Home / Hikmah Kehidupan / Sarang Laba-laba

Sarang Laba-laba

Sarang Laba-laba

21-25-34-sarang-laba-laba

Laba-laba termasuk ke dalam filum Arthropoda namun kelasnya terpisah dengan serangga (insecta), yakni Arachnida. Meski terlihat menyeramkan, laba-laba ini menjadi salah satu nama surat dalam Al-Qur’an (Al-Ankabut).

Yang menarik dari laba-laba ini adalah sarangnya. Kalo ada yang sempet memperhatikan laba-laba ini termasuk cepat dalam membangun sarangnya, sangat rapi dan kalau diukurpun sepertinya sama tampak seperti benang tapi ga ‘njelimet’, masyaAllah

Bagaimana pembuatan sarang laba-laba? Kelenjar abdominal menghasilkan protein cair (sutra), lalu Sutra dipintal menjadi serat yang kemudian memadat oleh organ yang disebut spinneret. Laba-laba mampu merekayasa jaring tergantung jenisnya (beda khas setiap jaringnya). Fungsi lain dari sutranya yakni untuk melindungi telur, sebagai pegangan untuk melarikan diri bahkan untuk ‘membungkus hadiah dari jantan untuk betina’.

Manfaat untuk manusia:
Pengobatan luka kecil
Saat terkena sayatan cari aja sarang laba-laba yang bersih lalu tempelkan pada luka insyaAllah sembuh. Penelitian pernah dilakukan oleh Kumar dkk (2005) yang mengemukakan bahwa Aksi penyembuhan luka terjadi karena kandungan protein yang ada pada jaring laba-laba seperti sel fibroblas, sintesis kolagen.
Selain itu bisa buat penelitian bangunan (hehe)
Oh iya. Laba-laba ini juga kan pernah menolong Rasulullaah Shalallaahu ‘alayhi wa sallam atas perintah Allah dengan menutup mulut gua meski sangat mudah sarang tersebut dihancurkan .
“padahal sesungguhnya sarang-sarang yang paling lemah ialah sarang laba-laba, kalaulah mereka orang yang berpengetahuan”. (Q. S. Al-Ankabut : 41)

Sering mungkin kita menemukan bahwa sarang laba-laba itu elastis dan kuat seperti baja tapi tidak bisa melindungi dari teriknya matahari, dinginnya udara dan tetap mudah dihancurkan apalagi oleh manusia hehe.

Dan yang paling penting tidak ada yang lebih kokoh dari perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala

Fia Luthfiatul HI.
Wallaahua’lam bisshawwab

About Admin

Check Also

Tempe

Tempe Siapa disini yang belum pernah makan tempe? Pasti sudah semua kan ya. Tempe sangat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *