Home / Hikmah Kehidupan / Saos Raja Rasa

Saos Raja Rasa

Saos Raja Rasa

Assalamu’alaykum wr.wb. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin. Sholawat dan salam selalu tercurah utk Rasulullah SAW, keluarga, sahabat dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Yang biasanya butek, kehabisan ide atau ada ide tapi tidak tergerak menulis. Akhirnya ada juga hal, penting dan insya Allah bermanfaat, yang bisa saya sampaikan.

Kali ini saya mau menceritakan pengalaman yang baru saya alami saat membeli nasgor (nasi goreng)
Sekitar 1 jam lalu saya menulis status di Wa. Jadi buat yang sering, makan-makanan chinese food, seafood, dan nasgor di abang-abang jualan. Hati-hati, perhatikan dan tanyakan apakah mereka menggunakan saos raja rasa. Kalau iya, minta jangan menggunakan itu. Banyak di antara kita masih menganggap itu hal biasa saja, tapi sebenarnya haram.

21-24-55-th

Saos raja rasa sering disebut juga ang chiu. Ang chiu atau dengan nama lain sari tape, arak masak, arak merah ini terbuat dari beras ketan yang difermentasi menjadi alkohol. Ang chiu ini banyak digunakan pada masakan chinese, sea food. Itu yang bahaya karena sudah jelas alkohol atau khamar haram. Jangan sampai ibadah kita tidak diterima hanya karena ketidaktahuan kita atau ketidaksengajaan.
Rasulullah Saw bersabda,
Ketahuilah, bahwa suapan haram jika masuk dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima 40 hari. (HR. At-Thabrani)

Sama kalau tau, perisa sirup frambozen cap layar. Itu juga mengandung alkohol sekitar 50% bahkan ditulis di ingredient nya langsung.
Selama ini bpom cuma menjamin keamanan makanan dan obat, kalau kesehatan tetap kemenkes, kalau jaminan halal MUI. Biar MUI sekalipun, kita juga ga tau ya, label halal MUI bisa diperjualbelikan atau tidak. Kalau misalnya bisa diperjualbelikan demi keuntungan oknum tertentu, bisa aja ada produk yang sebenarnya meragukan halal atau haramnya tapi dilabelkan haram.

Wallahu a’lam. (Bukan bermaksud su’udzon)
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Salah khilaf mohon maaf dan semoga bermanfaat.

wassalamu’alaykum wr.wb.
Husnul Hatimah

About Admin

Check Also

Problematika sekolah dan pendidikan Zaman NOW

Problematika sekolah dan pendidikan Zaman NOW Long Life Education adalah kata-kata yang masih teringat saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *