimal terdengar di kuping dia.
Andika:
Meruqyah harus jelas bacaannya. Jangan lupa hukum-hukum bacaan diperhatikan.

Macy:
Pernah ada ustadz yang cerita seorang hafidhoh quran yang diganggu jin. Ternyata beliau tak menerima takdirnya harus pisah dengan keluarga akibat tsunami. Itu jadi celah permainan setan

Andika:
Kalau yang saya dapatkan untuk meruqyah ada 2 poin
1. Ruhiyah yang mantap,
2. Alqurannya ahkamnya baik
Hukum-hukum bacaannya baik. Mereka bisa lebih cerdas. Ust. Bachtiar Natsir pernah cerita kalau ada ustadz yang istrinya kerasukan jin. Saat dibacakan ayat kursi si setan malah membenarkan tajwid ustadz tersebut.

Macy:
Iya. Saat meruqyah, sepaham saya biarkan saja.

Andika:
Sewaktu daurah ruqyah syar’iyyah di mahad labbaik dulu Ust. Eka ada cerita ada seorang pemimpin pesantren mau ngeruqyah orang, tapi jinnya tak bisa, malah dibongkar aib sang kyai.
Maryam:
Jin muslim yang sholeh/ah tak masuk merasuki tubuh seseorang.

Andika: tak ada jaminan jin muslim saat ini.Kalau ada yang ngaku-ngaku .Mereka itu pendusta. Jadi sesholeh-sholehnya jin itu bagi manusia sekelas preman.

Nina:
So, bagaimana cara meruqyah yg baik?

Andika:
Ruqyah mandiri. Indikatornya adalah peningkatan amal islami.

Macy:
Di surat Al Jinn ada pembahasan tentang jin. Kita dan mereka ada kehidupan masing-masing. https://archive.org/details/NAITUTORIALRUQYAHSYARIYYAH50TEHNIKSELFHEALING<< baru dapat ini. Kalau ada 5 di antaranya (kalau saya tak lupa jumlahnya) kemungkinan besar diri kita ada gangguan. Berikut ciri-ciri orang yang di badanya ada gangguan sihir atau gangguan Jin :
1. Emosi yang tinggi dan sulit dikendalikan. Semisal seorang istri membantah suami atau anak membantah sama ibu dengan sorot mata yang aneh atau suami yang sering memaki istri karena hal kecil.
2. Sering ragu, was-was, ketakutan tanpa sebab yang jelas dihampir semua aktifitas.
3. Adanya dorongan kuat untuk melakukan perbuatan maksiat yang berulang-ulang disertai kemalasan dan
kelesuan luarbiasa untuk melakukan aktifitas shalat dan ibadah lain.
4. Sulit khusyuk dalam mengerjakan sholat, dan jika mampu mendirikan shalat maka sering lupa rakaatnya
secara berulang-ulang.
5. Sesak nafas dan ngantuk berat saat membaca Al Quran (tidak bisa baca lebih dari 30 ayat atau tenggorokan yang terhenti sama sekali, bahkan tertidur saat baru buka mushaf).
6. Melemahnya hati, minder, suka menghayal/melamun, menyendiri dan mengurung diri dikamar secara
berlebihan atau mengasingkan diri dari kehidupan sosial.
7. Cepat lesu dan merasa capai, juga ngantuk saat dalam aktifitas kerja.
8. Sulit konsentrasi atau fokus pada sebuah tujuan, sering gagal, dan terganggu fikiran.
9. Merasakan sakit yang tidak kunjung sembuh; semisal pusing dikepala, mendengung ditelinga, pegal di bahu, belikat dan paha, sakit gigi, mata, tenggorokan, lambung dan dada sesak tanpa sebab yang jelas.
10. Memandang remeh kegiatan ibadah dan lupa atau malas dzikrullah.
11. Depresi tingkat tinggi dan pikiran linglung.
12. Sering merasa sedih secara tiba-tiba hingga menangis tanpa sebab, jantung berdebar-debar keras.
13. Sering kesurupan baik separuh ingatan atau secara total.
14. Sering mendengar bisikan memanggil namanya sendiri, merasa ada yang mengajak bicara, mendengar bisikan menyuruh sesuatu kejahatan semisal; membunuh, memperkosa, memukul, meloncat dari tempat yang tinggi, terjun kesungai atau jurang, menabrakan diri dll.
15. Paranoid dan cemas, merasa bersalah terus, merasa ada yang mengikuti, mengejar dan mengancam akan
membunuh.
16. Sering mencium bau bauan wangi, bau kembang atau dupa, bau anyir atau busuk (bangkai) yang tidak
terlihat sumber baunya.
17. Pusing berlebih (vertigo) dan melihat benda benda seakan bergerak, berputar, terbalik , miring dan lain
sebagainya.
18. Sering melakukan tindakan-tindakan aneh tanpa disadari atau diluar kendali atau seperti ada yang
mengendalikan dan tidak bisa menahan dalam kondisi sadar sekalipun.
19. Memiliki kemampuan supernatural semisal tiba-tiba dapat meramal, menerawang, membaca fikiran orang
lain atau mengetahui peristiwa yang akan terjadi.
21. Melihat atau merasakan keberadaan mahluk halus baik sekilas atau jelas.
21. Rasa sakit disalah satu anggota badan yang tidak terdeteksi dokter atau sakit menahun yang tidak ditemukan solusinya dalam dunia medis
22. Sering tertawa sendiri, semisal melihat mahluk lucu yang tidak dilihat orang lain.
23. Susah tidur (insomnia), gelisah, cemas dan sering terbangun dimalam hari. Dalam kondisi akut biasanya baru bisa tidur jam 3 pagi atau tidak tidur sama-sekali berhari-hari.
24. Susah bangun dan banyak tidur sehingga tidak bisa melakukan ibadah dan aktifitas yang diinginkan.
25. Tindihan (mimpi seakan akan dihimpit benda yang berat dan sulit untuk melepaskan diri dari himpitan
tersebut) atau mimpi melihat sesuatu yang mengancam dan menakutkan, seperti ingin berteriak minta tolong
namun mulut seperti terkunci.
26. Mimpi melihat sesuatu yang mengerikan atau melihat berbagai binatang menyeramkan semisal ular, serigala, tikus besar, harimau dll.
27. Sering ngigau, tertawa, menangis, berteriak, mengomel, merintih atau bahkan jalan-jalan pada saat tidur
(kondisi mata tertutup).
28. Mimpi seolah-olah jatuh dari tempat yang tinggi dan semua yang berkaitan dengan tempat tinggi; seperti
mendaki tempat yang tinggi.
29. Semua mimpi tentang kuburan; melihat kuburan, melihat proses penguburan, menguburkan, dikuburkan,
atau duduk-duduk dikuburan, tempat sampah atau jalan dan lingkungan yang seram dan mengerikan.
30. Mimpi melihat orang yang aneh seperti tinggi sekali, pendek sekali, putih sekali atau hitam sekali.
31. Mendengkur dengan keras (seperti harimau, dsb) dan gigi yang berbunyi waktu tidur.
32. Mimpi bertemu dengan orang yang sama (laki/perempuan) berkali-kali dan ingin bertemu dengan orang yang dimimpikan tersebut.
33. Mimpi melihat atau bertemu keluarga yang sudah meninggal, melihat mayat, mimpi mati, mimpi berbicara
dengan orang yang mati dan semua mimpi yang berhubungan dengan kematian.
34. Mimpi melihat suatu peristiwa dan keesokan harinya mengalami peristiwa persis seperti yang dialami dalam mimpi tersebut.
35. Gejala tipes; tubuh seperti terbakar atau terpanggang api panas namun ketika dicek dengan termometer
temperatur tubuh normal.
36. Sering mengalami peristiwa kecelakaan kendaraan, ngantuk dijalan atau bahkan gerakan tangan yang tidak bisa dikendalikan. Ataupun berbagai kecelakaan saat mau pergi dakwah atau pergi untuk kebaikan.
37. Impotensi; sering terjadi pada mantan praktisi ilmu hitam semisal dukun, berbagai praktisi ilmu tenaga dalam, praktisi ilmu kebatihan, senam pernafasan, khodam amalan wirid overdosis (ribuan/malam), ilmu laduni instant, susuk, aktivasi otak tengah (aktivasi jin), pernah ikut tarekat yang disertai dengan bai’at dan pengisian, pernah mengamalkan wirid aneh seperti nurbuat, pernah berpuasa aneh (puasa 7 hari 7 malam, puasa mutih dll), meliki jimat/keris dll. Atau kelainan tubuh terjadi karena kedzaliman jin baik karena disuruh penyihir atau maksud tertentu dari jin.
38. Mandul; jin bersarang di dalam rahim atau menghalangi sel telur yang masuk ke rahim, atau bahkan sampai merusak setiap janin yang sudah jadi atas suruhan dukun.
39. Kista/Mium; penyakit ini sudah lama menjadi misteri di dunia kedokteran. Kadang sembuh dengan
mengangkatnya, dan kadang sebaliknya.Untuk membedakan penyakit kista medis atau sihir, kita bisa
membacakan ayat ruqyah ditangan dan meletakannya di perut.Jika terasa hangat atau panas, maka geser keatas.Jika penyakit pindah maka itu adalah kista dari sihir.
40. VicTor (Fikiran Kotor); jin bersarang di mata laki-laki, dan mengendalikannya saat memandang lawan jenis hingga tidak berkedip. Kadang jin bersarang dikemaluan (laki-laki) dan dada (berupa hawa panas, bagi
perempuan) dan membuat fikirannya kotor saat melihat lawan jenisnya.
41. Struk Ringan (tidak bisa berdiri saat mau shalat) atau tidak bisa melakukan gerakan tertentu dalam shalat).
42. Hypertensi, Jantung Bocor, Paru Basah, Batuk Menahun, Kolesterol, Asam Urat, Pengapuran dan penyakit lain yang tidak kunjung sembuh. Hal ini bisa disebabkan secara medis atau sihir, untuk membedakannya cukup bacakan surah al fatihah dan tiupkan ke tangan lalu letakan ditempat yang sakit.Jika terjadi rasa panas atau bertambah sakit maka itu adalah sihir.
43. Jomblo Menahun; sulit menikah, sulit dapat jodoh yang cocok, tidak mau menikah, atau selalu melihat calon suami/istri tiba-tiba menjadi mengerikan hingga akad yang direncanakan bubar.
44. Kedutan disebagian atau seluruh tubuh dengan frekwensi yang mengganggu.
45. Eksim, atau gatal yang sporadis ataupun lebih ringan dari itu yang tidak sembuh-sembuh.
46. Anak yang hyperaktif dan sangat nakal, bertenaga super saat marah, susah dibangunkan shalat dan tidak mau belajar mengaji dan pembantah dengan sorot mata aneh.
47. Anak indigo; sering bngobrol sendiri dan mengaku memiliki teman ghaib atau memiliki kemampuan indra ke 6
18 (mampu melihat jelmaan mahluk halus).
48. Sindikat kristenisasi ghaib terstruktur dan terorganisir [ditemukan pertama kali dipalembang, berpusat di
gereja katedral jakarta dan berpusat di Vatikan]. Hati-hati dengan buku-buku kristologi dan pastur-pastur liar yang membagikan sesuatu.Juga hati-hati dengan rumahsakit-sakit yang menjadi markas mereka.
49. Diperkosa Jin. Mimpi didatangi laki-laki dalam bentuk bayangan hitam atau bentuk aneh (menyerupai mahluk alien, mahluk alien dll).
50. Peristiwa hilangnya bayi dalam kandungan disertai kemunculan kembali setelah beberapa tahun kemudian dan ingin diakui anak.

Mbak Nina dan temen2 sekalian, saya pamit duluan ya. Semoga ilmu yang sedikit ini bermanfaat. Dan kita tetap semangat menimba ilmu dari siapapun. Terutama ilmu-ilmu yang bersumber kepada quran dan hadist. Agenda ditutup momod, ya. Sudah jelang maghrib. Mau siap-siap. Wassalamu’alaikum

Nina:
Syukron jazakillah kepada Mba Maci dan teman-teman sekalian yang telah bersedia mengikuti BBS kali ini. Demikian BBS hari ini. Kita akhiri dengan ucapan:
1. Syukur :
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين

2. Istighfar
أَسْتَغفِرُ اَللّهَ الْعَظيِمْ
3. disempurnakan oleh Doa Kafaratul majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك َ
إِنْ شَاءَ الله
Semoga bermanfaat
أٰمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

About Admin

Admin komunitas MJRS-SJS. Sebuah komunitas yang berupaya membiasakan diri dengan one day one juz + dzikir + Qiyamullail. Selain itu, ada program-program menarik dalam komunitas ini seperti kulsap (kuliah whatsapp), Bedah Buku, Bedah Film dan Kajian Telegram.

Check Also

https://www.dompetdhuafa.org

Rohingya

with Theme : Rohingya Facilitator : ARH (Social Development Manager of Dompet Dhuafa) Moderator : ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *