Breaking News
Home / Dakwah / Sekilas tentang Tathayyur

Sekilas tentang Tathayyur

Sekilas tentang Tathayyur
Ainul Huda

Teman2 MJR 3 yang dirahmati Allah..
Banyak berkembang ditengah masyarakat, ataupun kepercayaan “orang tua” bahwa ada hal-hal yang menyebabkan terjadinya suatu kesialan atau keberuntungan dengan peristiwa tertentu. Contohnya, apabila menabrak kucing di jalan, jika dibiarkan maka si penabrak akan mengalami kesialan (kecelakaan, dsb). Contoh lainnya membuat pantangan pada bulan tertentu untuk melakukan hajatan, jika tetap dilakukan maka akan terjadi bencana, dsb. Atau pantangan memakai baju warna tertentu saat pergi ke pantai, gunung, dll. Ada lagi contoh lain, tradisi menghitung hari untuk melakukan pernikahan di Jawa menggunakan tanggal, bulan, weton, dst.

Tathayyur atau Thiyarah adalah menganggap dirinya akan ditimpa kesialan setelah melihat, mendengar, atau mengetahui (meyakini) sesuatu.
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
Thiyarah itu syirik, Thiyarah itu syirik, (diulang 3 kali) (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibn Majah, dan yang lainnya. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Sanadnya shahih).

Barangsiapa yang mengurungkan kepentingannya karena thiyarah, maka dia telah berbuat syirik. (HR. Ahmad no. 7045).

Tathayyur merupakan perbuatan syirik

Terkadang tanpa kita sadari, kita banyak sekali mengalami hal-hal yang tanpa sadar kita telah melakukan perbuatan tathayyur.

Kita harus lebih waspada dan hati-hati karena hal ini kelihatannya sepele namun sangat besar dampaknya karena merusak Aqidah. Syirik merupakan dosa besar. Allah tidak akan mengampuni hambanya yang berbuat syirik jika ia mati dalam keadaan musyrik dan tidak bertaubat.

Diantara bahaya kesyirikan yang lain adalah :
Orang yang berbuat syirik tidak mengalami ketenangan dalam hidupnya, tidak mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, diharamkan oleh Allah untuk masuk Surga, terhapus pahala amal-amal kebajikan yang pernah dilakukannya. Allahu alam.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari keayakinan yang dapat merusak aqidah seperti tathayyur.

Demikian kulsap singkat dari saya, semoga bisa jadi pengingat untuk diri sendiri dan bermanfaat bagi yang lain..

Aamiin

About Admin

Check Also

Menjadi Istimewa dalam Ketaatan

Menjadi Istimewa dalam keta’atan Ditulis ulang: Azzam Hafidz 3 April 2019M Siapa yg tak kenal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *