Home / Hikmah Kehidupan / Sanksi & isolasi terhadap anak & manfaatnya terhadap pendidikan

Sanksi & isolasi terhadap anak & manfaatnya terhadap pendidikan

Sanksi & isolasi terhadap anak & manfaatnya terhadap pendidikan
Bismillah.. Kulsap kali ini tentang “Sanksi & isolasi terhadap anak & manfaatnya terhadap pendidikan”.

Islam memiliki tahapan dalam memperbaiki pendidikan menuju anak tumbuh dalam dengan perangai yang islami yang sempurna & adab sosial yang luhur.

Cara khusus Islam dalam mendidik anak sesuai tuntunan sunnah Nabi SAW. Seorang pendidik hendaknya jangan sampai mengutamakan cara yang keras ketika cara yang ringan masih bisa ditempuh. Inilah cara Islam dalam mendidik anak.

Tahapan pertama, menasehati/mengingatkan. Seperti hadist yg diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim. Dari Umar bin Abi salamah ra. Ia berkata, aku adalah seorang anak yang berada di bawah asuhan Rasul SAW. Pada waktu itu, tanganku mengulur ke arah makanan di meja makan” Nabi berkata kepadanya “Hai anak kecil, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu & makanlah apa yang ada di dekatmu.

Tahapan kedua, memboikot anak. Diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim bahwa Abu Sa’id Al-Khudri RA berkata Rasulullah melarang melempar anak (dengan telunjuk & ibu jari). Beliau bersabda, sesungguhnya lemparan itu tidak akan melukai musuh. Tetapi ia dapat mencungkil mata & mematahkan gigi”. Hadist ini terkait dengan kisah kerabat Ibnu Mughaffal.

Tahapan ketiga, memukul anak namun tidak menyakiti. Dari hadist yang dirawayatkan Abu Dawud & Al-Hakim dari hadist Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya. Rasulullah SAW bersabda, perintahkan anak-anak mu melaksanakan shalat apabila mreka telah berusia tujuh tahun. Dan apabila mereka telah telah berusia sepuluh tahun maka pukullah mereka (jika tidak mau melaksanakan shalat) dan pisahkanlah tempat tidur mereka.
Hal tersebut berkaitan dengan kemaslahatan, keimanan & aqidah. Lebih mengutamakan jihad & dakwah kepada Allah dari pada kecintaan kepada keluarga & anak. Maslahat Islam lebih tinggi dari pada maslahat pribadi.

Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya. Mohon dimaafkan jika ada salah & khilaf. Wallahu’alam…

Wassalamu’alaikum..
ERMANIATU NYIHANA

About Admin

Check Also

Problematika sekolah dan pendidikan Zaman NOW

Problematika sekolah dan pendidikan Zaman NOW Long Life Education adalah kata-kata yang masih teringat saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *